6 Makanan Berkhasiat sebagai Cara Mengobati TBC

1 min read

Cara Mengobati TBC – TBC atau tuberkulosis merupakan penyakit menular pada paru-paru yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian apabila tidak segera ditangani. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui cara mengobati TBC dan pencegahannya.

Cara Mengobati TBC

Cara Mengobati Penyakit TBC
Mengobati TBC | doktersehat.com

Cara Mengobati TBC di rumah sakit dimulai dengan mengisolasinya di kamar bertekanan negatif. Pasien harus memakai masker sekali pakai untuk menyaring basil. Isolasi dilakukan hingga BTA negatif selama 3 kali pemeriksaan dahak berturut-turut.

Langkah ini dilakukan biasanya setelah 2–4 minggu pengobatan. Pada kasus TB pertama kali, pengobatan dilakukan selama 6 bulan. Pengobatan empiris dimulai dengan pemberian obat isoniazid, rifampisin, pirazinamid, dan etambutol atau streptomisin.

Terapi tersebut disesuaikan dengan kondisi tubuh pasien. Pengobatan TBC cukup lama sehingga sangat menguji kepatuhan pasien. Jika tidak mengikuti prosedur, kuman akan mengalami resistensi terhadap obat dan antibiotik tidak mempan.

Pada kasus pasien yang mengalami resistensi kuman, pengobatannya akan lebih sulit. Durasi pengobatannya juga lebih lama dengan risiko kematian pada pasien yang lebih tinggi.

Makanan untuk Penderita TBC

Penyakit TBC
Mengobati TBC | sum3a.com

Penderita TBC dianjurkan mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan memberikan energi. Makanan tersebut dapat berupa buah-buahan, seperti berikut ini.

1. Srikaya

Srikaya dapat dikonsumsi langsung atau dibuat jus. Buah ini dapat membantu meremajakan jaringan tubuh dan meningkatkan sistem imun.

2. Jeruk

Jeruk mengandung mineral dan senyawa yang penting untuk memperbarui energi serta melindungi paru-paru dari infeksi. Untuk penderita TBC, berikan perasan jus jeruk dengan tambahan sedikit madu dan garam. Minumkan larutan tersebut sebanyak dua kali sehari.

3. Terong Hijau

Terong mengandung serat, mineral, dan air yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Terong hijau dapat dikonsumsi tiap hari untuk membantu melawan basil penyebab TBC.

4. Daun Mint

Daun min bersifat anti bakteri, mampu membantu melarutkan lendir, dan memberikan nutrisi ke paru-paru. Daun min juga dapat mengurangi efek samping obat-obatan dan membuang racun dari tubuh pasien.

5. Bawang Putih

Bawang putih memiliki zat allicin dan ajoena yang dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri pada paru-paru sehingga ampuh membantu penyembuhan TBC.

6. Pisang

Pisang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh penderita TBC. Mengonsumsi pisang dapat mengurangi batuk dan demam karena TBC. Dianjurkan makan pisang dua buah setiap hari agar tubuh tetap bugar.

Pencegahan TBC

Cara Mengobati Penyakit TBC
Mengobati TBC | autoimuncare.com

Pencegahan sangat penting untuk menghindari jangkitan terhadap penyakit tersebut. Pencegahan ini berlaku untuk orang yang terpapar risiko penyakit maupun tidak.

Cara pencegahan TBC dilakukan dengan imunisasi BCG (Bacillus Calmette-Guerin) pada bayi. Vaksin ini termasuk imunisasi wajib bagi bayi usia 2 bulan.

Pencegahan juga dapat dilakukan dengan menggunakan masker ketika berada di keramaian, ketika berinteraksi dengan pengidap TB, dan mencuci tangan secara teratur, terutama bagi tenaga medis.

Ketika mengidap TBC, Anda juga wajib menjaga agar tidak menulari orang-orang di sekitar. Caranya dengan memakai masker ketika berinteraksi dengan orang lain, tidak meludah atau membuang dahak sembarangan, dan langsung membuang tisu setelah digunakan.

Pastikan sirkulasi udara di rumah Anda lancar dengan sering membuka pintu dan jendela pada pagi hari agar udara dan sinar matahari dapat masuk. Hindari aktivitas di luar rumah dan interaksi jarak dekat dengan orang lain hingga beberapa minggu setelah pengobatan.


Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui terkait cara mengobati TBC beserta cara pencegahannya. Semoga dengan informasi di atas, Anda dapat mengambil tindakan cepat jika orang di sekitar mengalami gejala penyakit tersebut.