Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Batuk

1 min read

Cara Mengatasi Sesak Nafas – Sesak nafas terjadi karena paru-paru tidak mendapatkan pasokan udara yang cukup. Kesulitan nafas tidak hanya terjadi karena asma, melainkan juga batuk. Cara mengatasi sesak nafas karena batuk bisa Anda dapatkan dari ulasan berikut.

Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Batuk

Sesak Nafas
Sesak Nafas Karena Batuk | hellosehat.com

Batuk berdahak dapat menimbulkan sesak napas, mengatasinya dapat dilakukan dengan cara alami tanpa obat. Mengatasi sesak napas bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut.

1. Oleskan dengan Minyak Kayu Putih

Oleskan dengan minyak kayu putih pada seputar dada untuk menghangatkan tubuh dan menjadikan pernafasan lebih lega.

2. Gunakan Uap Panas

Sediakan air panas dalam wadah, tambahkan dengan minyak kayu putih. Ketika sesak nafas, Anda dapat menggunakan uap panas tersebut untuk melegakan.

3. Perhatikan Posisi Tidur

Tidur telentang baik untuk menjaga jantung agar dapat memompa darah dengan lancar dan menjadikan saluran pernapasan normal.

4. Hindari Kafein, Rokok, dan Alkohol

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk yaitu dengan menghindari konsumsi kafein, karena kafein dapat menyumbat pernafasan jika berlebihan. Di samping itu, hindari juga rokok dan minuman beralkohol.

5. Hindari Aktivitas Berat

Jauhi aktivitas berat ketika batuk agar tubuh tidak kelelahan. Aktivitas berat dapat menekan saraf, otot, dan pembuluh darah di sekitar dada sehingga memicu sesak nafas.

Cara Mengatasi Sesak Nafas pada Malam Hari

Cara Mengatasi Sesak Nafas
Sesak Nafas Karena Batuk | id.pinterest.com

Sesak nafas di malam hari dapat mengganggu istirahat. Berikut cara mengatasinya.

1. Berbaring Santai

Posisikan tidur miring sambil bernapas seperti biasa. Letakkan bantal di antara kedua kaki atau posisikan sebagai penopang kepala. Luruskan punggung dan telentang dengan posisi kepala yang lebih tinggi, tekuk kedua lutut dan letakkan bantal di bawah lutut.

2. Duduk Agak Membungkuk

Jika berbaring belum dapat meredakan sesak nafas, duduklah di kursi dengan telapak kaki di lantai. Majukan dada ke depan dengan sedikit membungkuk. Dengan posisi ini, gunakan tangan untuk menahan dagu. Duduk dalam posisi ini pernafasan perlahan akan semakin lancar.

3. Menggunakan Kipas Angin

Udara sejuk dari kipas angin dapat membantu meredakan sesak napas secara alami. Hadapkan wajah Anda pada kipas angin yang menyala. Pastikan kipas angin bersih dan tidak berdebu.

4. Berdiri dan Bersandar di Dinding

Berdiri dan bersandar di dinding dengan posisi tegak lurus dan tubuh relaks mampu membantu memperlancar pernapasan Anda.

Lebarkan kaki hingga sejajar dengan bahu, posisikan tangan di sisi tubuh. Setelah merasa relaks, condongkan tubuh sedikit ke depan, agar otot bahu dan leher lebih santai.

5. Gunakan Inhaler

Gunakan inhaler dengan menghirupnya agar pernapasan lebih lega. Inhaler dapat membantu melegakan sesak napas karena batuk ataupun asma.

Obat Sesak Nafas Alami Paling Ampuh

Sesak Nafas
Sesak Nafas Karena Batuk | magazine.job-like.com

Di samping teknik di atas, Anda dapat memanfaatkan obat-obatan alami yang ampuh untuk mengatasi sesak napas antara lain adalah sebagai berikut.

1. Bawang Putih

Zat anti inflamasi di dalam bawang putih mampu mengatasi berbagai penyakit, termasuk sesak napas.

2. Jahe

Jahe dapat mengurangi peradangan sehingga dapat dijadikan obat mengatasi sesak napas karena asma ataupun batuk.

3. Kunyit

Kunyit mempunyai sifat anti alergi dan anti inflamasi yang dapat mengatasi peradangan.

4. Madu

Madu dapat mengatasi batuk dan flu. Campurkan madu dengan air hangat untuk mengatasi iritasi pada tenggorokan, dan sesak napas karena asma.


Itulah cara mengatasi sesak nafas karena batuk dengan langkah yang mudah diikuti dan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Semoga informasi ini cukup membantu.