Cara Mengobati Penyakit TBC yang Perlu Anda Ketahui

2 min read

Cara Mengobati Penyakit TBC – TBC tergolong sebagai penyakit berbahaya yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis. Bakteri tersebut bisa membuat kerusakan dalam jaringan tubuh manusia. Cara mengobati penyakit TBC membutuhkan penanganan dokter.

Gejala dari TBC bisa ditandai dengan sesak napas, batuk lebih dari 2 minggu, batuk berdarah, mudah lelah, keringat saat malam hari, demam, nafsu makan berkurang, dan tanda lainnya.

Agar Anda lebih punya gambaran terkait penanganan TBC. Anda bisa simak ulasannya berikut ini.

Cara Tepat Mengobati Penyakit TBC

Cara Mengobati Penyakit BTC
Penyakit TBC | lifestyle.okezone.com

Cara mengobati penyakit TBC membutuhkan terapi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Oleh karena itu, Anda perlu untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat diagnosa dan pengobatan yang benar.

Pasien biasanya akan diresepkan obat khusus TBC yang harus diminum paling tidak selama 6 bulan. Konsumsi obat bisa lebih lama bergantung dari anjuran dokter.

Biasanya obat yang diresepkan untuk diminum dalam keseharian, terdiri dari 3-4 antibiotik. Setelah konsumsi obat selama beberapa minggu, gejala mungkin sudah mulai hilang. Meski demikian, pengobatan harus tetap dilanjutkan.

Jika obat tidak dituntaskan, kemungkinan bakteri penyebab TBC masih ada dalam tubuh. Sisa bakteri dalam tubuh bisa menyebabkan penyakit TBC kambuh kembali dan menyerang bagian tubuh lainnya.

Parahnya lagi, obat TBC yang tidak diminum sampai tuntas bisa membuat bakteri menjadi kebal terhadap obat antibiotik. Jika kondisi tersebut terjadi maka cara mengobati penyakit TBC dengan obat jadi lebih sulit. Minumlah obat TBC sampai selesai. Pemberhentian obat TBC hanya boleh dilakukan atas saran dari dokter.

Cara Menghilangkan Efek Samping Obat TBC

Cara Mengobati Penyakit BTC
Penyakit TBC | hellosehat.com

Efek samping yang mungkin timbul karena konsumsi obat TBC, yaitu telinga berdenging, warna kencing jadi merah, mual, muntah, kesemutan di kulit, dan warna kulit menguning.

Sebagai upaya mengatasi efek samping dari obat. Anda perlu untuk mencatat efek samping yang terjadi pada tubuh Anda selama mengkonsumsi obat TBC. Catatlah setiap reaksi yang Anda alami baik itu ringan ataupun berat.

Setelah itu, konsultasikan dengan dokter tentang efek samping yang terjadi. Informasikan juga pada dokter Anda tentang obat atau suplemen yang Anda minum saat Anda dalam masa pengobatan TBC.

Perhatikan baik-baik saran dari dokter. Lakukan saran tersebut sesuai anjuran dokter. Apabila efek samping masih ada Konsultasikan lebih lanjut pada dokter Anda hingga efek samping menghilang atau dianggap aman oleh dokter.

Penularan Penyakit TBC

Penyakit BTC
Penyakit TBC | beritagar.id

Penyakit TBC memang bisa menular. Kebanyakan penularan terjadi lewat udara. Walaupun penularan tidak akan terjadi dengan mudahnya, tetapi kewaspadaan tetap Anda butuhkan.

Bakteri TBC bisa bertahan dalam di udara selama beberapa jam. Saat bakteri terhirup, tubuh yang punya imunitas yang bagus dapat membunuh bakteri tersebut.

Orang yang paling berisiko untuk terkena penularan TBC adalah mereka yang tinggal atau sering bersama penderita TBC, seperti keluarga, teman kantor, teman satu kelas, dan lainnya.

Kondisi yang terjadi saat menghirup bakteri TBC, yakni bakteri mati karena sistem imun tubuh kuat, bakteri mengendap dalam tubuh dan bisa menyerang saat daya tahan tubuh melemah, dan bakteri langsung menyerang secara aktif.

Apabila Anda sudah terkena TBC dan mengalami gejalanya. Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan, agar tidak bertambah parah.

Selain itu, Anda harus menjaga diri supaya tidak menulari orang lain. Anda harus menggunakan masker, tidak meludah di sembarang tempat, menutup mulut saat bersin atau batuk, dan lainnya.


Kesimpulannya, cara mengobati penyakit TBC membutuhkan bantuan dokter. Jadi, pastikan Anda melakukan pengobatan yang tepat dan menyelesaikan pengobatan sampai selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *