7 Cara Mengatasi Susah Tidur yang Aman dan Cepat

2 min read

Cara Mengatasi Susah Tidur – Sulit tidur atau insomnia sangatlah mengganggu. Tubuh jadi tidak bugar, wajah tampak lesu, aktivitas pun jadi kacau. Ingin tahu cara mengatasi susah tidur secara alami? Baca artikel ini hingga selesai.

7 Tips Mengatasi Sulit Tidur tanpa Obat

Cara Mengatasi Susah Tidur yang Aman

Ada banyak cara mengatasi sulit tidur tanpa harus mengonsumsi obat kimia. Anda bisa mencoba 7 tips berikut ini untuk mengatasi insomnia ringan yang dialami.

1. Ketahui penyebabnya

Sebelum menentukan cara mengatasinya, ketahui lebih dahulu penyebab Anda sulit tidur. Penyebab yang berbeda tentu membutuhkan penanganan yang berbeda.

2. Jangan makan berat menjelang tidur

Makan malam sebaiknya dilakukan 3-4 jam sebelum waktu tidur. Jika menjelang tidur merasa lapar, Anda bisa mengonsumsi makanan ringan, seperti biskuit dan buah, atau minum susu.

3. Kurangi konsumsi kafein dan alkohol

Kafein dan alkohol membuat tubuh selalu terjaga. Kurangin minuman berkafein, seperti kopi, dan minuman beralkohol agar Anda bisa tidur nyenyak.

4. Jauhkan gawai

Bermain game atau mengecek media sosial menyebabkan otak menjadi fokus dan tubuh serta pikiran kurang rileks. Hentikan kebiasaan tersebut untuk mendapatkan tidur berkualitas.

5. Ciptakan suasana kamar yang nyaman

Cahaya temaram atau gelap, tidak berisik, dan suhu yang sejuk adalah kondisi terbaik agar Anda tidur dengan nyenyak. Gunakan kasur yang tepat serta jaga kebersihan dan kerapian kamar tidur.

6. Menulis jurnal

Tuangkan beban pikiran yang membuat sulit tidur dalam sebuah jurnal dan buatlah daftar kegiatan dan pekerjaan yang harus diselesaikan esok hari.

7. Lakukan aktivitas pengantar tidur

Lakukan rutinitas pengantar tidur, seperti mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik lembut, atau mengatur pernapasan.

Bahan Makanan untuk Obati Susah Tidur Ringan

Cara Mengatasi Susah Tidur

Daripada minum obat kimia, ada cara mudah dan enak untuk mengatasi susah tidur, yaitu dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini.

a. Pisang

Pisang mengandung melatonin, magnesium, dan triptofan. Ketiganya bermanfaat untuk mengatur jam biologis tubuh, meredakan ketegangan fisik, dan memberi efek menenangkan.

b. Susu

Susu juga mengandung triptofan yang membantu Anda merasa lebih tenang dan santai sehingga lebih mudah tertidur.

c. Havermut

Bubur havermut kaya akan serat sehingga Anda bisa tidur nyenyak. Makanlah bubur havermut menjelang tidur dan tambahkan sedikit susu untuk merangsang kantuk.

d. Ikan

Beberapa jenis ikan, seperti salmon dan tuna, mengandung vitamin B6 yang dibutuhkan dalam pembentukan melatonin yang merangsang rasa mengantuk.

e. Sayuran

Sulit tidur bisa disebabkan kekurangan kalsium. Mengonsumsi sayuran yang tinggi kalsium tinggi, seperti kale, bisa menjadi salah satu cara mengatasi susah tidur yang patut dicoba.

f. Kiwi

Ngemil buah kiwi sebelum tidur akan membantu Anda cepat mengantuk karena buah ini juga mengandung vitamin C, E, serotonin, dan folat.

g. Makanan dari kedelai

Isoflavon dalam kedelai dapat meningkatkan serotonin yang mengatur jam tubuh. Makan minimal dua porsi kedelai setiap hari akan membantu Anda tidur lebih lama dan berkualitas.

Kumpulan Obat Tradisional Susah Tidur

Cara Mengatasi Susah Tidur yang Aman

Anda tentu tidak menginginkan efek samping akibat minum obat tidur. Anda bisa menggantinya dengan minum obat tradisional menjelang tidur untuk mengatasi insomnia.

1. Teh chamomile

Aroma harum dan kandungan zat yang ada di dalam teh chamomile membuat pikiran jadi rileks sehingga Anda lebih mudah tidur. Minumlah teh ini menjelang tidur.

2. Madu

Minum satu sendok madu sebelum tidur akan membantu Anda merasa lebih hangat dan tidur lebih nyenyak.

3. Bawang putih

Ambil 1 siung bawang putih mentah, kupas dan potong kecil-kecil atau langsung dikunyah. Lakukan secara rutin menjelang tidur.

4. Bunga adas

Ambil bunga adas secukupnya, cuci bersih, lalu rebus sampai mendidih. Setelah hangat, minumlah air rebusan tersebut sebelum tidur.


Ternyata, banyak cara mengatasi susah tidur yang bisa Anda lakukan tanpa harus mengonsumsi obat kimia. Namun, jika gejala insomnia terus dirasakan dan semakin parah, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab sebenarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *