Pahami Gejala dan Cara Mengobati Penyakit Maag Berikut Ini

1 min read

Cara Mengobati Penyakit Maag – Penyakit maag menjadi penyakit yang dipicu oleh beragam hal. Mulai dari stres, pola makan tidak teratur, faktor keturunan, serta berbagai macam hal lain. Jika penyakit maag sudah mulai kambuh, sebaiknya segera atasi dan cari cara mengobati penyakit maag yang dinilai paling ampuh.

Namun sebenarnya, bagaimana cara mengetahui ketika penyakit ini mulai kambuh? Ada beberapa gejala yang muncul saat penyakit maag menyerang. Gejala-gejala tersebut juga wajib diketahui sebagai ‘alarm’ agar penyakit ini dapat segera diatasi.

Gejala-Gejala Penyakit Maag

Ada banyak pemicu penyakit maag. Biasanya, setelah pemicu ini menimbulkan maag, tubuh akan bereaksi dengan menghadirkan gejala-gejalanya. Memang ada banyak gejala yang timbul saat penyakit ini menyerang.

Memahami gejala yang muncul sangatlah penting untuk membuat penderita segera mengatasinya saat maag menyerang. Beberapa gejala yang ada antara lain adalah sebagai berikut.

• Rasa asam atau pahit kerap kali muncul pada penderita penyakit maag. Ini karena asam lambung yang seharusnya berada di perut justru naik kembali ke kerongkongan.

• Mual bahkan disertai muntah menjadi ciri lain yang dapat dilihat dari penyakit ini. Untuk penyakit maag yang lebih parah, kondisi tersebut dapat berlangsung secara terus-menerus.

• Kembung dan nyeri pada bagian ulu hati adalah gejala lain yang muncul. Hal tersebut akan menjadi lebih terasa saat selesai makan atau ketika penderita membungkuk.

Cara Mengobati Penyakit Maag
Cara Mengobati Penyakit Maag | kapsulmetama.com

Cara Mengobati Penyakit Maag

Gejala-gejala penyakit maag sudah diketahui di atas. Ini dapat dijadikan peringatan untuk segera melakukan pengobatan guna mencegahnya bertambah parah. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati penyakit maag yang dapat dilakukan saat penyakit tersebut menyerang.

Penyakit Maag
Cara Mengobati Penyakit Maag | tirto.id

1.Mengonsumsi Obat

Salah satu cara paling cepat mengobati penyakit maag adalah dengan mengonsumsi obat-obatan yang dapat meredakan gejalanya. Ada obatan-obatan tertentu yang dapat membantu untuk mengatasi masalah ini.

Tentunya obat yang dikonsumsi juga harus disesuaikan dengan kebutuhan penderita. Pasalnya, tidak semua penyakit maag memiliki dasar penyebab yang sama. Dalam kasus tertentu, bahkan, obat hanya digunakan sebagai pereda gejala.

Misalnya pada penyakit maag yang disebabkan oleh alkohol, tentu tidak akan serta-merta sembuh hingga ke dasarnya hanya dengan mengonsumsi obat. Penderita juga harus mengurangi bahkan menghentikan konsumsi minuman beralkohol, guna mencegah penyakit kembali datang.

2.Mengatasi dengan Buah Pisang

Ingin mengatasi penyakit mag dengan bahan-bahan alami? Buah pisang dapat menjadi solusinya. Hanya saja, waktu yang diperlukan untuk merasakan efeknya, berbeda dengan ketika mengonsumsi obat.

Cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh khasiat buah ini adalah dengan memotongnya menjadi seperti kripik. Kemudian, jemur hingga kering untuk selanjutnya diubah menjadi bubuk. Lalu, konsumsi secara teratur 2 kali sehari sejumlah 2 sendok yang dicampur madu asli.

3.Gunakan Kacang Hijau

Metode alami lain yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan kacang hijau. Siapa sangka jika biji-bijian yang satu ini dapat membantu untuk mengatasi masalah lambung yang muncul seperti penyakit maag.

Bagaimana memperoleh khasiat dari kacang hijau? Caranya cukup mudah, yaitu dengan memasaknya menjadi bubur kacang hijau dan mengonsumsinya secara teratur tiap pagi serta sore hari. Konsumsi secara teratur untuk memperoleh hasil yang maksimal.


Penyakit mag menjadi penyakit yang tidak dapat diremehkan. Ini karena mag berbahaya jika dibiarkan dan tidak segera diobati. Tiga cara mengobati penyakit maag di atas dapat dilakukan guna meredakan gejala dan juga mengobati penyakit ini.