Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan yang Anda Harus Tahu

2 min read

Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan – Perempuan yang sedang hamil sering kali merasa penasaran dengan jenis kelamin bayi yang dikandungnya.

Banyak orang yang percaya bahwa jenis kelamin bayi bisa diketahui dari beberapa ciri yang ditunjukkan ibu hamil. Nah, Anda ingin tahu bagaimana ciri ciri hamil anak perempuan? Simak tulisan berikut ini sampai tuntas.

10 Bawaan Hamil Bayi Perempuan

Tanda-tanda Hamil Anak Perempuan

Ibu yang mengandung anak perempuan biasanya menunjukkan kekhasan dalam hal tertentu, seperti mood, perasaan, dan kesukaan. Hal ini merupakan akibat terjadinya perubahan hormon, terutama peningkatan hormon estrogen yang dibawa janin perempuan. Ada 10 hal yang diyakini merupakan bawaan hamil bayi perempuan, yaitu:

  1. Meskipun morning sickness adalah hal yang biasa dialami ibu hamil, tetapi Anda mengalami morning sickness yang cukup parah.
  2. Perasaan Anda jadi lebih sensitif, mudah tersentuh, tetapi juga mudah tersingung. Selain itu, mood Anda bisa berubah-ubah dengan cepat, sebentar sedih, sebentar ceria.
  3. Anda jadi betah berlama-lama di depan cermin dan memoles wajah, padahal sebelumnya tidak suka berdandan.
  4. Warna-warna cerah lebih Anda sukai, baik dalam berpakaian, mendekorasi rumah, atau lainnya.
  5. Anda boleh berharap bahwa janin yang tengah dikandung adalah perempuan jika selama hamil jadi lebih banyak bicara alias cerewet.
  6. Walaupun berat badan sudah pasti mengalami kenaikan, tubuh tetap ramping dan bentuk pinggul masih terlihat jelas.
  7. Tanda lain yang diyakini merupakan bawaan hamil bayi perempuan adalah Anda jadi hobi makan sayur-sayuran, buah, serta makanan yang manis-manis.
  8. Pengaruh hormon akibat kehamilan bisa menyebabkan munculnya jerawat, tetapi wajah Anda justru terlihat lebih cerah dan cantik.
  9. Hamil bayi perempuan membuat Anda jadi lebih bersemangat mengerjakan banyak hal dan tak mau tinggal diam.
  10. Rambut Anda yang biasanya hitam legam berubah menjadi sedikit merah.

7 Ciri Ciri Hamil Anak Perempuan yang Akurat

Tanda-tanda Hamil Anak Perempuan

Perubahan perilaku seperti di atas sifatnya sangat subjektif, bahkan ada yang menganggapnya sekadar mitos. Agar lebih yakin, Anda bisa menebak jenis kelamin janin dari tanda-tanda yang bisa terlihat secara fisik.

Meskipun tidak dijamin benar 100%, ada tujuh ciri ciri hamil anak perempuan yang diyakini bisa memberikan hasil lebih akurat, yaitu:

  1. Jantung bayi berdetak lebih dari 140 denyut per menit, lebih tinggi dibandingkan bayi laki-laki.
  2. Warna air seni Anda terlihat lebih terang, meskipun warna air seni juga dipengaruhi asupan air ke dalam tubuh.
  3. Terjadi perubahan ukuran payudara yang lebih drastis atau payudara sebelah kiri lebih besar daripada sebelah kanan.
  4. Perut tampak berbentuk bundar seperti semangka.
  5. Posisi janin perempuan di dalam rahim pada umumnya lebih tinggi sehigga dari luar, posisi perut pun terlihat tinggi.
  6. Gerakan janin, seperti tendangan atau gerakan berputar terasa lebih halus dan lembut.
  7. Panggul ibu hamil akan terlihat lebih tinggi dan lebar.

Cara Tepat Mengetahui Kepastian Hamil Anak Perempuan

Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan

Meskipun merasakan perubahan perilaku serta memiliki ciri-ciri fisik seperti di atas, bisa saja dugaan Anda salah. Cara paling tepat untuk mendapatkan kepastian hamil anak perempuan atau laki-laki adalah melalui pemeriksaan medis menggunakan teknologi kedokteran.

Anda bisa melakukan pemeriksaan USG pada usia kehamilan sekitar 18 minggu dengan tingkat akurasi 80-90 persen. Selain itu, jenis kelamin bayi juga bisa diketahui jika Anda menjalani tes NIPT (Non Invasive Prenatal Testing), CVS (Chorionic Villus Sampling), atau amniosentesis.

Tes NIPT dilakukan terhadap sampel darah ibu, tes CVS dilakukan terhadap jaringan pembentuk plasenta, dan amiosentesis adalah pemeriksaaan cairan ketuban.

Ketiganya bertujuan mendeteksi adanya penyakit genetik, tetapi juga bisa sekaligus memberikan informasi jenis kelamin janin.


Anda tentu saja boleh percaya atau tidak dengan ciri-ciri hamil anak perempuan yang disebutkan di atas. Namun, jika benar-benar ingin mengetahui jenis kelamin bayi dengan hasil yang dapat dipercaya, berkonsultasilah dengan dokter kandungan.

Apa pun hasilnya, yang terpenting, bayi Anda sehat sempurna. Setuju?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *