5 Cara Mengeluarkan Angin di Perut Ini Dijamin Efektif

2 min read

Cara Mengeluarkan Angin di Perut – Perut yang begah atau kembung memang menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Penyebab perut kembung ini sendiri adalah gas yang menumpuk di dalam perut. Untuk itu, gas atau angin tersebut harus segera dikeluarkan. Ada beberapa cara mengeluarkan angin di perut yang dijamin ampuh.

Cara-cara tersebut dapat dicoba untuk mengatasi masalah perut kembung yang menyerang. Di sini akan dibahas lima cara yang dinilai cukup efektif untuk segera mengeluarkan angin yang bertumpuk di dalam perut.

Ragam Cara Mengatasi Gas dalam Usus

Cara Mengeluarkan Angin di Perut
Cara Mengeluarkan Angin di Perut | hellosehat.com

Memang rasa tidak nyaman yang hadir saat perut kembung cukup mengganggu. Untuk itu baiknya segera keluarkan ‘angin’ yang bertumpuk di perut sesegera mungkin. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan hal-hal berikut ini.

1.Mengompres dengan Air Hangat

Hal pertama yang dapat ditempuh untuk mengatasi gas dalam perut adalah dengan melakukan kompres air hangat. Pertama harus disiapkan lebih dahulu kompres atau botol yang telah diisi dengan air hangat atau panas.

Setelah botol atau kompres siap, maka letakkan pada bagian perut. Ini akan membantu meredakan tekanan yang ada. Panas dari kompres tersebut ternyata dapat membuat gas yang ada di dalam perut untuk keluar. Tentunya ini akan dapat membantu mengatasi masalah kembung.

2.Menggunakan Bawang Putih

Cara Mengeluarkan Angin di Perut
Bawang Putih untuk Mengeluarkan Angin di Perut | doktersehat.com

Bawang putih selama ini banyak digunakan sebagai bumbu di berbagai masakan. Akan tetapi, tahukah Anda jika ternyata bawang putih cocok digunakan untuk membantu meredakan sakit perut akibat begah atau kembung?

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengambil khasiat bawang putih ini. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi sup bawang putih. Ini dapat membantu meredakan saluran pencernaan yang terdapat tumpukan gas.

Selain itu, konsumsi bawang putih secara langsung juga dapat membantu mengatasi masalah ini. Hanya saja, perlu diingat saat ingin menyembuhkan begah atau kembung yang menyerang, gunakan bawang putih tanpa campuran bahan lain. Jadi, khasiat yang ada akan segera terasa.

3.Konsumsi Obat

Cara mengeluarkan angin di perut yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi obat. Ada beberapa obat yang dapat membantu mengatasi masalah angin yang menumpuk di perut ini. Salah satunya adalah antasida.

Obat yang satu ini cukup ampuh untuk mengatasi perut begah. Selain itu, antasida juga dapat membantu mengatasi mag. Jadi saat asam lambung naik obat ini juga siap menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan.

4.Melakukan Gerakan Garland Pose

Ada satu gerakan yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi masalah angin yang menumpuk di dalam perut. Gerakan yang dimaksud adalah Garland Pose. Untuk melakukan gerakan ini cukup mudah, selain itu dinilai efektif membantu mengeluarkan gas.

Cara melakukan gerakan ini adalah dengan berdiri dan melebarkan kaki. Tempatkan posisi tangan seperti posisi berdoa. Lalu, tekuk lutut sampai pada posisi jongkok sembari mengembuskan napas. Jangan lupa menjaga posisi siku tangan tetap ada di atas lutut serta punggung yang lurus.

Lakukan gerakan tersebut selama beberapa saat. Tunggu hingga gas terasa mulai dilepaskan. Ingat untuk tetap melakukan gerakan ini dengan hati-hati, ya.

5.Memanfaatkan Adas

Adas ternyata sudah banyak terbukti dapat membantu untuk mengatasi masalah pada pencernaan. Tentu saja salah satunya adalah membantu untuk mengeluarkan ‘angin’ yang terperangkap di dalam perut. Untuk memperoleh manfaatnya caranya cukup mudah.

Pertama, siapkan satu sendok teh biji adas. Konsumsi setelah makan. Selain dikonsumsi langsun,g dapat pula diseduh seperti teh. Minum saat sudah dingin.


Angin yang menumpuk di perut ini memang cukup mengkhawatirkan. Beberapa cara mengeluarkan angin di perut di atas dapat membantu untuk mengatasi hal tersebut. Hanya saja sebaiknya, selain melakukan hal-hal di atas mencegah angin yang menumpuk kembali juga penting, lho.