Cara Menyembuhkan Perut Kembung dengan Mudah Tanpa Obat

1 min read

Cara Menyembuhkan Perut KembungPerut kembung dapat diakibatkan oleh kebiasaan makan yang buruk, seperti makan terlalu banyak, terlalu cepat, mengonsumsi makanan pedas dan berlemak, dan berbaring setelah makan. Cara menyembuhkan perut kembung sendiri dapat dilakukan dengan mudah di rumah.

Cara Menyembuhkan Perut Kembung

Perut Kembung
Perut Kembung | doktersehat.com

Perut kembung biasa umumnya dapat reda dengan sendirinya tanpa perawatan khusus. Dengan mengontrol porsi makan, mengurangi minuman soda dan berkafein, kurangi makanan pedas dan berlemak, serta mengunyah perlahan, Anda pun terhindar dari perut kembung.

Jika dengan cara-cara di atas kembung dan mual tidak juga reda, Anda dapat mengonsumsi obat pereda kembung dan mual ataupun ramuan herbal untuk mengatasinya.

Obat Tradisional Perut Kembung Orang Dewasa

Perut Kembung
Perut Kembung | krjogja.com

Herbal dan ramuan tradisional dapat menjadi alternatif untuk meredakan keluhan akibat perut kembung. Berikut ini ramuan tradisional yang dapat Anda buat sendiri dengan mudah.

1. Jeruk Nipis, Jahe dan Madu

Untuk membuat ramuan ini, siapkan jeruk nipis, madu, dan jahe. Kemudian campurkan ketiganya dengan segelas air hangat. Aduk hingga rata, minum selagi hangat.

2. Ketumbar dan Susu

Jika memiliki ketumbar di dapur, manfaatkan untuk mengatasi kembung dan mual. Caranya, sangrai biji ketumbar hingga kering sebanyak 1 sendok teh, kemudian haluskan. Campurkan bubuk ketumbar dengan susu hangat. Setelah itu, berbaringlah agar perut terasa lebih nyaman.

3. Daun Min

Daun min dapat digunakan untuk mengatasi kembung dengan cara mencampurkan 4 lembar daun ke dalam segelas teh panas. Diamkan beberapa saat kemudian minum agar perut terasa lebih hangat.

4. Jahe, Teh, dan Madu

Memarkan seruas jahe, kemudian siapkan air teh dan madu. Diamkan ramuan ini sebentar, selanjutnya minum saat masih hangat.

5. Kayu Manis, Susu, dan Madu

Kayu manis dapat menenangkan perut dan mencegah penumpukan gas dan mengatasi perut kembung dengan cepat. Campurkan 1/2 sendok teh bubuk kayu manis ke dalam segelas susu hangat, aduk rata, dan tambahkan madu. Diamkan sebentar dan minum selagi hangat.

Cara Mengatasi Perut Kembung Masuk Angin

Cara Menyembuhkan Perut Kembung
Perut Kembung | harumsismamedika.com

Masuk angin karena cuaca dingin atau baru saja melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor juga dapat mengakibatkan perut kembung. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan cara-cara berikut ini.

1. Mengonsumsi Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas. Teh hijau juga mampu memberikan efek relaksasi pada tubuh.

Ketika masuk angin, pilih teh hijau yang mengandung kafein dan polifenol rendah agar tubuh lebih hangat, pencernaan lancar, dan terasa lebih relaks.

2. Pijat Refleksi

Pijat refleksi dapat dilakukan untuk mengatasi masuk angin dan perut kembung. Dengan pijatan di titik-titik tertentu, angin statis yang menyebabkan perut kembung dapat dikeluarkan sehingga tubuh terasa lebih ringan.
Namun, pijat refleksi sebaiknya dilakukan oleh orang yang sudah ahli agar lebih aman dan hasilnya efektif.

3. Berbekam

Berbekam dapat mengeluarkan angin dari dalam tubuh. Perawatan dengan cara ini dilakukan dengan menghisap beberapa titik tubuh dengan gelas atau cawan khusus. Untuk mengatasi masuk angin, cukup lakukan bekam kering tanpa mengeluarkan darah dari permukaan kulit.

4. Kerokan

Kerokan merupakan cara pengobatan tradisional yang masih banyak dipilih untuk mengatasi masuk angin, perut kembung, dan meriang. Anda dapat menggunakan minyak kayu putih atau balsam untuk mengurangi iritasi akibat gesekan alat kerokan dengan kulit punggung.


Demikian ulasan tentang berbagai cara menyembuhkan perut kembung yang dapat Anda lakukan. Bila memungkinkan, upayakan cara-cara tradisional sebelum memilih minum obat untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.