Ciri-Ciri Asam Urat dan Cara Tepat Mengatasinya

2 min read

Ciri-ciri Asam Urat – Asam urat merupakan salah satu penyakit yang banyak dikeluhkan orang Indonesia. Penyakit persendian ini disebabkan menumpuknya asam urat dalam tubuh yang berasal dari makanan. Untuk mengetahui apakah Anda terkena asam urat atau tidak, ketahui lebih dulu ciri-ciri asam urat berikut ini.

Ciri-ciri Asam Urat di Tangan

Ciri-Ciri Asam Urat di Tangan dan Kaki
alodokter.com

Tangan merupakan anggota tubuh yang sering diserang penyakit asam urat. Namun, keluhan pada tangan tidak selalu disebabkan asam urat. Untuk memastikan penyebabnya, Anda harus tahu ciri asam urat pada tangan, yaitu:

1. Jari tangan nyeri dan kaku

Gejala awal saat Anda mulai terserang asam urat adalah jari tangan terasa kaku dan nyeri saat digerakkan.

2. Bengkak

Bengkak biasanya terjadi pada bagian tangan yang terkena asam urat, misalnya jari atau pergelangan tangan. Selain bengkak, Anda juga akan merasakan nyeri tak tertahankan disertai rasa panas.

3. Kesemutan

Pada tahap selanjutnya, serangan asam urat akan membuat Anda merasa kesemutan dengan frekuensi sangat sering dan jangka waktu lama. Kesemutan yang parah bahkan bisa menyebabkan Anda sulit menggenggam suatu benda.

4. Sering buang air kecil

Asam urat ternyata bisa menyebabkan gangguan pada saluran kemih sehingga penderitanya sering buang air kecil. Frekuensinya bisa lebih dari 5 kali pada malam hari.

5. Timbul benjolan

Peradangan sendi yang tak segera diatasi bisa memunculkan benjolan pada sendi yang disebut tofus. Waspadalah karena hal ini menandakan kadar asam urat sudah sangat tinggi.

Ciri-ciri Asam Urat di Kaki

Ciri-Ciri Asam Urat

Bagian tubuh lain yang sering diserang asam urat adalah kaki, terutama pada bagian lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Anda harus waspada jika merasakah beberapa keluhan yang merupakan tanda asam urat di kaki berikut.

1. Nyeri pada jempol kaki dan sendi tidak nyaman

Nyeri pada jempol kaki biasanya menyerang pada malam hari. Selanjutnya, Anda juga akan merasakan ketidaknyamanan saat menggerakkan sendi lutut, pergelangan, atau jari kaki.

2. Kesemutan pada sendi

Ketika kadar asam urat yang menumpuk di dalam darah semakin tinggi, Anda akan merasakan gejala berikutnya, yaitu kesemutan pada sendi.

3. Sendi terasa panas disertai gatal

Ciri asam urat selanjutnya adalah sendi akan terasa panas dan biasanya diikuti rasa gatal pada permukaan kulitnya. Lama kelamaan, kulit yang gatal tersebut akan mengeras.

4. Sendi terasa kaku

Gejala selanjutnya yang Anda rasakan saat terserang asam urat adalah kaki tidak bisa digerakkan dengan normal, terasa nyeri dan kaku.

5. Sendi bengkak dan kemerahan

Setelah rasa panas muncul, sendi membengkak dan tampak kemerahan. Dua kondisi ini merupakan gejala asam urat yang dominan dan menunjukkan penyakit sudah memasuki tahap serius.

6. Kaki seperti terbakar

Jika tak segera diatasi, kadar asam urat di dalam darah akan semakin tinggi. Anda akan merasakan nyeri dan panas yang menyebar ke seluruh bagian kaki.

7. Kulit bersisik

Selain gejala pada sendi, kulit bersisik dan sangat gatal juga bisa merupakan salah satu ciri menumpuknya asam urat.

Cara Tepat Mengobati Asam Urat

Ciri-Ciri Asam Urat

Pengobatan asam urat secara medis adalah pemberian obat. Obat yang biasa diberikan dokter adalah obat antiinflamasi nonsteroid dan colchicines untuk meringankan gejala.

Untuk mencegah penyakit kambuh, dokter akan meresepkan allopurinol untuk menghambat produksi asam urat dan probenecid untuk meningkatkan pembuangan asam urat.

Asam urat juga bisa diatasi dengan bahan alami, seperti cuka apel, jahe, dan lemon. Cuka apel berguna mencegah peradangan dan penumpukan asam urat, jahe bersifat antiradang, dan lemon bermanfaaat menurunkan kadar asam urat.


Dengan mengetahui ciri-ciri asam urat, Anda bisa melakukan pengobatan secara tepat. Namun, akan jauh lebih baik jika Anda mencegahnya.

Perbaiki pola hidup dengan rajin berolah raga, banyak minum air putih, dan kurangi konsumsi makanan yang kandungan purinnya tinggi.

Ciri-Ciri Kanker Hati yang Harus Diketahui

Ciri-Ciri Kanker Hati – Hati merupakan kelenjar penghasil cairan empedu yang fungsinya antara lain mencerna lemak, mengaktifkan lipase, dan membantu penyerapan lemak di usus....
Moh Hisyam
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *