Cara Mengatasi Perut Kembung karena Maag Secara Tradisional

1 min read

Cara Mengatasi Perut Kembung karena Maag – Penyebab terjadinya perut kembung sangat beragam. Mulai dari maag, hingga suatu kondisi yang lekat di masyarakat dengan sebutan ‘masuk angin’. Nah, artikel ini akan membahas cara mengatasi perut kembung karena maag.

Umumnya, orang mengalami perut kembung akan merasakan perut begah yang disertai rasa mual, ingin muntah, sering buang angin dan sendawa. Hal tersebut tentu akan menimbulkan ketidaknyamanan dalam menjalani aktivitas.

Apabila hal itu terjadi pada Anda, jangan terburu panik karena sejumlah cara menghilangkan perut kembung karena maag dapat dipelajari disini supaya Anda bisa mempraktekkan dan membuktikan sendiri efektivitasnya.

Cara Mengatasi Perut Kembung Karena Maag

Maag
Cara Mengatasi Perut Kembung karena Maag | dindin.id

1. Teh Jahe

Siapkan secangkir air, jahe 1 inci, dan madu sebagai pemanis tambahan. Rebuslah jahe bersama secangkir air tadi dan tunggu kurang lebih 5 menit sebelum Anda saring dan menambahkan madu.

Segeralah minum ketika masih hangat; sehari 3 kali adalah lebih baik. Terlepas mewaspadai efek samping jahe, rempah ini begitu aman bagi para penderita penyakit mag.

2. Air Lemon

Cara Mengatasi Perut Kembung karena Maag

Ada yang telah membuktikan bahwa lemon adalah buah yang mengandung vitamin C tinggi dan mampu mengurangi penyakit mag.

Lalu, sediakan sesendok teh jus lemon yang dicampurkan ke dalam segelas air hangat. Bisa dikonsumsi setiap hari (khususnya setiap pagi sekali) dengan menambahkan madu secukupnya.

3. Pisang

Untuk menghilangkan perut kembung yang disebabkan oleh penyakit mag, cobalah dengan rutin untuk mengonsumsi buah pisang 1–2 buah saja setiap harinya.

Pisang dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan serat dan kalium dan merupakan buah yang baik dalam mengatasi serta mencegah perut kembung.

4. Minum Jus Aloe Vera

Maag
Cara Mengatasi Perut Kembung karena Maag dengan jus Aloe Vera | hellosehat.com

Metode selanjutnya penghilang alami perut kembung yang disebabkan oleh mag adalah minum jus aloe vera. Cobalah untuk mengonsumsi setiap hari 2 kali, ¼ hingga ½ cangkir jus aloe vera atau lidah buaya.

Aloe vera mengandung antiinflamasi, tentunya efek inilah yang akan menghilangkan kembung serta iritasi di perut.

5. Mengonsumsi Yoghurt

Dengan mengonsumsi yoghurt tawar atau sering disebut plain yoghurt secangkir saja dapat mengatasi perut kembung karena mag.

Cukup hanya dengan konsumsi 1 cangkir sehari karena yoghurt akan meningkatkan bakteri baik untuk melawan bakteri jahat di dalam tubuh Anda. Yoghurt merupakan probiotik alami yang akan mengatasi gangguan pencernaan pada lambung sekalipun.

6. Menggunakan Minyak Peppermint

Jika Anda dapat dengan mudah memperoleh minyak peppermint, campurkanlah sebanyak 4 tetes bersama dengan 2 sendok teh minyak zaitun atau minyak kelapa, kemudian bisa dijadikan obat oles.

Oleskan pada perut yang kembung sehari cukup sekali untuk merelakskan otot-otot usus dan menjadikan rasa kembung cepat hilang.

7. Minum Cuka Apel

Tidak semua orang cocok dengan cuka apel dengan rasa asam ini.

Ada beberapa orang yang telah membuktikan bahwa cuka apel pun cukup baik untuk penderita mag, sehingga tak ada salahnya untuk mencobanya. Dengan mengonsumsi campuran sesendok makan cuka apel dalam segelas air hangat.

8. Minum Air Baking Soda

Banyak yang menyarankan bahwa baking soda mampu membantu menyembuhkan penyakit mag meskipun tetap harus mewaspadai bahaya baking soda karena efek samping jika berlebihan.

9. Minum Teh Kamomil

Teh kamomil bukan sekadar mengatasi stres dan menghilangkan ketegangan pada tubuh. Meminum teh ini 3x sehari dapat menangani gangguan pencernaan, bahkan gangguan pada lambung.

Dengan memasukkan sesendok teh daun kamomil kering ke dalam secangkir air panas yang dan seduh selama 10 menit lalu saring.