Cara Mengobati Kanker Serviks yang Penting buat Para Wanita

2 min read

Cara Mengobati Kanker Serviks – Kanker serviks merupakan suatu penyakit yang berbahaya bagi para wanita. Jika terdeteksi sejak dini tingkat kesembuhannya akan lebih meningkat. Cara mengobati kanker serviks tetap bergantung pada stadium dari kanker yang dialami.

Permasalahannya kanker ini sering muncul tanpa menimbulkan gejala khusus. Jadi, kerapkali kanker diketahui setelah berada di stadium lanjut. Ini tentu sangat berbahaya dan harus segera mendapat penanganan.

Secara singkat kanker serviks diatasi dengan cara melakukan tindakan operasi, yakni dengan operasi histerektomi, eksenterasi panggul, dan trakelektomi radikal.

Histerektomi dilakukan dengan mengangkat leher rahim dan rahim melalui proses pembedahan. Beberapa pasien bahkan mungkin memerlukan pengangkatan tuba falopii dan ovarium, semua bergantung pada tingkat keparahan.

Trakelektomi radikal merupakan prosedur pengangkatan leher rahim dan jaringan yang ada di sekitarnya hingga ke bagian atas vagina, tetapi bagian rahim tidak diangkat.

Eksenterasi panggul adalah suatu tindakan operasi untuk mengangkat semua bagian vagina, rahim, leher rahim, ovarium, tuba falopii, rektum, dan kandung kemih.

Selanjutnya, akan dibahas penanganan untuk kanker serviks stadium 2 dan 4. Serta cara mencegah terjadinya kanker serviks, berikut ini pembahasan lengkapnya.

Pengobatan Kanker Serviks Stadium 2

Cara Mengobati Kanker Serviks
Kanker Serviks | konsultasikelamin.com

Anda perlu memahami kanker pada stadium ini sudah menyebar hingga kebagian luar serviks dan rahim. Akan tetapi, penyebarannya belum mencapai bagian bawah dari vagina atau di dinding panggul.

Pada tahap ini, sel kanker juga belum mengenai kelenjar getah bening di area sekitar maupun ke bagian lain dari tubuh.

Tingkat kesembuhan kanker ini bergantung pada jenis stadium yang dialami penderita. Cara mengobati kanker serviks pada stadium ini meliputi kemoterapi, radioterapi, cryotherapy, dan imun tertarget.

Kemoterapi sering jadi pilihan ketika pasien sudah berada di stadium 2. Kemoterapi dilakukan dengan memakai cisplatin dan suatu jenis fluorouracil sebagai pendukung.

Kemoterapi diperkuat dengan adanya terapi radiasi dengan EBRT dan radiasi frekuensi rendah.

Cryotherapy dilakukan dengan membekukan sel kanker dengan paparan nitrogen, kemudian diangkat. Selain itu, juga dilakukan imun tertarget dengan menggunakan suatu senyawa kimia untuk melemahkan sel kanker.

Pengobatan Kanker Serviks Stadium 4

Kanker Serviks
Kanker Serviks | beritagar.id

Sebagai informasi untuk Anda penanganan dari kanker sangat bergantung pada posisi kanker, kondisi kesehatan serta tingkat keparahan.

Cara mengobati kanker serviks stadium 4A adalah dengan menggunakan kemoterapi dan radioterapi. Kemoterapi akan dilakukan paling tidak seminggu sekali atau lebih bergantung dari diagnosa dokter.

Selain itu, radioterapi eksternal dan internal perlu juga dilakukan. Radioterapi eksternal bisa dilakukan sekitar 5 hari dalam seminggu dengan kurun waktu 5 minggu. Sedangkan radioaktif internal dilakukan di akhir pengobatan.

Pada stadium 4B, kondisi kanker sudah sangat parah. Pada tahap ini kanker sudah menyebar sampai ke pembuluh dan bagian lain dari tubuh.

Pilihan langkah medis yang bisa dilakukan adalah pengobatan paliatif atau kemoterapi. Serta dilakukan terapi radiasi untuk menghambat perkembangan sel kanker. Obat-obatan juga dibutuhkan untuk mendukung proses kemoterapi.

Pencegahan Kanker Serviks

Cara Mengobati Kanker Serviks
Kanker Serviks | babyologist.com

Supaya terhindar dari kanker serviks Anda harus rutin melakukan pemeriksaan pap smear sebagai upaya deteksi dini dan melakukan vaksin HPV untuk mengurangi risiko kanker serviks.

Anda juga bisa menjaga diri dengan tidak merokok. Racun yang terdapat pada rokok dapat menyebabkan timbulnya sel kanker.

Anda disarankan untuk melakukan hubungan intim yang aman. Hal ini bertujuan untuk mencegah penularan virus HPV.

Terakhir, Anda sebaiknya menjaga kebersihan area kewanitaan. Terutama saat menstruasi. Bersihkan area kewanitaan dengan benar dan rajinlah mengganti pakaian dalam serta pembalut.


Demikianlah cara mengobati kanker serviks serta pencegahannya. Terapkan langkah pencegahan dan segera ambil pengobatan jika mendapat diagnosa penyakit ini. Makin cepat kanker serviks diobati maka peluang kesembuhannya jadi lebih besar.