Cara Mengatasi Perut Kembung Aman Tanpa Obat

2 min read

Cara Mengatasi Perut Kembung – Ketika perut terasa kembung, biasanya orang akan segera mencari obat untuk mengatasinya. Padahal, ada banyak cara lain untuk mengatasi perut kembung yang aman dan cepat. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Gerakan Mengatasi Perut Kembung

Olahraga memperlancar aliran darah ke organ pencernaan sehingga proses pencernaan berjalan baik. Tak butuh waktu lama, cukup luangkan waktu 5 menit setiap hari untuk melakukan olahraga berikut ini.

a. Kardio

Cara Aman Atasi Perut Kembung

Gerakan kardio akan merangsang kontraksi otot usus sehingga memperlancar pengeluaran gas penyebab kembung. Gerakan kardio yang bisa dilakukan adalah jalan cepat, jogging, bersepeda, dan berenang.

b. Yoga

Cara Mengatasi Perut Kembung

Melakukan beberapa gerakan yoga selama 5 menit juga bermanfaat untuk mengatasi perut yang kembung, yaitu:

Cat-Cow

Ambil posisi merangkak, dorong tulang belakang ke atas sambil membuang napas dan menunduk selama 10 detik. Lakukan gerakan ke arah berlawanan.

Torso Twist

Duduklah sambil menekuk lutut, angkat kaki ke arah dada, satukan kedua telapak tangan di depan dada. Putar badan ke arah kiri sampai siku kanan menyentuh lutut kiri, kemudian sebaliknya.

Extended Triangle Pose

Buka kedua kaki dengan jarak 3-4 langkah. Sentuhkan tangan kanan ke telapak kaki kanan dan angkat tangan kiri lurus ke atas. Tahan selama 15 detik, lalu lakukan gerakan sebaliknya.

Sphinx Pose

Ambil posisi tengkurap, dorong tubuh dengan telapak tangan hingga tulang belakang terangkat. Tahan selama beberapa detik, ulangi sebanyak 5 kali.

Extended Puppy Pose

Ambil posisi merangkak, arahkan tangan ke depan. Tarik tubuh ke arah belakang sampai kepala menyentuh lantai, tahan selama 30-60 detik.

Cara Mengatasi Perut Kembung dengan Pijatan

Cara Mengatasi Perut Kembung

Metode akupresur juga bisa diterapkan untuk mengobati perut kembung. Caranya, tekan dengan lembut tiga titik akupresur: di atas pusar, di samping kanan dan kiri pusar kira-kira selebar tiga jari tangan, dan tepat di bawah pusar. Lakukan selama 3 menit, lalu pijat lembut atau gosok dengan gerakan memutar searah jarum jam selama beberapa saat.

Anda juga bisa melakukan pijatan pada beberapa bagian tangan dan kaki, yaitu:

  • cekungan di antara ibu jari dan telunjuk
  • bagian dalam telunjuk kanan di tengah-tengah ruas pertama
  • di atas cekungan telapak kaki ke arah dalam
  • di atas mata kaki kanan bagian dalam

Cara Mengatasi Perut Kembung karena Masuk Angin

Cara Mengatasi Perut Kembung

Salah satu gejala masuk angin yang paling sering dirasakan adalah perut kembung. Masuk angin dapat diatasi dengan tiga cara mudah tanpa harus minum obat, yaitu:

• Perbanyak minum air putih karena tubuh sedang membutuhkan banyak cairan agar semua organ bekerja dengan baik.
• Makan makanan yang bergizi, terutama makanan berkuah hangat dan penuhi kebutuhan vitamin C dan E serta beberapa mineral.
• Istirahat yang cukup agar beban tubuh berkurang dan dapat melawan infeksi dengan cepat.

Cara Mengatasi Perut Kembung karena Maag

Cara Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung akibat maag bisa diatasi dengan obat yang mengandung antasida. Namun, konsumsi antasida yang berlebihan juga bisa berbahaya bagi tubuh. Lebih baik, atasi dengan mengonsumsi bahan-bahan alami, seperti:

  • Pisang: Kandungan kaliumnya mampu menyeimbangkan asam lambung dan meningkatkan produksi lendir dalam perut.
  • Susu segar: Kalsium pada susu membantu menurunkan asam lambung dan meningkatkan pH saluran pencernaan.
  • Jahe: Mengandung zat khusus yang mengatasi sakit perut akibat asam lambung tinggi.
  • Apel: Menurunkan produksi asam lambung.
  • Teh hangat: Teh hitam, teh hijau, atau teh melati mengandung senyawa khusus yang mengurangi asam lambung secara cepat.
  • Makanan yang mengandung vitamin B: Hati, kacang-kacangan, bayam, ikan salmon, tuna, dan sarden.

Perut kembung menyebabkan rasa sakit dan tak nyaman sehingga sangat mengganggu aktivitas. Karena itu, meskipun banyak cara untuk mengatasi perut kembung, jauh lebih baik jika Anda mencegahnya. Caranya adalah dengan memperbaiki pola makan dan gaya hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *