Cara Menyembuhkan Sakit Maag yang Efektif

2 min read

Cara Menyembuhkan Sakit Maag – Sakit maag merupakan istilah yang menggambarkan rasa tidak nyaman pada perut bagian atas. Perut terasa penuh, mulas, kembung, dan mual. Berbagai cara menyembuhkan sakit maag pun dilakukan agar tidak kambuh.

Maag disebabkan karena masalah saluran cerna yang ditunjukkan dengan gejala seperti kembung, bersendawa, mual dan muntah, dan perut terasa terbakar. Gejala tersebut disebabkan oleh naiknya asam lambung, infeksi lambung, luka pada usus, ataupun keracunan makanan.

Penyebab sakit maag, yaitu gaya hidup yang kurang sehat, seperti makan terlalu banyak dan cepat, stres dan kelelahan, merokok, dan kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol.

Cara Mengatasi Penyakit Maag Agar Tidak Kambuh Lagi

Cara Menyembuhkan Sakit Maag
Sakit Maag | inspiradata.com

Maag dapat diatasi dengan obat antasida. Namun, obat tidak bisa membuatnya sembuh total, hanya meredakan saja. Maag baru dapat sembuh total apabila penyebabnya diatasi sampai tuntas.

Misalnya, untuk penyakit maag yang disebabkan karena asam lambung naik atau luka pada saluran cerna. Kondisi ini harus diatasi dengan operasi jika tidak segera membaik.

Operasi dilakukan dengan menjahit bagian atas lambung atau mengencangkan otot bagian atas lambung agar asam lambung tidak naik kembali.

Ketika luka pada lambung sembuh, gejala maag pun tidak lagi terasa. Agar tidak kambuh lagi, mulailah terapkan gaya hidup sehat, hindari makanan dan minuman yang dapat memicu gejala maag untuk kambuh, seperti kopi, makanan terlalu pedas, asam, dan berlemak.

Konsumsi makanan kaya serat, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran yang dapat mencegah mag kambuh.

Cara Mengatasi Maag Tiba-Tiba

Cara Menyembuhkan Sakit Maag
Sakit Maag | fitnessformen.co.id

Kesalahan pola makan dapat memicu gejala maag seperti perut panas dan mulas disertai nyeri dada dan sakit tenggorokan. Ketika maag datang tiba-tiba, Anda dapat melakukan penanganan sebagai berikut.

1. Minum Obat Maag

Minum obat maag seperti antasida, ranitidine, atau famotidine. Obat-obat tersebut bisa Anda peroleh dengan atau tanpa menggunakan resep dokter. Namun, Anda perlu mendiskusikan dengan dokter tentang obat yang tepat untuk Anda.

2. Tidak Makan Terlalu Banyak

Makan dengan porsi sedikit dan tepat waktu dapat membantu mengatasi sakit maag. Cara makan dengan porsi kecil tetapi kerap dapat menghindarkan asam lambung naik. Hindari makanan pedas, tinggi asam, dan tinggi kafein.

3. Tidak Berbaring Sesudah Makan

Jika ingin berbaring santai, tunda hingga 30 menit setelah makan. Langsung rebahan setelah makan dapat menyebabkan asam lambung naik dan membuat gejala maag kambuh.

4. Istirahat Cukup

Banyak istirahat ketika sakit maag kambuh dapat membuat maag cepat reda. Kurangi aktivitas berat dan hindari stres agar sakit maag cepat membaik.

Cara Menyembuhkan Sakit Maag

Cara Menyembuhkan Sakit Maag
Sakit Maag | doktersehat.com/

Maag dapat disembuhkan dengan bantuan obat, baik yang dengan resep ataupun tanpa resep dokter. Obat yang dapat dibeli tanpa resep, yaitu antasida yang berguna untuk menetralkan asam lambung.

Yang termasuk ke dalam jenis obat ini, yaitu kalsium karbonat, aluminium hidroksida, magnesium hidroksida, sodium bikarbonat, dan simethicone. Jika mag tidak reda setelah dua minggu mengonsumsi obat ini, segera rujuk ke dokter.

Sedangkan obat yang hanya dapat dibeli dengan resep dokter untuk mengatasi maag, yaitu sebagai berikut.

• H2 reseptor antagonis (H2RA) merupakan obat yang dapat menekan produksi asam lambung. Obat cimetidine, famotidine, ranitidine, dan nizatidine termasuk ke dalam jenis obat ini.

• Proton pump inhibitors (PPI), obat untuk mengatasi maag yang disertai nyeri ulu hati.

• Antibiotik, obat ini akan diresapkan dokter jika maag disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori.

• Obat prokinetik, dapat membantu mengatasi maag dengan mengosongkan lambung, seperti bethanechol dan metoclopramide.


Demikian ulasan tentang cara menyembuhkan sakit maag dan mengatasi nyeri akibat maag yang kambuh tiba-tiba. Semoga artikel ini dapat memberi pencerahan bagi Anda.