Pahami Penyebab dan Cara Mengobati Maag Kronis Sebelum Terlambat

1 min read

Cara Mengobati Maag Kronis – Maag menjadi penyakit yang mungkin banyak diderita masyarakat Indonesia. Karena umum diderita, banyak orang seringkali meremehkan mag. Padahal penyakit ini harus segera diatasi sebelum menjadi bertambah parah. Ada beberapa cara mengobati maag kronis yang dapat dilakukan.

Hanya saja, sebelum membahas lebih dalam mengenai cara pengobatannya, harus diketahui dulu penyebab penyakit yang satu ini. Berikut ini adalah faktor-faktor yang dapat memicu terjadinya mag kronis.

Penyebab Maag Kronis

Maag Kronis
Maag Kronis | tirto.id

Mag selama ini sering diabaikan karena dinilai menjadi penyakit umum. Namun jika dibiarkan, ini akan berkembang menjadi penyakit lanjutan. Salah satunya adalah mag kronis. Penyakit yang satu ini disebabkan oleh adanya peradangan yang terjadi pada bagian dinding lambung.

Ini menjadi penyakit yang serius dan tentu saja berbahaya jika tidak segera ditangani. Perlu diketahui bahwa penyakit mag kronis berbeda dengan akut meski gejalanya hampir serupa.

Disebut mag kronis jika penyakit timbul dengan pelan dan dalam jangka waktu yang lebih lama. Sedangkan mag akut akan muncul lebih mendadak serta tidak bertahan dalam waktu lama.

Penyebab keduanya juga berbeda. Biasanya, mag akut disebabkan oleh obat-obat berjenis OAINS (obat-obatan antiinflamasi non-steroid). Sedangkan maag kronis biasanya disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori atau ada penyakit pada sistem autoimun penderita.

Cara Mengobati Maag Kronis

Cara Mengobati Maag Kronis
Maag Kronis | hellosehat.com

Ternyata, terdapat perbedaan pada mag kronis dan akut, ya, termasuk dalam hal penyebabnya. Jika sudah mengerti penyebab dari mag kronis, sekarang saatnya memahami cara mengobati maag kronis sebelum terlambat dan bertambah parah.

Sebenarnya, cara pengobatan mag kronis ini bergantung pada penyebab dari penyakit tersebut. Namun, beberapa cara pengobatan di bawah ini dapat menjadi gambaran umum untuk mengobati mag kronis.

1.Mengonsumsi Obat

Cara yang paling umum digunakan untuk mengatasi mag kronis adalah dengan mengonsumsi obat tertentu. Ada beberapa obat yang dinilai cukup ampuh untuk mengatasi permasalahan mag kronis ini.

Hanya saja, obat yang diberikan memang harus sesuai dengan penyebab dari penyakit mag kronis itu sendiri. Sehingga, obat yang diberikan untuk mag kronis yang disebabkan oleh bakteri, misalnya, akan berbeda dengan obat untuk gangguan yang disebabkan oleh naiknya asam lambung.

Untuk itu, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter untuk memastikan obat yang tepat, jangan asal mendiagnosis diri sendiri. Hal ini guna mengerti permasalahan mag kronis sampai ke akar serta menemukan obat yang tepat.

2.Melakukan Diet dan Menjaga Pola Konsumsi Makanan

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga pola konsumsi serta melakukan diet. Jika selama ini pola konsumsi makanan tidak teratur, sebaiknya perbaiki mulai sekarang sembari melakukan olahraga yang teratur guna memastikan gejala mag kronis ini tidak terulang lagi.

Perbanyak makan sayur serta buah-buahan. Selain itu, jangan lupa untuk konsumsi makanan yang mengandung protein. Sebaiknya, kurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak garam dan lemak, serta tidak mengasup alkohol sama sekali.

3.Menggunakan Probiotik

Selain kedua cara di atas, ada satu cara yang dinilai dapat membantu dinding lambung agar terlindung dari bakteri yang menyebabkan mag kronis. Cara yang dimaksud adalah dengan mengonsumsi makanan probiotik.

Hal ini utamanya mengacu pada makanan yang banyak mengandung Lactobacillus atau Bifidobacterium. Makanan probiotik akan membantu peningkatan fungsi pada dinding lambung. Contohnya adalah yoghurt atau kefir.


Ternyata, maag kronis penyakit yang berbahaya jika dibiarkan serta tidak boleh diremehkan. Untuk itu, sebaiknya segera atasi jika gejala-gejalanya sudah mulai muncul. Beberapa cara mengobati maag kronis di atas adalah langkah-langkah yang dinilai cukup ampuh mengatasi penyakit ini.