Inilah Cara Alami Mujarab untuk Mengobati Wasir

2 min read

Cara Mengobati Wasir – Wasir membuat penderitanya bagai duduk di atas bara. Bahkan, kepercayaan diri bisa lenyap karena wasir. Anda pun merasa demikian? Artikel ini akan memberikan informasi tentang cara mengobati wasir dengan mujarab.

Wasir atau ambeien adalah peradangan pada pembuluh darah vena di anus. Ada dua jenis wasir, dalam dan luar. Wasir dalam terjadi pada rektum yang menghubungkan usus besar dan anus, sedangkan peradangan pada bagian luar anus disebut dengan wasir luar.

Ciri umum wasir adalah darah yang menyertai tinja, juga rasa nyeri dan gatal pada bagian anus. Pada kasus wasir parah terdapat benjolan di sekitar anus, bahkan dapat pula robek dan berdarah. Namun jangan khawatir, wasir bukanlah penyakit menular dan mudah untuk disembuhkan.

Penyebab Wasir

Hingga kini belum diketahui secara pasti apa penyebab wasir. Namun ada beberapa kondisi yang disinyalir dapat memicu terjadinya wasir, seperti berikut ini:

1. Kehamilan

Cara Alami Mengobati Wasir

Rahim yang mengembang ditambah berat badan bayi dapat menekan pembuluh darah pada anus. Kondisi tersebut membuat sebagian ibu hamil mengalami wasir. Namun biasanya wasir pada ibu hamil akan sembuh dengan sendirinya setelah bayi lahir.

2. Sembelit dan Diare

Cara Mujarab Mengobati Wasir

Sembelit juga dapat memicu wasir. Kurangnya serat membuat tinja susah keluar sehingga menekan pembuluh darah. Diare dalam waktu lama juga menyebabkan wasir karena anus yang sering terbuka.

3. Duduk Terlalu Lama

Cara Alami Mengobati Wasir

Terlalu lama duduk ternyata tidak baik. Posisi duduk membuat aliran darah dalam anus menjadi konstan. Hal ini menyebabkan pembuluh darah terisi penuh, sehingga menekan dinding pembuluh dan terjadilah peradangan.

Perawatan Rumah untuk Obat Wasir Luar

Cara mengobati wasir luar selain mengoles atau mengonsumsi obat Anda juga dapat melakukan perawatan secara mandiri di rumah. Berikut adalah beberapa perawatan rumah agar wasir luar segera sembuh:

1. Merendam Pantat dengan Air Hangat

Cara Mujarab Mengobati Wasir

Nyeri wasir dapat diredakan dengan merendam pantat di air hangat padabathtub atau ember berukuran besar. Lakukan ini setiap sebelum mandi atau setelah buang air besar. Selain meredakan nyeri, langkah ini juga dapat membuat otot anus relaks.

2. Mengompres dengan Es

Cara Mujarab Mengobati Wasir

Menyembuhkan wasir luar juga dapat dilakukan dengan mengompreskan es. Bungkus es dengan kain atau handuk kecil, kemudian tempelkan pada pantat. Duduklah pada tempat yang empuk seperti sofaatau bantal duduk.

3. Makan Makanan Kaya Serat

Cara Mujarab Mengobati Wasir

Contoh makanan kaya serat adalah buah segar, kacang polong, brokoli dan gandum utuh. Makanan kaya serat membuat tinja menjadi lembut sehingga lebih mudah terdorong keluar. Tinja yang keluar dengan mudah dapat mencegah peradangan anus makin parah.

Mengobati Wasir Secara Alami

Wasir dapat disembuhkan dengan memanfaatkan hasil bumi. Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan:

1. Lidah Buaya

Cara Mujarab Mengobati Wasir

Kandungan zat anti inflamasi pada lidah buaya dapat menjadi obat wasir. Zat tersebut akan bekerja mengurangi peradangan pembuluh darah dan mengempiskan benjolan ambeien. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan daging lidah buaya secara langsung.

2. Bawang Putih

Cara Alami Mengobati Wasir

Jawara bumbu masak ini juga ternyata ampuh untuk mengobati wasir. Kerja belerang, asam amino, mineral dan enzim-enzim yang terkandung dalam bawang putih adalah dengan melindungi pembuluh dan meningkatkan sirkulasi darah.

Penggunaan bawang putih untuk mengobati wasir atau ambeien adalah dengan mengoleskannya pada benjolan wasir, sebelumnya haluskan terlebih dahulu. Bawang putih juga dapat langsung dikonsumsi dalam keadaan mentah.

3. Cuka Apel

Cara Mujarab Mengobati Wasir

Jenis bahan alami yang satu ini sudah lama populer sebagai obat wasir. Cuka apel dapat mengurangi peradangan pembuluh darah dan mengempiskan ukuran ambeien tersebut. Caranya cukup dengan merendam kapas pada cuka apel kemudian mengoleskannya pada luka wasir. Lakukan secara teratus hingga wasir hilang.


Demikianlah ulasan tentang cara mengobati wasir dengan alami. Jangan lupa bahwa wasir dapat dicegah dengan pola hidup yang sehat, yaitu berolahraga secara teratur dan makan makanan kaya serat. Maka, mari merubah gaya hidup agar tubuh terhindar dari bermacam penyakit!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *