Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki? Berikut 5 Tanda Awalnya

1 min read

Ciri-ciri Hamil Anak Laki-Laki – Memiliki bayi laki-laki adalah impian sebagian wanita yang sedang hamil. Bila Anda adalah salah satunya, pasti ada rasa penasaran tentang bagaimana ciri ciri hamil anak laki-laki.

Nah, di sini tidak hanya akan dibahas soal tanda-tandanya, tapi juga penyebab dan bagaimana cara untuk mendapatkan anak laki-laki. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini.

Ciri-ciri Hamil Anak Laki-Laki yang Akurat

Ciri-Ciri Kehamilan Anak Laki-Laki

Dengan kemajuan teknologi, mengetahui jenis kelamin bayi dalam kandungan adalah hal yang cukup mudah. Tapi tanpa alat medis yang canggih sekalipun, wanita hamil bisa ketahuan sedang mengandung bayi laki-laki bila menunjukkan ciri-ciri berikut ini:

1. Bentuk perut

Saat hamil, perut yang membesar dan cenderung ke bawah diyakini sebagai salah satu tanda hamil anak laki-laki.

2. Warna urine

Banyak yang meyakini bahwa ciri ciri hamil anak laki laki lainnya adalah warna urine yang lebih pekat/gelap. Namun hal ini belum bisa dibuktikan secara ilmiah, karena bagaimanapun juga warna urine lebih dipengaruhi oleh jumlah air yang diminum oleh ibu hamil.

3. Soal mengidam

Mengidam adalah hal yang wajar selama kehamilan. Bila Anda mengidam makanan yang asin dan asam, bisa jadi Anda sedang mengandung bayi laki-laki.

4. Rambut

Banyak yang percaya bahwa wanita yang sedang hamil anak laki-laki akan memiliki rambut yang tumbuh lebih cepat dan terlihat indah.

5. Morning sickness

Kebanyakan wanita hamil akan mengalami morning sickness berupa rasa mual dan muntah selama trimester pertama kehamilan. Tapi bila tidak merasakan morning sickness, maka si calon ibu dipercaya sedang mengandung anak laki-laki.

Ciri-ciri Hamil Anak Laki-Laki Lainnya Menurut Medis

Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki

Tak jauh beda dari ciri-ciri yang sudah disebutkan di atas, tanda kehamilan anak laki-laki menurut medis adalah sebagai berikut:

1. Denyut jantung bayi

Seorang ibu hamil dipercaya tengah mengandung anak laki-laki bila detak jantung janinnya kurang dari 140 kali/menit.

2. Bentuk perut

Perut yang membesar ke bawah juga diyakini sebagai salah satu tanda hamil anak laki-laki.

3. Kondisi kulit

Wanita yang sedang mengandung anak laki-laki biasanya mengalami kulit kusam dan mudah berjerawat.

4. Ukuran payudara

Bila ukuran payudara kanan lebih besar dari yang sebelah kiri, maka seorang wanita hamil dipercaya tengah mengandung bayi laki-laki.

Penyebab Hamil Anak Laki Laki

Ciri-Ciri Kehamilan Anak Laki-Laki

Anda mungkin akan bertanya-tanya tentang apa yang menyebabkan seorang ibu bisa hamil anak laki-laki. Penentuan jenis kelamin memang sudah jadi rahasia Tuhan, namun para ahli medis sudah melakukan sejumlah penelitian untuk mengetahui hal tersebut.

Setidaknya ada kondisi-kondisi tertentu yang menyebabkan seorang wanita bisa hamil anak laki-laki. Yang harus dipahami terlebih dahulu adalah jenis kelamin bayi ditentukan oleh kromosom tertentu.

Seoang wanita memiliki kromosom XX. Sementara laki-laki memiliki kromosom XY. Sel telur wanita hanya punya 1 kromosom, yaitu X. Sedangkan sel telur laki-laki (sperma) juga memiliki 1 kromosom saja, bisa X atau Y.

Apabila sperma X yang berhasil membuahi sel telur, maka akan terbentuk janin dengan kromosom XX (perempuan). Sebaliknya, bila yang membuahi adalah sperma Y, maka akan muncul janin berkromosom XY (laki-laki).

Menurut penelitian, sperma Y diketahui lebih aktif dan gesit dibandingkan X. Jadi sperma Y sebenarnya punya kesempatan besar untuk membuahi sel telur. Tapi sayangnya sperma Y punya masa hidup yang lebih pendek dari X.

Selain itu, sperma Y menyukai lingkungan yang cenderung basa dan tidak tahan pada kondisi asam. Jadi apabila lingkungan leher rahim wanita dalam kondisi basa, sperma Y bisa bertahan hidup dan membuahi ovum.


Demikian informasi mengenai ciri ciri hamil anak laki laki yang biasanya dirasakan oleh si calon ibu. Tapi apapun jenis kelaminnya, yang terpenting adalah bayi dalam keadaan sehat dan tidak kekurangan sesuatu apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *