Para Orang Tua Wajib Tahu Ciri-Ciri Cacar Air pada Anak dan Cara Penanganannya

2 min read

Ciri-Ciri Cacar Air – Penyakit cacar air pada anak-anak tidak boleh dipandang remeh. Orang tua perlu memahami ciri-ciri cacar air pada anak serta cara mengatasinya. Jika bisa dideteksi lebih dini, dokter bisa melakukan penanganan dengan lebih cepat.

Cacar air sendiri kebanyakan disebabkan karena adanya virus varicella-zoster. Cacar air bisa menular dari satu anak ke anak lain, lewat kontak kulit secara langsung. Penularan juga bisa terjadi lewat udara.

Supaya Anda mendapat pemahaman yang lebih baik tentang cacar air pada anak. Berikut ini pembahasan tentang gejala cacar air pada anak, cara mengobati, serta pencegahannya.

Ciri-Ciri Cacar Air pada Anak

Cacar
Cacar Air pada Anak | mamibuy.co.id

Kondisi kesehatan anak tentu jadi perhatian utama orang tua. Anda perlu waspada terhadap gejala sakit yang muncul pada anak. Bisa jadi gejala tersebut merupakan tanda anak sakit cacar air.

Gejala cacar air diawali dengan anak mengalami demam, radang tenggorokan, mual, dan sakit perut. Walaupun ciri-ciri cacar air tersebut, termasuk gejala umum tetapi Anda tidak boleh mengabaikan hal ini.

Setelah gejala diatas muncul, ciri lain yang akan mengikuti adalah timbulnya bintik merah pada kulit anak Anda. Bintik ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman bagi anak Anda.

Cara Mengobati Cacar Air pada Anak dengan Cepat

Cacar
Cacar Air pada Anak | doripos.com

Jika anak Anda mengalami gejala cacar air. Anda bisa perlu mengetahui beberapa hal terkait dengan cara mengatasinya.

Cacar air akan menimbulkan rasa gatal pada kulit. Jangan biarkan anak Anda menggaruk bintik tersebut, sebab bisa memperparah kondisi kulit. Sebaiknya berikan anak kompres dingin dan berikan obat sesuai anjuran dokter.

Cacar air biasanya diikuti dengan demam. Munculnya demam merupakan respon dari tubuh untuk melawan virus. Untuk meringankan demam dokter akan memberikan obat penurun demam.

Anak yang terkena cacar air harus beristirahat dengan baik. Jangan sampai anak Anda pergi keluar untuk bermain atau ke sekolah. Bantu anak Anda untuk mendapat istirahat yang cukup dengan membuat ruangan kamar lebih nyaman.

Hal yang utama adalah dengan segera membawa anak ke dokter untuk mendapat pemeriksaan. Dokter mungkin akan meresapkan bermacam obat untuk membunuh virus penyebab cacar air. Patuhi aturan minum supaya anak Anda lekas sembuh.

Pencegahan Cacar Air

Ciri-Ciri Cacar
Cacar Air pada Anak | http://wiranews.com

Cacar air pada anak bisa dicegah dengan menggunakan vaksin cacar air. Vaksin ini bisa melindungi tubuh dari virus cacar air. Vaksin ini bisa dipergunakan pada anak atau orang dewasa yang belum pernah mendapat vaksin.

Vaksin cacar air yang diberikan pada anak biasanya dilakukan pada saat anak berusia 12-15 bulan. Setelah itu, diperlukan suntikan lanjutan ketika usia anak mencapai 2-4 tahun.

Vaksin cacar air sudah termasuk dalam vaksin yang diwajibkan di Indonesia. Jika ternyata anak Anda tidak mendapatkan vaksin ini. Anda harus segera membawa anak Anda ke dokter untuk mendapat vaksin cacar air.

Cacar air merupakan penyakit yang menular. Untuk mencegah penularan cacar air dari penderita ke orang lain. Anda perlu memperhatikan beberapa hal.

Anda sebaiknya menggunakan masker ketika merawat anak Anda. Berikan juga masker untuk anggota keluarga lainnya. Serta minta mereka untuk menggunakannya ketika bersama anak Anda yang sedang sakit.

Cucilah tangan Anda setelah melakukan kontak anak Anda yang terkena cacar. Supaya tidak menular ke Anda atau anggota keluarga lain.

Penularan bisa juga terjadi melalui kontak dengan benda pribadi dari penderita. Jadi, pisahkan barang pribadi anak Anda seperti baju, selimut, handuk, atau seprai anak Anda yang terkena cacar, dari cucian anggota keluarga lain.


Demikian ulasan mengenai ciri-ciri cacar air pada anak, cara menangani, dan pencegahannya. Semoga artikel ini jadi informasi berguna untuk Anda.

Ciri-Ciri Kanker Hati yang Harus Diketahui

Ciri-Ciri Kanker Hati – Hati merupakan kelenjar penghasil cairan empedu yang fungsinya antara lain mencerna lemak, mengaktifkan lipase, dan membantu penyerapan lemak di usus....
Moh Hisyam
1 min read