Cara Mengobati Penyakit Liver dengan Tepat yang Perlu Anda Ketahui

2 min read

Cara Mengobati Penyakit Liver – Penyakit liver merupakan suatu penyakit yang serius. Cara mengobati penyakit liver dapat melibatkan perubahan pola makan dan tindakan medis. Anda perlu untuk mengetahui cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit ini.

Penyakit liver akan makin memburuk jika tidak ada perubahan gaya hidup yang dilakukan. Jika sebelumnya gaya hidup terkesan tidak sehat. Untuk mengurangi tingkat keparahan liver, perlu dilakukan pola hidup sehat.

Perubahan yang bisa dilakukan bisa berupa mengurangi makanan tinggi karbohidrat dan protein. Rajin minum vitamin yang diresepkan dokter. Kurangi konsumsi garam supaya tidak memperburuk pembengkakan liver.

Cara mengobati penyakit liver dengan obat-obatan, sangat bergantung pada penyebab dari sakit liver. Untuk sebab yang berbeda perlu resep obat yang berbeda.

Misalnya, masalah liver berupa hepatitis yang dipicu karena liver memerlukan obat antivirus, sedangkan hepatitis karena autoimun membutuhkan obat untuk mengurangi keaktifan sistem kekebalan tubuh.

Langkah terakhir yang bisa diambil adalah dengan melakukan transplantasi liver. Cara ini hanya dilakukan jika kondisi liver tidak bisa dipulihkan dengan pengobatan lainnya.

Obat Liver Alami Paling Ampuh

penyakit liver
Penyakit Liver | medicalnewstoday.com

Semenjak dahulu, sebelum para nenek moyang mengenal obat medis. Mereka memanfaatkan bahan alami untuk mengobati gangguan kesehatan, termasuk penyakit liver.

Cara mengobati penyakit liver bisa dengan mengkonsumsi temulawak. Tanaman herbal ini mengandung zat curcumin. Zat tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan liver dan melindungi liver Anda dari masalah peradangan.

Daun sambiloto mengandung zat yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Zat dalam tanaman ini bisa membunuh virus, mencegah infeksi, meningkatkan daya tahan tubuh, dan merusak sel tumor. Khasiatnya otomatis juga bermanfaat untuk liver Anda.

Tanaman lain yang berkhasiat untuk liver adalah daun pegangan. Zat dalam tanaman ini baik untuk penderita hepatitis, karena dapat memperbaiki kerusakan liver dan menangkal radikal bebas.

Jika selama penggunaan bahan alami terjadi reaksi yang tidak normal dalam tubuh, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Hal ini disebabkan penggunaan tanaman tersebut secara medis masih belum terbukti keefektifannya.

Gejala Liver Ringan

penyakit liver
Penyakit Liver | health.harvard.edu

Penyakit liver apabila hanya dibiarkan begitu saja bisa berkembang jadi lebih parah. Anda harus lebih waspada dalam memperhatikan kondisi tubuh Anda ketika muncul gejala tertentu yang bisa jadi tanda masalah pada liver.

Gejala liver dalam taraf ringan bisa memunculkan reaksi berupa perut membengkak, muncul lebam, tubuh mudah merasa lelah, rasa sakit di area perut, nafsu makan tiba-tiba menurun, dan perubahan kulit menguning.

Walaupun sebagian besar gejala yang muncul tergolong umum, Anda tidak boleh meremehkan gejala tersebut. Segera lakukan pemeriksaan kesehatan jika Anda mendapati hal tersebut.

Pencegahan Penyakit Liver

Cara mengobati penyakit liver
Penyakit Liver | liverfoundation.org

Supaya organ liver Anda tetap berada dalam kondisi prima Anda bisa melakukan langkah pencegahan. Langkah tersebut efektif menjaga kesehatan liver.

Organ liver memang membutuhkan fruktosa untuk menjalankan fungsinya. Akan tetapi, jumlah fruktosa yang berlebihan bisa menumpuk dalam liver, sehingga mengganggu fungsi liver.

Minuman soda juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan liver Anda. Oleh karena itu, batasi konsumsi soda agar tidak berlebihan.

Makanan mengandung lemak jenuh akan menyebabkan timbulnya tumpukan lemak pada liver. Anda sebaiknya mengurangi konsumsi makanan kemasan, olahan, makanan cepat saji, dan lain sebagainya.

Konsumsi vitamin A memang baik untuk kesehatan. Asalkan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan harian tubuh. Jika vitamin A dikonsumsi dalam jumlah melebihi dosis kebutuhan kemungkinan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan liver.


Setelah membaca tulisan diatas, Anda tentu jadi lebih tahu tentang cara mengobati penyakit liver hingga pencegahannya. Kini Anda bisa menerapkan info ini untuk lebih menjaga kesehatan liver Anda.