Kenali dan Waspadai Ciri-Ciri Diabetes Ini sebelum Terlambat

1 min read

Ciri-Ciri Diabetes – Diabetes dijuluki sebagai “ibu segala penyakit” karena dapat memengaruhi kesehatan berbagai organ tubuh, seperti jantung, pembuluh darah, sistem saraf, ginjal, dan mata. Sayangnya, banyak orang yang tidak sadar mengidap penyakit ini karena tidak mengetahui ciri ciri diabetes.

Pengetahuan tentang gejala diabetes sangat penting agar penyakit ini bisa dideteksi secara dini dan segera ditangani dengan tepat. Ada tujuh gejala diabetes yang harus diwaspadai, yaitu:

  1. Berat badan turun secara drastis.
  2. Nafsu makan meningkat.
  3. Sering buang air kecil, terutama saat malam.
  4. Sering merasa haus.
  5. Kesemutan atau mati rasa
  6. Penglihatan terganggu, seperti pandangan kabur, katarak, glaukoma, atau retinopati.
  7. Infeksi jamur.

Ciri-ciri Diabetes pada Wanita

Ciri-Ciri Penyakit Diabetes

Menurut penelitian, angka kematian akibat diabetes pada wanita lebih tinggi dibandingkan pada pria. Salah satu penyebabnya bisa jadi karena kurangnya kesadaran dan pengetahuan tentang gejala diabetes yang terjadi pada wanita berikut ini.

1. Infeksi pada organ intim

Kadar gula yang tinggi memicu pertumbuhan jamur candida yang menyebabkan infeksi pada vagina sehingga timbul rasa gatal atau perih. Jika terjadi berulang kali, infeksi dapat menimbulkan luka pada organ intim.

2. Infeksi saluran kencing berulang kali

Penyakit ISK terjadi akibat terganggunya sirkulasi darah pada ginjal dan saluran kemih. Selain itu, aliran sel darah putih tidak lancar sehingga tidak mampu membunuh kuman yang masuk ke saluran kemih.

3. Disfungsi seksual

Kadar glukosa darah yang tinggi menyebabkan kerusakan serabut saraf di daerah vagina sehingga menurunkan dorongan seksual pada wanita.

4. Gejala Sindrom Ovarium Polikistik

Jadwal menstruasi yang tidak teratur, berat badan bertambah, berjerawat, dan merasa depresi merupakan gejala diabetes yang mirip dengan sindrom ovarium polikistik.

Ciri-ciri Diabetes pada Pria

Ciri-Ciri Diabetes

Meskipun tidak ada perbedaan signifikan antara gejala diabetes pada wanita dan pria, ada lima gejala diabetes khas yang didapati pada pria, yaitu:

1. Berat badan turun drastis

Meski nafsu makan meningkat, berat badan justru turun drastis. Gula darah dari hasil pencernaan makanan terbuang melalui urine karena insulin tidak mampu menyalurkan gula menjadi sumber energi.

2. Disfungsi ereksi

Kadar gula darah yang tinggi menyebabkan terjadinya kerusakan saraf dan pembuluh darah di daerah genital sehingga pria mengalami disfungsi ereksi.

3. Infeksi jamur di area sensitif

Kadar glukosa dalam darah meningkatkan risiko infeksi jamur. Pada pria, infeksi jamur dapat terjadi di bawah kulit sekitar penis, selangkangan, dan ketiak.

4. Sering buang air kecil

Pada pria, sering buang air kecil bisa disebabkan oleh gangguan prostat maupun diabetes sehingga dibutuhkan pemeriksaan medis untuk memastikannya.

5. Nyeri dada saat berolahraga

Metabolisme yang terganggu akibat kadar gula yang tinggi menyebabkan tekanan darah naik dan membuat dada terasa sakit, terutama saat berolahraga.

Ciri-ciri Diabetes pada Anak

Ciri-Ciri Penyakit Diabetes

Diabetes juga bisa dialami anak-anak, terutama tipe 1, yang terjadi akibat adanya kerusakan pada fungsi pankreas. Namun, saat ini, ditemukan juga kasus anak yang mengidap diabetes tipe 2 akibat obesitas.

Diabetes tipe 1 pada anak memiliki gejala umum yang sama dengan ada orang dewasa. Orang tua perlu waspada jika anak sering merasa haus dan kelaparan, tetapi berat badannya justru menyusut, baik secara perlahan maupun dalam waktu singkat.

Gejala lainnya, anak sering buang air kecil, cepat marah, mudah lelah atau mengantuk, dan ada infeksi jamur pada vagina.

Pada diabetes tipe 2, selain gejala di atas, terdapat gejala khas, yaitu luka yang sulit sembuh dan kulit jadi lebih gelap. Kulit lebih gelap atau acanthosis nigricans terjadi terutama pada area leher dan ketiak akibat resistensi insulin.


Diabetes dapat dicegah dengan menjaga berat badan, berhenti merokok, rajin berolahraga dan aktif bergerak. Yang tak kalah penting, jika Anda merasakan satu atau beberapa ciri ciri diabetes di atas, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *