Kenali Serba-Serbi dan Cara Menyembuhkan Ambeien Secara Alami

2 min read

Cara Menyembuhkan Ambeien Secara Alami – Penyakit wasir atau ambeien merupakan penyakit yang cukup menyiksa. Kondisi ini menyebabkan Anda merasa kesulitan saat buang air besar dan nyeri sepanjang waktu. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mencari tahu cara menyembuhkan ambeien secara alami.

Iya, selain perawatan dari dokter, ambeien pun dapat disembuhkan dengan gaya hidup sehat dan mengonsumsi beberapa bahan alami. Hal ini akan sangat membantu penyembuhan dari dokter dan membuat penyakit ini akan mereda, bahkan hilang.

Penyakit ambeien atau hemorrhoid disebabkan oleh pembuluh vena di sekitar saluran buang air besar yang membengkak. Ada dua jenis penyakit ambeien. Yang pertama internal hemorrhoid dan yang kedua adalah eksternal hemorrhoid.

Internal hemorrhoid merupakan kondisi ambeien yang tidak muncul ke permukaan. Sementara itu, external hemorrhoid merupakan kondisi saat ambeien muncul ke permukaan dan cukup mengganggu saat buang air besar serta menyebabkan gatal yang parah.

Nah, supaya wasir cepat hilang, sejak awal, ketahui cara menyembuhkan ambeien secara alami dan juga melalui pengobatan dokter yang tepat. Apa sajakah cara itu? Simak di sini saja, yuk, untuk penjelasan yang lebih lengkap.

Obat Ambeien Apotek

Ambeien
Cara Menyembuhkan Ambeien Secara Alami | id.theasianparent.com

Ambeien dapat disembuhkan dengan beberapa obat yang dijual di apotek. Yang pertama adalah krim kortikosteroid. Krim ini mampu menyempitkan jaringan ambeien dan membuat radang pada ambeien berkurang serta mengecil.

Yang kedua adalah obat-obatan minum seperti misalnya Lanaven, Veridin, dan juga Ambeven. Obat-obatan ini bisa dibeli tanpa resep dokter dan juga cukup terjangkau harganya. Hanya saja, khusus Veridin, pemakaian lebih dari 10 hari wajib dikonsultasikan dengan dokter.

Obat-obatan ini mampu meredakan radang pada ambeien dan membuatnya tidak terasa terlalu nyeri, terutama pada saat Anda akan buang besar. Selain itu, mengonsumsi obat-obatan ini dapat meredakan rasa gatal akibat wasir.

Penyebab Ambeien

Cara Menyembuhkan Ambeien Secara Alami
Cara Menyembuhkan Ambeien Secara Alami | honestdocs.id

Ambeien dapat disebabkan oleh berbagai hal. Yang pertama adalah, terlalu lama mengejan pada saat buang air besar. Kondisi ini membuat pembuluh vena di sekitar saluran buang air besar pecah dan kemudian dalam jangka waktu lama, menyebabkan ambeien.

Yang kedua adalah sembelit. Sembelit membuat Anda mengejan terlalu keras. Tidak hanya itu saja, sembelit juga membuat feses menjadi keras dan melukai saluran buang air besar yang lama-kelamaan, akan membuat Anda mengalami ambeien.

Untuk itu, bila Anda menemui masalah pencernaan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter atau mengonsumsi obat yang tepat. Jangan sampai penyakit yang lebih kecil dan tak tertangani mendatangkan penyakit yang lebih besar seperti ambeien ini.

Pengobatan Ambeien Luar

Cara Menyembuhkan Ambeien Secara Alami
Cara Menyembuhkan Ambeien Secara Alami | honestdocs.id

External hemorrhoid yang menyiksa tentunya ingin Anda obati dengan segera. Apalagi, benjolan itu sangat mengganggu dan membuat Anda tidak nyaman, serta menurunkan kepercayaan diri Anda di depan suami/isti.

Nah, bagaimana apabila Anda mengalami ambeien luar seperti ini? Anda memang bisa melakukan pengobatan tradisional seperti misalnya mengoleskan tumbukan bawang putih atau menggunakan obat-obat apotek.

Namun, supaya benjolan bisa hilang dengan cepat, langkah operasi dan laser bisa Anda ambil. Langkah ini tentu dapat membuat benjolan mengempis dan tercabut secara instan. Meski begitu, konsultasikan langkah ini terlebih dahulu kepada dokter.

Selain itu, dalam masa pengobatan, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang berpotensi membuat Anda sembelit atau diare. Keduanya dapat melukai saluran buang air besar dan pada akhirnya menghambat penyembuhan.


Sekarang Anda sudah tahu, bukan, mengenai cara menyembuhkan ambeien secara alami dan juga melalui metode kimia bahkan operasi? Pada dasarnya, ambeien tidak terlalu berbahaya, tetapi harus dilakukan penanganan tepat supaya tidak semakin parah.