Tersiksa Gatal Karena Penyakit Eksim? Ini Cara Tepat Mengatasinya

2 min read

Penyakit Eksim – Pernahkah Anda merasakan gatal yang sangat mengganggu? Bisa jadi, hal itu merupakan salah satu gejala penyakit eksim, yaitu penyakit kulit berupa ruam yang sangat gatal. Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan berikut ini.

Jenis Penyakit Gatal

Penyakit Eksim
Penyakit Eksim | hellosehat.com

Penyakit kulit sangat mudah ditemukan di negara-negara tropis, termasuk Indonesia. Kondisi lingkungan, suhu, cuaca, serta kebiasaan dalam hal memelihara kebersihan sangat memengaruhi munculnya penyakit gatal ini.

Ada 5 jenis penyakit gatal yang hingga sekarang masih sering ditemukan di Indonesia, yaitu:

1. Panu

Panu disebabkan jamur malassezia furfur atau pityrosporum ovale dan timbul akibat kebersihan diri yang kurang baik atau tertular dari orang lain. Panu bisa terjadi di bagian kulit mana pun, tetapi lebih sering muncul di leher, lengan atas, punggung, dan dada.

2. Kudis

Ciri khas kudis adalah munculnya ruam yang sangat gatal, terutama di malam hari. Kudis biasanya muncul di bagian kepala, leher, telapak tangan dan kaki, serta di sela-sela jari. Penyakit gatal ini disebabkan tungau dan bisa menular melalui kontak langsung dengan penderita.

3. Kurap atau Kadas

Sama seperti panu, kurap atau kadas juga disebabkan jamur. Selain kontak langsung dengan orang atau binatang yang terinfeksi, kurap bisa ditularkan melalui benda-benda yang dipakai bersama, misalnya selimut, pakaian, tempat tidur, dan handuk.

4. Frambusia

Penyakit ini tergolong serius karena disebabkan oleh bakteri dan tidak hanya menyerang kulit, tetapi juga tulang dan tulang rawan. Bakteri penyebab frambusia atau patek sama dengan penyebab sifilis, yaitu treponema pallidum.

5. Eksim

Inilah salah satu penyakit kulit yang paling sering dijumpai di Indonesia, baik pada anak-anak maupun orang lanjut usia. Eksim dikenal juga dengan nama dermatitits atopik yang menyebabkan kulit meradang, kering, dan pecah-pecah, baik di kepala, dahi, maupun wajah.

Apakah Eksim Menular?

Eczema atau eksim dapat dikenali dari beberapa gejalanya, yaitu kulit kering, menebal, dan muncul ruam yang sangat gatal. Ruam eksim pada awalnya berwarna merah dan lama kelamaan berubah menjadi kecokelatan. Jika terkena infeksi, ruam akan melepuh dan berair.

Terjadinya eksim diawali peradangan di kulit yang disebabkan banyak hal, termasuk alergi debu, udara dingin, tungau, atau kapas. Penyakit eksim tidak menular, tetapi Anda memiliki kemungkinan terkena eksim hingga 25% jika ada anggota keluarga dekat yang menderita eksim.

Cara Merawat Eksim Basah

Eksim
Penyakit Eksim | hellosehat.com

Dalam dunia medis, tidak dikenal istilah eksim kering dan eksim basah. Eksim dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu neurodermatitis, dermatitis atopik, kontak iritan, dan kontak alergi, dyshidriotic, nummular, dan statis. Dermatitis nummular inilah yang disebut eksim basah.

Ciri eksim basah adalah munculnya lesi kecil yang menonjol dan berisi cairan. Lesi ini kemudian membesar dan menyebar membentuk nummular (koin) yang jika terbuka akan terlihat basah. Jika sudah mongering, luka akan berbentuk kerak dan kemudian bersisik.

Untuk merawat eksim basah, lakukan langkah berikut:

  • Gunakan sabun bayi untuk membersihkan badan saat mandi.
  • Oleskan pelembap setiap kali sehabis mandi.
  • Untuk menghindari iritasi, kenakan pakaian dari bahan yang lembut.
  • Atur suhu kamar agar tetap sejuk dan memiliki kadar kelembapan yang baik.

Obat Antibiotik untuk Penyakit Eksim

Eksim
Penyakit Eksim | hellosehat.com

Untuk mengatasi penyakit eksim, ada lima jenis obat yang biasa diberikan oleh dokter, yaitu golongan kortikosteroid, antiradang, pelembap, antihistamin, dan antibiotik. Obat antibiotik diberikan jika terjadi infeksi pada eksim akibat kulit yang gatal digaruk.

Tujuan pemberian obat antibiotik untuk eksim adalah untuk mengurangi peradangan akibat infeksi, bisa berbentuk krim, salep, tablet, atau kapsul. Untuk infeksi ringan, dokter memberikan antibiotik berupa krim atau salep yang dioleskan secara merata pada area yang terinfeksi.


Selain pengobatan secara fisik, Anda yang terserang penyakit eksim juga harus memperhatikan asupan makanan, cukup tidur, dan menghindari stres. Lakukanlah hal menyenangkan agar pikiran tetap sehat sehingga ruam eksim bisa segera pulih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *