Kenali Berbagai Cara Menyembuhkan Penyakit Maag yang Kambuh Tiba-Tiba

2 min read

Cara Menyembuhkan Penyakit Maag – Gangguan pada lambung alias sakit maag memang sangat menyebalkan, terlebih apabila Anda sedang memiliki banyak pekerjaan atau dalam perjalanan. Supaya tidak menyiksa, penting untuk mengetahui cara menyembuhkan penyakit maag.

Penyakit maag, meskipun dialami oleh hampir semua orang, tetapi tak bisa sepenuhnya diabaikan. Pasalnya, kondisi maag akut bisa membuat Anda diopname, bahkan dalam beberapa kasus juga dapat menyebabkan kematian.

Nah, jangan sampai penyakit maag menjelma menjadi penyakit berbahaya bagi Anda, ya. Kenali beberapa cara mengatasi maag tiba-tiba yang mengganggu dan dapat membuat berbagai aktivitas Anda menjadi tidak lancar.

Cara Mengatasi Maag Kambuh dengan Buah Pisang

cara menyembuhkan penyakit maag
cara menyembuhkan penyakit maag | hellosehat.com

Pada saat sakit maag mendera, Anda tidak dianjurkan untuk memakan buah-buahan, terutama dengan kandungan asam tinggi seperti jeruk. Pasalnya, hal ini akan membuat luka di lambung semakin berat, lho.

Namun, ada satu buah yang menjadi cara menyembuhkan penyakit maag. Buah itu adalah pisang. Ya, layaknya dalam kasus diare, pisang juga diperbolehkan dalam mag. Pasalnya, pisang merupakan buah yang mengandung karbohidrat tinggi.

Jadi, selain mengenyangkan dan memberi energi, buah ini juga dapat meredakan rasa tidak nyaman dalam perut Anda akibat sakit maag, lho. Bila Anda tak mampu mengonsumsi makanan, seperti nasi atau lauk misalnya, pisang adalah solusi tepat.

Cara Mengatasi Maag Tiba-Tiba dengan Susu Kedelai dan Almond Hangat

penyakit maag
cara menyembuhkan penyakit maag | mymilk.com

Saat penyakit asam lambung mendera, Anda amat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi susu sapi. Pasalnya, susu sapi bisa membuat makanan dan isi lambung lainnya naik ke atas dan membahayakan tubuh, lho.

Namun, susu almon dan susu kedelai dianjurkan untuk mengatasi penyakit maag yang tiba-tiba datang. Berbeda dengan susu sapi dan kandungannya, susu kedelai dan susu almon justru malah membuat sakit lambung mereda.

Anda bisa membuat sendiri susu almon dengan mendiamkannya semalaman di dalam kulkas lalu menyaring airnya. Namun, untuk mengatasi maag yang datang tiba-tiba, lebih baik beli saja susu kedelai dan susu almon kemasan yang banyak dijual.

Konsumsi Kaldu Tulang Untuk Maag Disebabkan oleh Makanan Pedas

penyakit maag
cara menyembuhkan penyakit maag | inspiradata.com

Makanan pedas juga dapat melukai lambung secara tiba-tiba. Apalagi, kalau ini bukan pertama kalinya bagi Anda terkena penyakit asam lambung. Wah, bisa-bisa Anda merasakan sakit yang luar biasa dan sangat menyiksa, lho.

Tidak mau, bukan, hal itu terjadi pada Anda? Maka, bila mag menghampiri, cobalah untuk meredakannya dengan mengonsumsi kaldu tulang sapi atau ayam. Ya, rebus tulang ayam atau sapi, lalu tambahkan bumbu-bumbu secukupnya sebagai penyedap, ya.

Kaldu tulang sapi dan ayam tidak hanya meredakan maag, tetapi juga dapat membuat Anda merasa kenyang dan memberikan energi. Selain itu, bahan makanan yang satu ini juga kaya akan protein yang menyehatkan tubuh.

Pertolongan Pertama pada Sakit Maag

penyakit maag
cara menyembuhkan penyakit maag | doktersehat.com

Apa yang harus Anda lakukan apabila sakit maag tiba-tiba datang? Pertama-tama, hindari reaksi panik. Stres dapat membuat maag semakin menjadi-jadi dan bahkan bisa membuat Anda pingsan, lho. Jangan sampai hal itu terjadi, ya.

Kedua, segera minum air hangat, teh herbal hangat, dan juga obat maag. Setelah itu, tunggu sekitar satu jam dan konsumsilah makanan-makanan yang aman bagi penderita asam lambung seperti yang sudah disebutkan di atas.

Yang ketiga, beristirahatlah. Terlalu memaksa tubuh untuk bekerja keras saat sakit maag juga akan membuat penyakit ini semakin parah saja. Jadi, segeralah beristirahat dan kalau perlu, gunakan waktu untuk tidur dengan baik.


Itulah beberapa cara menyembuhkan penyakit maag yang dapat Anda praktikkan. Intinya, segera tangani maag sedini mungkin. Imbangi pula dengan gaya hidup sehat dan makanan serta minuman yang tidak terlalu asam, pedas, dan bersantan.