Cara Mengobati Penyakit Jantung, Mencegah, dan Gejalanya

2 min read

Cara Mengobati Penyakit Jantung – Sakit jantung merupakan salah satu penyakit tidak menular yang menjadi penyebab kematian terbesar. Menurut WHO, penyakit ini menyebabkan kematian 17,7 juta jiwa per tahun. Berikut ini beberapa cara mengobati penyakit jantung, cara mencegah, dan mengenali gejalanya.

Cara Mengobati Penyakit Jantung

Penyakit Jantung
Penyakit Jantung | biodiscindonesia.com

Serangan jantung merupakan kondisi darurat yang harus cepat ditangani. Untuk penanganan pertama di rumah sakit, penderita diberikan aspirin dengan dosis 300 mg untuk membantu mengurangi risiko serangan lebih lanjut.

Tindakan medis yang dilakukan meliputi pemberian obat untuk mengencerkan gumpalan darah dan operasi untuk mengalirkan darah menuju jantung. Cara mengobati penyakit jantung yang dilakukan disesuaikan dengan parahnya kondisi pasien.

Serangan jantung harus segera ditangani, jika tidak, dapat menimbulkan komplikasi, seperti gagal jantung, aritmia, jantung retak, dan syok kardiogenik hingga kematian.

Cara Mencegah Penyakit Jantung

Cara Mengobati Penyakit Jantung
Penyakit Jantung | hellosehat.com

Mencegah penyakit jantung secara umun dapat dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Inilah cara-cara yang dapat dilakukan untuk mencegah sakit jantung.

1. Perhatikan Gejala yang Muncul

Perhatikan perubahan pada tubuh Anda seperti sesak saat berbaring atau beraktivitas, kesulitan menarik nafas, dan bengkak pada kaki dan tangan. Hal ini perlu diwaspadai oleh orang yang berisiko terkena penyakit jantung untuk berjaga-jaga.

2. Berolahraga Secara Rutin

Olahraga secara rutin dapat membantu meningkatkan kebugaran, menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Idealnya olahraga dilakukan 30 menit sehari, minimal 5 hari dalam seminggu. Anda dapat berjalan kaki, jogging, renang, bersepeda, ataupun senam.

3. Cek Tensi Secara Rutin

Rutin mengecek tekanan darah dapat mencegah sakit jantung. Jika Anda mengalami tekanan darah tinggi, maka risiko sakit jantung dan stroke pun lebih tinggi. Atasi hipertensi agar terhindar dari penyakit jantung.

4. Kurangi Asupan Kolesterol

Kurangi makanan yang mengandung kolesterol jahat tinggi seperti daging yang berlemak, mentega, daging burger, sosis, dan kue berkrim. Batasi konsumsi lemak, gula, dan garam, serta perbanyak konsumsi ikan dan makanan berserat.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak konsumsi air putih dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Perhatikan juga asupan cairan dari makanan seperti kuah sup, agar-agar, dan buah yang mengandung air.

6. Mengelola Stres

Ketika Anda stres, tubuh memproduksi adrenalin yang membuat jantung bekerja lebih keras, sehingga tekanan darah meningkat. Stres akut dapat berujung serangan jantung jika tidak dikelola dengan baik.

7. Berhenti Merokok

Jika Anda merokok, sudah saatnya untuk berhenti agar tidak merusak pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah. Berhenti merokok dan menjauhi paparan asap rokok dapat membantu mencegah sakit jantung.

Gejala Serangan Jantung

Cara Mengobati Penyakit Jantung
Penyakit Jantung | health.uzone.id

Penyakit jantung terdiri atas beberapa jenis, sehingga gejalanya pun berbeda tergantung penyakitnya. Namun, ada gejala umum yang terjadi antara lain:

1. Nyeri Dada

Nyeri dada terjadi saat otot jantung tidak mendapatkan darah yang kaya dengan oksigen. Nyeri yang dirasakan juga menjalar ke lengan, leher, bahu, rahang, sampai punggung.

Sensasi nyeri dapat bertahan selama beberapa hari dengan tingkat keparahan berbeda, tergantung banyaknya plak pada arteri koroner jantung.

2. Detak Jantung Tak Beraturan

Detak jantung tidak teratur atau palpitasi dapat menandakan gejala awal sakit jantung apabila disertai dengan pusing, nyeri dada, sesak napas, dan kehilangan keseimbangan.

4. Sesak Napas

Sesak napas dapat menjadi pertanda awal sakit jantung. Fungsi jantung yang tidak normal dapat berdampak pada kelancaran aliran darah dan memicu sesak napas karena kekurangan oksigen. Sesak napas biasanya terjadi bersamaan dengan nyeri dada dan harus segera ditangani dokter.

4. Pusing

Pusing yang dirasakan seperti kepala berat, badan lemas, dan seperti akan pingsan yang menyertai sakit kepala harus segera Anda periksakan ke dokter jika berlarutan, karena bisa jadi gejala penyakit jantung.


Itulah ulasan tentang cara mengobati penyakit jantung, gejala, dan cara mencegahnya. Semoga bermanfaat bagi Anda.