Beginilah Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Tanpa Obat

2 min read

Cara Menurunkan Kolesterol – Makanan bisa menyehatkan tubuh, tapi di sisi lain dapat juga membahayakan jika dikonsumsi secara berlebihan. Salah satu penyakit yang muncul karena konsumsi makanan yang berlebihan adalah kolesterol tinggi. Lalu, bagaimana cara mengobati kolesterol tinggi tersebut? Artikel ini akan membahasnya untuk Anda.

Kolesterol bukanlah nama penyakit, namun merupakan zat berlilin yang terkandung dalam seluruh sel tubuh. Keberadaan kolesterol dalam tubuh berfungsi untuk membentuk Vitamin D, memproduksi hormon, dan zat-zat lain yang penting bagi tubuh.

Jika kadar kolesterol sudah melebihi batas atau sering disebut kolesterol tinggi, akan menyumbat pembuluh darah. Kondisi inilah yang menyebabkan penyakit jantung. Karena berisiko memunculkan bermacam penyakit, para dokter sering mengingatkan untuk selalu menjaga kolesterol tetap normal.

Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi

Kolesterol Tinggi
Kolestrol Tinggi | .kaskus.co.id

Keberadaan kolesterol tidak bisa diindra secara langsung. Karena itu untuk mengetahui tingginya kadar kolesterol dalam darah diperlukan peralatan khusus. Namun tubuh memiliki mekanisme yang pintar untuk memberikan peringatan ketika kadar kolesterol ini sudah mencapai level waspada.

Peringatan tersebut diberikan dengan munculnya kondisi tak normal pada tubuh yang menjadi ciri dari naiknya kadar kolesterol. Berikut adalah beberapa dari ciri kolesterol tinggi tersebut:

1. Mudah Lelah

Mereka yang memiliki kolesterol tinggi biasanya mudah lelah. Hal ini karena pasokan oksigen pada organ-organ tubuh berkurang sebagai risiko dari kolestrol yang menyumbat aliran darah.

2. Kesulitan Saat Bernapas

Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah paru-paru. Pasokan oksigen juga berkurang karena jantung tidak bisa optimal dalam memompa darah.

3. Mudah Sakit pada Kaki dan Tangan

Kondisi ini juga menjadi risiko dari bertumpuknya kolesterol pada pembuluh darah di tangan dan kaki. Rasa sakit yang dirasakan bermacam-macam, bisa ngilu, nyeri, kesemutan, dan sebagainya.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi
Kolestrol Tinggi | dedaunan.com

Tingginya kadar kolesterol tidak serta-merta terjadi. Kondisi ini merupakan buah dari gaya hidup yang tidak sehat, seperti berikut ini:

1. Konsumsi Lemak Jenuh dalam Jumlah Banyak

Kadar kolesterol dalam darah dapat meningkat karena konsumsi lemak jenuh yang banyak dan sering. Lemak jenuh banyak terdapat pada santan, mentega, biskuit, krim, keju, dan kuning telur.

2. Merokok dan Minum Alkohol

Terlalu banyak menghisap rokok dapat memicu bertambahnya asupan akrolein dalam tubuh. Zat kimia tersebut dapat menghentikan kerja kolesterol baik untuk mengangkat timbunan lemak. Kadar kolesterol jahat juga dapat meningkat karena terlalu banyak konsumsi alkohol.

3. Jarang Olahraga

Malasnya melakukan aktivitas dan jarang berolahraga membuat kalori dalam tubuh tidak terbakar sempurna. Hal ini menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dalam darah.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Alami

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi
Kolestrol Tinggi | doktersehat.com

Kadar kolesterol yang sudah terlanjur naik dapat diturunkan. Banyak orang melakukannya dengan konsumsi obat kimia. Namun jika Anda lebih menyukai cara alami, berikut panduannya:

1. Konsumsi air jeruk nipis, jus anggur atau jus jambu merah

Ketiga jenis minuman di atas dipercaya berkhasiat mengembalikan kadar kolesterol pada kondisi normalnya. Air jeruk nipis dan jus anggur memiliki zat antioksidan bernama flavonoid. Zat tersebut dapat meluruhkan kolesterol jahat dalam darah.

Flavonoid tidak terdapat dalam jus jambu merah, namun buah ini memiliki kandungan zat lain yang lengkap dan mampu menekan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan tersebut adalah fitonutrein dan aneka vitamin.

2. Konsumsi ekstrak kulit manggis

Bukan hanya isinya, kulit manggis pun memiliki banyak manfaat. Dalam kulit buah manggis terkandung Xanthone dalam jumlah besar. Zat tersebut merupakan bahan aktif untuk produksi antioksidan dan antikanker.

3. Konsumsi biji-bijian secara utuh

Biji-bijian utuh memiliki banyak kandungan zat gizi yang mampu menurunkan kadar kolesterol. Beberapa di antara zat gizi tersebut adalah protein, zat besi, fosfor, magnesium, dan Vitamin B.


Itulah ulasan tentang cara menurunkan kolesterol tinggi yang dapat Anda praktikkan di rumah. Jangan lupa untuk selalu menjaga semangat dan komitmen, serta melaksanakannya secara konsisten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *