Tangani Sebelum Terlambat, Inilah Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

2 min read

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi – Kadar kolesterol yang tinggi bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Cara menurunkan kolesterol tinggi bisa dengan obat dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Penggunaan obat penurun kolesterol memang sangat efektif untuk menurunkan kolesterol dengan cepat. Namun, penggunaan obat tidak cukup jika gaya hidup masih tidak sehat.

Obat bisa membuat kolesterol turun akan tetapi ketika berhenti mengkonsumsi obat, kemudian tetap menjalankan gaya hidup yang tidak sehat. Maka, kemungkinan besar kolesterol akan kembali tinggi.

Penyebab Kolesterol

Kolesterol Tinggi
kolesterol | pemburuombak.com

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara menurunkan kolesterol tinggi. Anda perlu memahami dahulu penyebab tingginya kolesterol dalam tubuh. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pencegahan agar kadar kolesterol tidak naik.

Kolesterol tinggi kebanyakan disebabkan karena makanan tinggi lemak, seperti krim, keju, biskuit, dan makanan lainnya.

Kurang aktivitas fisik dapat mengganggu metabolisme. Serta membuat kolesterol makin meningkat karena tubuh tidak mengolah kolesterol jahat dengan baik.

Kolesterol tinggi juga bisa disebabkan karena rokok dan minuman alkohol. Kebiasaan minum alkohol dan merokok bisa mengganggu fungsi tubuh secara keseluruhan. Termasuk menaikkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Obesitas dan usia tua dapat pula mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh. Tubuh yang gemuk akan lebih banyak menimbun kolesterol dalam tubuh. Usia tua menyebabkan perlambatan dalam fungsi tubuh untuk mengontrol kolesterol.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi
Kolesterol | ethica.com.

Kolesterol bisa diturunkan tidak hanya dengan menggunakan obat-obatan medis tapi juga dengan mengkonsumsi makanan sehat. Ada beberapa makanan sehat yang baik untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

Air jeruk nipis kaya akan antioksidan. Kandungan tersebut sangat baik dalam menangkal radikal bebas yang bisa mengganggu fungsi tubuh. Jika tubuh berfungsi dengan baik, kadar kolesterol juga lebih terjaga.

Jambu merah mengandung vitamin, kalium, fitonutrein, dan zat lain yang penting untuk tubuh. Kandungan dalam jambu merah dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh apabila dikonsumsi dengan rutin.

Brokoli punya kandungan serta yang tinggi dan bisa membantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh.

Otomatis ini berdampak baik pada tingkat kolesterol di tubuh Anda. Olahlah brokoli dengan cara direbus untuk hasil yang lebih maksimal.

Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat

Kolesterol Tinggi
Kolesterol | fispol.com

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, obat kolesterol memang bisa menurunkan kolesterol tinggi. Akan tetapi, penggunaan obat tidak akan optimal tanpa ada perubahan dalam gaya hidup.

Jika Anda tidak ingin menggunakan obat. Menjalankan gaya hidup sehat bisa jadi pilihan terbaik. Walaupun hasilnya mungkin tidak secepat menggunakan obat. Tetapi jika dilakukan dengan konsisten dampaknya berguna untuk kesehatan jangka panjang.

Penurunan kolesterol bisa dimulai dengan memilah makanan. Konsumsilah makanan sehat yang bebas lemak jenuh. Pilih makanan yang mengandung lemak baik untuk tubuh, kaya vitamin, tinggi serat, dan lainnya.

Selain itu. Pilih makanan dengan proses masak yang sehat seperti dengan direbus atau dikukus. Jikalau ingin makan masakan dengan cara di tumis, gunakan minyak yang sehat.

Anda yang mengalami berat badan berlebih. Sebaiknya segera melakukan program diet sehat. Dengan begitu, kolesterol tinggi bisa diturunkan.

Olahraga selalu jadi cara terbaik untuk menjaga kesehatan. Usahakan untuk melakukan olahraga paling tidak 30 menit dalam sehari. Jika rutin dilakukan metabolisme tubuh akan meningkat dan membantu dalam penurunan kolesterol.

Selain menjaga kesehatan fisik. Kesehatan mental juga perlu dijaga. Saat mengalami stres, sistem tubuh akan terganggu. Pada akhirnya akan berdampak secara tidak langsung bagi kesehatan dan kenaikan kolesterol.


Singkatnya, cara menurunkan kolesterol tinggi bisa dengan obat ataupun dengan perubahan pola hidup. Kolesterol tinggi harus segera diatasi agar tidak menyebabkan penyakit yang lebih serius.