Jangan Tunggu Sakit! Kenali 4 Ciri Utama Gejala Tipes

2 min read

Gejala Tipes – Tipes merupakan penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia dengan lebih dari dua juta kasus setiap tahunnya. Jika tidak segera ditangani, tipes yang parah dapat menyebabkan kematian. Lalu apa sajakah ciri-ciri gejala tipes?

Gejala tipes dipakai oleh dokter untuk merujuk pada kondisi klinis yang mengawali penyakit tipes. Penyakit ini muncul karena bakteri Salmonella typhi yang menginfeksi usus. Gejala tipes sendiri sebenarnya merupakan masa inkubasi setelah bakteri masuk ke dalam tubuh.

Rentang waktunya adalah sekitar 1-2 minggu setelah bakteri masuk kemudian penderita mulai merasakan gejala tipes. Saat telah positif tipes, bakteri ini telah menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah.

Ciri-Ciri Gejala Tipes

Gejala tipes dapat diketahui secara positif melalui tes darah di laboratorium. Namun, ada ciri-ciri fisik tertentu dari gejala tipes yang dapat diindra tanpa alat medis. Berikut adalah 4 ciri utama dari gejala tipes:

1. Demam

Ciri-Ciri Gejala Tipes

Demam karena gejala tipes mencapai 40 derajat Celcius. Demam pun tidak mudah turun dan berlangsung berhari-hari disertai dengan sakit kepala dan tubuh lemas.

2. Nyeri pada Perut

Ciri-Ciri Gejala Tipes

Bakteri Salmonella typhi yang menyerang usus menimbulkan rasa nyeri pada perut penderita.Seringkali rasa nyeri ini diikuti dengan mual dan muntah. Rasa nyeri yang berlangsung lama ini juga membuat penderitanya tidak nafsu makan.

3. Lidah Putih

Ciri Utama Gejala Tipes

Ciri fisik khas berikutnya dari gejala tipes adalah lidah penderitanya berwarna putih dan bergetar. Warna putih tersebut terletak pada bagian tengah lidah, sedangkan tepiannya terdapat bintik merah.

4. Nyeri Otot

Ciri Utama Gejala Tipes

Penderita gejala tipes juga kerap merasakan nyeri otot disertai pegal-pegal, meskipun mereka tidak sedang menjalankan aktivitas yang berat. Kondisi ini biasanya makin parah pada malam hari, sehingga penderita gejala tipes tidak bisa tidur dengan nyaman.

Penyebab Gejala Tipes

Seperti telah disebutkan di atas bahwa baik gejala tipes maupun tipes dipicu oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Namun untuk masuk ke dalam tubuh, bakteri tersebut membutuhkan perantara seperti berikut ini:

1. Jajan di Sembarang Tempat

Ciri Utama Gejala Tipes

Bakteri penyebab tipes dapat hidup pada air yang digunakan untuk mengolah jajanan di luaran. Jika Anda mengonsumsi jajanan tersebut dan daya tahan tubuh sedang lemah, bisa dipastikan gejala tipes akan segera terasa. Hal yang sama juga dapat terjadi pada anak-anak.

2. Abai terhadap Kebersihan Makanan dan Minuman

Ciri-Ciri Gejala Tipes

Bakteri Salmonella typhi juga dapat masuk dari bahan makanan yang Anda beli. Itulah mengapa sebelum mengolahnya Anda harus memastikan sudah membersihkannya dengan benar. Bahan makanan yang rentan ditumpangi oleh bakteri tersebut adalah ikan atau makanan laut lainnya.

3. Menggunakan Toilet Umum yang Kotor

Ciri Utama Gejala Tipes

Bakteri tipes dapat terbawa melalui tinja dan urine penderitanya. Karena itulah menggunakan toilet umum yang kotor sangat rentan terhadap penularan bakteri ini.

Makanan untuk Penderita Gejala Tipes

Dokter biasanya akan meminta penderita gejala tipes untuk makan makanan yang lunak agar mudah dicerna. Selain lunak berikut adalah kriteria lainnya:

1. Banyak Protein

Ciri Utama Gejala Tipes

Protein sangat bagus untuk membantu proses pemulihan dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Protein yang lebih bagus adalah hewani, tetapi harus dipastikan penyajiannya dalam bentuk lunak, sehingga mudah dicerna penderita gejala tipes.

2. Makanan Berkuah

Ciri Utama Gejala Tipes

Menu makanan yang berkuah lebih dianjurkan untuk mempermudah proses pencernaan. Selain itu, aroma kuah hangat lebih mengundang selera. Hal ini bertujuan untuk menggugah nafsu makan yang menghilang dari para penderita gejala tipes.

3. Cukup Minum

Ciri-Ciri Gejala Tipes

Penderita gejala tipes harus minum sebanyak 8-12 gelas per hari. Hal ini adalah untuk memenuhi asupan cairan agar tidak dehidrasi karena demam tinggi.


Demikianlah informasi mengenai ciri-ciri gejala tipes yang perlu Anda ketahui. Baik gejala tipes maupun penyakit tipes semuanya berawal dari pola hidup yang tidak sehat, karenanya menjaga kesehatan adalah hal yang utama agar terhindar dari segala penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *