Wasir Mengganggu? Ketahui Cara Mengobati Wasir Secara Alami di Sini

2 min read

Cara Mengobati Wasir Secara Alami – Penyakit wasir atau hemorrhoid adalah kondisi saat pembuluh vena yang terdapat di sekitar anus mengalami peradangan. Ini sangat menyakitkan, terutama pada saat Anda hendak buang air besar. Maka, sebaiknya Anda mengetahui cara mengobati wasir secara alami.

Wasir dibagi menjadi dua jenis. Yang pertama adalah internal hemorrhoid atau wasir yang berada di dalam saluran rektum. Wasir yang satu ini tidak muncul ke permukaan dan tidak akan pecah di bagian luar saluran rektum.

Yang kedua adalah external hemorrhoid. Wasir kedua ini banyak dirisaukan oleh orang. Pasalnya, wasir jenis ini bisa keluar ke permukaan dan bisa pecah serta membuat kepercayaan diri kita turun di depan suami/istri. Selain itu, wasir ini juga menyebabkan rasa gatal.

Nah, jangan sampai wasir membuat aktivitas Anda, terutama pada saat buang air besar, menjadi terganggu. Kenali berbagai cara menghilangkan wasir dari tubuh dan juga benjolan yang dapat menurunkan kepercayaan diri.

Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien

Wasir
Cara Mengobati Wasir Secara Alami | honestdocs.id

Benjolan ambeien dapat dihilangkan dengan dua cara. Yang pertama adalah cara mengobati wasir secara alami dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih tidak hanya berfungsi sebagai penyedap rasa saja, tetapi juga sebagai obat wasir ampuh.

Caranya mudah. Tumbuk bawang putih hingga halus, kemudian oleskan pada benjolan yang ada pada wasir Anda. Lakukan hal ini secara rutin setiap hari. Memang rasanya mungkin akan sedikit menyakitkan, tetapi bawang putih mampu mengempeskan benjolan.

Cara kedua adalah dengan metode operasi. Metode ini diperlukan apabila benjolan ambeien Anda sudah berada dalam kondisi yang serius dan berbahaya. Untuk itu, konsultasikan ke dokter apabila Anda mengalami wasir yang sangat mengganggu.

Obat Wasir Berdarah

Cara Mengobati Wasir Secara Alami
Cara Mengobati Wasir Secara Alami | doktersehat.com

Wasir berdarah dapat diobati dengan beberapa metode. Metode pertama adalah rubber band ligation. Melalui metode ini, pangkal wasir diikat dengan karet khusus supaya tidak ada aliran darah ke sana. Lama-kelamaan, benjolan akan lepas sendiri.

Yang kedua adalah skleroterapi atau suntikan obat ke dalam benjolan wasir. Hal ini akan membuat benjolan mengempis dan mengerut dengan sendirinya. Kemudian, layaknya metode karet, benjolan dapat lepas nantinya.

Yang terakhir adalah metode koagulasi dengan bantuan laser. Metode ini dapat membuat benjolan menjadi panas, mengecil, dan kemudian mengering. Metode ini cukup cepat dan tidak memerlukan proses lama layaknya dua metode sebelumnya.

Obat Wasir Apotek

Cara Mengobati Wasir Secara Alami
Cara Mengobati Wasir Secara Alami | doktersehat.com

Saat wasir menjadi parah, Anda dapat mencoba mengonsumsi beberapa obat dari apotek. Obat-obat ini tidak akan serta merta menghilangkan wasir, tetapi dapat meredakan nyeri dan juga membuat Anda menjadi lebih relaks.

Yang pertama adalah obat-obatan pereda nyeri yang mengandung zat seperti parasetamol atau asam mefenamat. Kedua zat ini akan sangat membantu Anda dalam meredakan sakit akibat wasir yang amat menyiksa.

Yang kedua, adalah obat pencahar. Obat pencahar dapat membantu mengeluarkan sisa-sisa makanan yang ada di dalam usus. Kesulitan untuk buang air besar selalu membuat wasir semakin menyakitkan saja, apalagi bila terdapat benjolan.

Namun, harus diingat bahwa kedua obat itu tidak boleh dikonsumsi terus-menerus secara rutin. Pasalnya, obat pereda nyeri akan menyebabkan kerusakan ginjal dan membuat koordinasi otak berjalan dengan kurang baik. Akibatnya, Anda akan sulit berkonsentrasi.

Selain itu, konsumsi obat pencahar terlalu sering juga dapat merusak lambung dan usus. Selain diare, Anda juga dapat mengalami penyakit seperti mag akut bahkan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau asam lambung yang naik hingga kerongkongan.

 


Nah, hal-hal di atas merupakan cara mengobati wasir secara alami yang dapat dipraktikkan. Lakukan pengobatan sedini mungkin, ya. Pasalnya, wasir sangat menyakitkan dan apabila tidak diobati, akan menimbulkan infeksi pada bagian sekresi tubuh.