Cara Menghilangkan Sakit Maag Ketika Kambuh

2 min read

Cara Menghilangkan Sakit Maag – Sakit maag memang sangat menyiksa ketika kambuh. Untuk mencegah kambuh, penderita harus menghindari makanan yang menyebabkan produksi asam lambung meningkat. Selain berhati-hati memilih makanan, ada cara menghilangkan sakit maag yang wajib Anda tahu.

Berikut beberapa tips untuk meredakan sakit maag yang Anda derita.

Cara Menghilangkan Sakit Maag

Cara Menghilangkan Sakit Maag
Sakit Maag | alimustikasari.com

1. Batasi Konsumsi Karbohidrat dan Gula

Makanan dan minuman yang mengandung terlalu banyak gula dan karbohidrat merupakan penyebab utama sakit maag. Menghilangkan sakit maag dapat dilakukan dengan diet rendah karbohidrat untuk mengatasi nyeri perut bagian atas.

2. Konsumsi Protein yang Cukup

Protein dan lemak yang cukup dapat membantu menekan keinginan menikmati makanan tinggi gula dan karbohidrat. Dengan mengonsumsi protein lebih banyak, kelebihan asam lambung dalam perut dapat digunakan untuk mencerna protein sehingga tidak naik ke kerongkongan.

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi yaitu daging hewan yang digembalakan, ikan, telur organik, kacang, dan susu jika tidak mengalami intoleran.

3. Batasi Gluten dalam Makanan

Gluten merupakan protein dasar yang dapat dijumpai dalam gandum. Gluten mengandung sejumlah protein kompleks yang sulit dicerna. Diet rendah gluten dapat membantu menghilangkan sakit maag.

Contohnya dengan menghindari roti, pancake, mi, pasta, dan kue yang berbahan dasar gandum. Sebagai gantinya dapat mengonsumsi oatmeal yang dapat menjadikan Anda kenyang.

4. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Fermentasi

Makanan dan minuman fermentasi dapat menyehatkan pencernaan karena mengandung bakteri baik yang bermanfaat. Makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi antara lain acar, kimchi, dan yoghurt tanpa gula.

5. Mengonsumsi Sup Tulang

Sup kaldu tulang dapat menenangkan lapisan saluran pencernaan. Tulang mampu memberikan protein yang sehat karena di dalamnya terdapat mineral, amino, dan gelatin anti inflamasi. Selain sup tulang, Anda juga dapat menyantap sup ikan, ayam tanpa lemak, dan sup makanan laut.

Pertolongan Pertama Pada Sakit Maag

 Sakit Maag
Sakit Maag | jellygamat.strikingly.com

Maag atau gastritis merupakan kondisi ketika asam lambung tinggi dan naik ke esofagus atau kerongkongan sehingga menimbulkan nyeri ulu hati atau rasa seperti terbakar di bagian dada. Pertolongan pertama yang dapat dilakukan ketika maag kambuh, yaitu:

1. Duduk dengan posisi santai antara 35 hingga 45 derajat.

2. Hindari stres untuk mengurangi nyeri ulu hati.

3. Longgarkan pakaian pada area dada dan perut.

4. Bernafas dengan teratur.

5. Minum air hangat sedikit demi sedikit.

6. Hindari minuman yang dapat meningkatkan gas seperti kopi, teh, dan jus.

7. Makan makanan yang lunak seperti bubur, sereal, dan pisang.

Posisi Tidur Saat Maag Kambuh

Cara Menghilangkan Sakit Maag
Sakit Maag | doktersehat.com

Maag dapat kambuh kapan saja. Rasa nyeri dapat menyerang tiba-tiba bahkan ketika malam, saat sedang tidur. Faktor yang dapat mengakibatkan sakit maag kambuh biasanya pola makan yang salah.

Selain itu, ternyata posisi tidur juga dapat memengaruhi kondisi seseorang yang menderita sakit maag. Jika Anda termasuk kerap mengalami gejala nyeri ulu hati dan dada, periksa kembali posisi tidur yang kemungkinan memicu rasa sakit.

1. Hindari Tidur Terlentang

Tidur telentang dapat menyebabkan tekanan pada rongga perut meningkat. Terutama penderita maag yang mengalami obesitas. Tekanan tersebut memicu lambung mengeluarkan isinya. Apalagi jika Anda baru saja makan, hindari posisi tidur seperti ini agar asam lambung tidak naik.

2. Tinggikan Kepala

Meninggikan kepala ketika tidur dapat membantu mengurangi nyeri. Caranya dengan menumpuk bantal untuk menyangga kepala, sehingga posisi kepala lebih tinggi. Ketinggian yang dianjurkan yaitu sekitar 30 derajat untuk mengurangi naiknya asam lambung.

3. Posisikan Tubuh Miring ke Kiri

Tidur menghadap ke kanan dapat menyebabkan relaksasi otot spicther yang membatasi lambung dan esofagus. Hal ini dapat memicu naiknya asam lambung. Maka, sebaiknya Anda tidur dengan posisi miring ke kiri.


Demikian ulasan tentang cara menghilangkan sakit maag yang dapat Anda coba. Langkah-langkah di atas terbukti efektif meredakan nyeri ketika maag kambuh.