Cara Mengobati Perut Kembung Tradisional Tanpa Obat

1 min read

Cara Mengobati Perut Kembung Tradisional – Perut kembung dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari asam lambung hingga gas yang menumpuk di dalam perut. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Selain menggunakan obat, rupanya ada ragam cara mengobati perut kembung tradisional.

Tentunya selain terbukti ampuh, cara ini juga tidak perlu melibatkan obat-obatan. Jadi, bagi yang menyukai pengobatan herbal, penjelasan seputar cara mengatasi perut kembung secara tradisional dapat disimak di sini.

Cara Mengatasi Perut Kembung Terus-Menerus secara Tradisional

Cara Mengobati Perut Kembung Tradisional
Cara Mengobati Perut Kembung Tradisional | hellosehat.com

Perut kembung yang cukup membuat tidak nyaman rasanya harus segera diatasi. Ada beberapa cara tradisional yang dapat membantu untuk mengatasi masalah ini. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1.Campuran Jeruk Nipis, Jahe, dan Madu

Perut Kembung
Jeruk Nipis untuk Mengobati Perut Kembung | doktersehat.com

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi perut kembung adalah menggunakan minuman yang dicampur dari beberapa bahan. Ini dapat menjadi cara yang cukup ampuh untuk mengatasi masalah perut kembung dan juga mual.

Bahan-bahan yang dimaksud di sini adalah perasan jeruk nipis, jahe, serta madu. Pertama, siapkan air hangat, lalu masukkan perasan jeruk nipis. Tambahkan jahe yang telah digeprak, lalu terakhir, beri madu asli. Minumlah saat masih hangat. Ini akan membantu mengatasi perut kembung.

2.Gunakan Daun Mint

Salah satu cara yang dinilai paling efektif mengatasi perut kembung adalah daun min. Memang daun yang satu ini sudah sejak lama dipercaya mampu membantu mengatasi perut yang terasa kembung. Cara memperoleh khasiat dari daun ini pun cukup mudah.

Pertama, siapkan segelas teh panas, kemudian masukkan daun min ke dalam teh panas tersebut. Tunggu hingga beberapa saat, kemudian konsumsi selagi hangat. Ini akan membantu untuk membuat perut menjadi lebih nyaman dan hangat.

Tak hanya dikonsumsi dengan campuran teh, daun min juga dapat dikonsumsi secara langsung dengan dikunyah. Namun, memang tidak semua orang menyukai daun min yang dikunyah secara langsung tersebut.

3.Minum Teh Chamomile

Teh kamomil memang dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satu khasiatnya yang terkenal adalah membantu agar tidur menjadi lebih nyenyak. Namun, siapa sangka selain itu kamomil juga memiliki beragam khasiat lainnya.

Salah satunya adalah dapat membantu mengatasi perut yang kembung. Seduh teh kamomil untuk meredakan perut kembung serta mual yang mendera. Konsumsi teh kamomil secara rutin juga dapat membantu mencegah perut kembung kembali datang.

4.Minuman Kayu Manis, Susu, dan Madu

Cara mengobati perut kembung tradisional yang lainnya adalah dengan menggunakan minuman yang merupakan campuran kayu manis, susu, dan madu. Ketiga campuran ini dipercaya mampu untuk mengatasi perut kembung dengan cepat.

Berbagai campuran yang ada di dalamnya memang memiliki khasiat sendiri-sendiri. Misalnya saja kayu manis, bahan ini dipercaya dapat membantu mencegah serta mengatasi penumpukan gas yang ada di dalam perut.

5.Perasan Lemon

Terakhir yang dapat digunakan untuk mengatasi perut kembung adalah perasan lemon. Khasiat perasan lemon dipercaya dapat mengatasi perut kembung secara efektif. Apalagi penggunaannya juga cukup mudah.

Pertama, iris satu buah lemon. Kemudian, peras di dalam gelas. Perasan ini yang akan dikonsumsi untuk meredakan perut kembung. Air perasan lemon dipercaya mampu membantu mengeluarkan berbagai cairan berlebihan dalam tubuh yang menyebabkan perut kembung.


Rupanya ada banyak cara tradisional yang mampu mengatasi perut kembung. Beragam cara di atas dapat menjadi pilihan jika tidak ingin menggunakan obatan-obatan. Hanya saja, ingat bahwa cara mengobati perut kembung tradisional juga harus disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.