Inilah 3 Perspektif Ampuh Cara Menghilangkan Insomnia

2 min read

Cara Menghilangkan Insomnia – Tidur adalah sebuah kenikmatan, tetapi bagaimana jika mata tidak bisa terlelap? Pastilah menjadi “siksaan” tersendiri. Agar terhindar dari siksaan tersebut, artikel ini akan memberikan Anda informasi tentang cara menghilangkan insomnia dari tiga perspektif yang berbeda.

Insomnia sendiri adalah gangguan pada mekanisme tubuh untuk tidur. Pada waktu yang semestinya tubuh beristirahat, penderita insomnia malah mengalami kesulitan dan otak tetap sadar meski tubuh dalam posisi tidur.

Adapun penyebab insomnia dapat berupa gangguan medis dan psikologis. Dari sisi medis, insomnia dapat menjadi efek samping dari penyakit lain, seperti nyeri yang kronis. Permasalahan kejiwaan seperti stres, depresi, gelisah juga dapat menjadi penyebab insomnia secara psikologis.

Mengatasi Insomnia dengan Makanan

Ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu mengatasi insomnia karena mengandung zat-zat tertentu yang membantu memperbaiki mekanisme tidur. Berikut adalah beberapa contohnya:

1. Susu

Cara Ampuh Menghilangkan Insomnia

Segelas susu hangat akan memberi Anda kenikmatan tidur. Kekayaan kalsium pada susu membantu tubuh memproduksi hormon tidur yang disebut melatonin.

2. Pisang

Cara Menghilangkan Insomnia

Pisang juga sangat bermanfaat untuk membantu penderita insomnia mendapatkan kualitas tidurnya. Kandungan triptofan, kalium, dan magnesium membuat otot tubuh merelaks sehingga memudahkan proses tidur.

3. Telur

Cara Menghilangkan Insomnia

Protein yang kaya pada telur dapat membantu tubuh untuk menjaga gula darahnya tetap stabil. Hal ini akan membuat tubuh lebih santai sehingga tidur lebih lelap. Untuk mendapatkan manfaat terbaik, padukan telur dengan roti gandum saat makan malam.

4. Salmon

Cara Ampuh Menghilangkan Insomnia

Salmon dapat membantu otak lebih relaks melalui kandungan Omega-3 yang dimilikinya. Selain itu, terdapat pula Vitamin B6 yang membantu penderita insomnia tidur nyenyak sepanjang malam.

Cara Menghilangkan Insomnia Berat

Beberapa orang mengalami insomnia pada level kronis atau berat. Mereka sudah mengalami insomnia lebih dari tiga bulan. Umumnya mereka baru bisa tidur di atas jam 2 malam dan cepat terbangun kembali.

Jika Anda juga mengalami kasus seperti ini, segeralah konsultasi ke psikiater atau ahli kejiwaan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan diagnosa yang tepat. Psikiater biasanya akan melakukan terapi terlebih dahulu, sedangkan memberikan obat tidur adalah opsi terakhir.

Untuk mendapatkan diagnosa terbaik, psikiater membutuhkan kerjasama dari pasien.Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk menjadi pasien yang kooperatif:

1. Terbuka

Cara Menghilangkan Insomnia

Gangguan tidur yang kronis biasanya juga dipicu karena kegelisahan. Karenanya Anda perlu terbuka untuk menceritakan apa yang membuat gelisah. Mengobati penyebabnya akan mempermudah pengobatan insomnia.

2. Mengubah Mindset

Cara Menghilangkan Insomnia

Pada kasus ini adalah pola pikir terhadap kecukupan waktu tidur. Saat terapi, psikiater mungkin akan memberikan target waktu tidur lebih sedikit dari standar umum. Mengubah pola pikir akan sangat membantu Anda untuk mengurangi kecemasan karena waktu tidur yang tidak sama dengan kebanyakan orang.

3. Patuh Menjaga Jadwal Tidur

Cara Menghilangkan Insomnia

Pada masa terapi, psikiater juga akan membuatkan jadwal tidur untuk Anda. Jika ingin sembuh dari insomnia berat, paksakan diri Anda untuk patuh mengikuti jadwal tersebut.

Mengatasi Insomnia Menurut Islam

Cara Menghilangkan Insomnia

Islam memiliki cara jitu untuk mengatasi kesulitan tidur. Menurut ajaran Islam sebagaimana disampaikan oleh Rasulullah Muhammad saw, insomnia dapat disembuhkan dengan berdoa memohon perlindungan dari Allah ta’ala dengan bersungguh-sungguh.

Hal tersebut disampaikan dalam Hadis Rasulullah yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dan Ath-Thabrani dari Buraidah ra. Pada hadis tersebut dikisahkan sahabat Nabi, Khalid bin Walid mengalami insomnia kemudian mengadukannya pada Nabi.

Rasulullah pun menjawab aduan Khalid dengan memintanya berdoa “Ya Allah, Tuhan langit-langit tujuh dan apa yang dinaunginya, Tuhan bumi-bumi tujuh dan apa yang dimuatnya, Tuhan setan-setan dan apa yang menyesatkannya, jadilah Engkau pelindung untukku dari kejahatan makhlukMu semuanya. Salah satu dari mereka menyepelekanku dan menzalimiku, Mahaperkasa perlindunganMu dan Mahaagung pujianMu dan tiada Tuhan selainMu”.


Demikianlah cara menghilangkan insomnia dari tiga perspektif yang berbeda. Apapun cara yang Anda pilih, ingatlah bahwa motivasi dari dalam diri adalah faktor penentu keberhasilan yang signifikan. Semangat dalam diri untuk sembuh adalah obat paling mujarab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *