Cara Mengobati Penyakit Ambeien yang Perlu Anda Ketahui

2 min read

Cara Mengobati Penyakit Ambeien – Ambeien disebabkan karena kebiasaan mengejan yang berlebihan saat buang air besar atau terlalu lama dalam posisi duduk. Cara mengobati penyakit ambeien bergantung tingkat keparahan ambeien yang Anda derita.

Ambeien ada yang bisa sembuh dengan sendirinya namun ada yang membutuhkan pengobatan medis. Pengobatan dilakukan dengan beragam cara.

Pengobatan ambeien eksternal yang disertai gumpalan darah membutuhkan sayatan serta pengeringan sederhana. Prosedur penghilangan gumpalan darah ini paling efektif jika dilakukan dalam kurun waktu 72 jam sejak munculnya gumpalan darah.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan ligasi pita karet. Metode ini dilaksanakan dengan mengikat ambeien sehingga menghentikan aliran darah ke area tersebut. Tanpa adanya aliran darah maka ambeien akan lepas dengan sendirinya.

Ambeien bisa dikecilkan dengan prosedur penyuntikan. Suntikan dilakukan pada area ambeien dengan menggunakan larutan kimia yang khusus.

Cara mengobati penyakit ambeien yang sudah cukup parah yakni dengan melakukan tindakan operasi. Pembedahan bertujuan untuk mengangkat jaringan berlebih atau melakukan stapling pada ambeien.

Cara Menghilangkan Pembengkakan Ambeien

Penyakit Ambeien
Penyakit Ambeien | ambeien-wasir.id

Ada kalanya ambeien akan membengkak dan menyebabkan ketidaknyamanan. Anda yang mengalami hal yang sama, bisa memakai salep untuk mengatasi pembengkakan.

Salep yang bisa digunakan ada beberapa macam pilihan. Salep Phenylephrine sangat bermanfaat untuk mengurangi perih, gatal, bengkak, dan iritasi pada ambeien. Gunakan salep ini sesuai aturan pakainya agar aman digunakan.

Hydrocortisone dalam bentuk salep bisa kebanyakan dijual bebas di apotek. Salep ini akan meringankan rasa gatal, nyeri, serta pembengkakan pada area ambeien. Sebelum mengaplikasikan salep, pastikan tangan dalam keadaan bersih.

Salep kombinasi merupakan salep yang mengandung berbagai zat yang bisa membantu menghilangkan rasa tidak nyaman dan menyempitkan pembuluh darah di area ambeien. Salep ini penggunaannya membutuhkan petunjuk dokter.

Cara Mengobati Ambeien Tanpa Operasi

Cara Mengobati Penyakit Ambeien
Penyakit Ambeien | doktersehat.com

Ada alternatif lain yang bisa dilakukan jika tidak ingin menempuh operasi sebagai penanganan ambeien. Keefektifan pengobatan dengan bahan alami tentu tetap bergantung pada kondisi ambeien serta reaksi tubuh tiap orang.

Yang perlu Anda ingat, dalam beberapa kasus mungkin pengobatan dengan bahan alami cukup efektif namun belum tentu bisa mengobati dengan sempurna. Jika Anda merasakan reaksi yang tidak wajar saat pemakaian ada baiknya Anda pergi ke dokter.

Cara mengobati penyakit ambeien secara alami bisa dengan bawang putih. Bawang putih mengandung antioksidan dan antibakteri.

Penggunaan bawang putih untuk ambeien cukup dengan mengoleskan bawang putih yang sudah dihaluskan ke area ambeien. Serta meminum jus bawang putih. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

Kandungan dalam kulit manggis sangat bermanfaat untuk ambeien. Cara pemakaiannya dengan mengeringkan kulit manggis. Setelah kering kulit manggis direbus. Kemudian air rebusan bisa diminum.

Pantangan Penyakit Ambeien

Penyakit Ambeien
Penyakit Ambeien | hellosehat.com

Anda yang mengalami ambeien ada baiknya Anda menghindari hal-hal tertentu. Anda lebih baik menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi, makanan olahan berbahan susu, makanan rendah lemak, dan lainnya.

Makanan yang tidak sehat akan menghambat pencernaan dan menyebabkan konstipasi. Buang air besar yang tidak lancar merupakan salah satu penyebab masalah ambeien.

Saat Anda ingin buang air besar, jangan ditunda. Penundaan buang air besar bisa memperparah konstipasi dan membuat ambeien jadi makin buruk.

Hindari mengejan terlalu keras. Saat Anda mengejan akan timbul tekanan di area pembuluh darah di rektum. Tekanan ini akan menyebabkan munculnya ambeien.


Berdasarkan yang sudah disampaikan diatas, Anda kini sudah mengerti cara mengobati penyakit ambeien secara medis dan non-medis serta beberapa pantangan yang sebaiknya tidak dilakukan. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!