Cara Mengatasi Perut Kembung yang Mudah Dilakukan di Rumah

1 min read

Cara Mengatasi Perut Kembung – Perut kembung bisa terjadi karena beberapa kondisi. Umumnya terjadi ketika saluran pencernaan terisi oleh gas yang berlebih. Perut kembung bisa menimbulkan rasa nyeri, tidak nyaman, dan membuat perut terasa menggembung. Cara mengatasi perut kembung dapat dilakukan dengan menggerakkan badan, pijat, ataupun dengan konsumsi bahan-bahan alami.

Gerakan Mengatasi Perut Kembung

Cara Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung dapat diatasi dengan olahraga. Gerakan fisik dapat memperlancar gerakan usus sehingga mencegah gas tertimbun di dalam perut. Olahraga juga dapat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh termasuk organ pencernaan sehingga sistem dapat berjalan lancar.

Gerak badan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kembung yaitu olahraga kardio selama 5 menit setiap hari. Kardio mampu meningkatkan denyut jantung, pernapasan, dan merangsang kinerja otot serta saraf.

Kardio juga mampu merangsang kontraksi alamiah usus sehingga pengeluaran makanan menjadi lancar dan membantu mengeluarkan gas yang menyebabkan rasa sakit.

Olahraga kardio yang dapat dilakukan misalnya jogging, jalan cepat, renang, dan bersepeda. Jika baru memulai Anda dapat melakukan gerakan mengatasi perut kembung selama 5-10 menit per hari, jika sudah terbiasa, lakukan selama sekitar 30 menit per sesi antara 3-5 kali seminggu.

Cara Mengatasi Perut Kembung dengan Pijatan

Cara Mengatasi Perut Kembung

Ketika mengalami nyeri perut dan kembung, Anda dapat melakukan pijatan di bagian tubuh tertentu untuk mengatasinya. Teknik pijat akupresur yang telah dipraktikkan oleh orang Tiongkok selama ribuan tahun cukup efektif untuk menghilangkan rasa tidak nyaman di perut.

Untuk melakukan teknik pijatan ini, temukan titik di bagian perut yang terasa sakit. Kemudian letakkan dua ijari di bawah pusar. Kemudian mulai lakukan pijatan selama satu menit. Pijat dengan sedikit tekanan, tetapi dengan gerakan yang lembut.

Pijatan pada titik tersebut dapat menghilangkan rasa sakit pada perut dan punggung bagian bawah. Tak hanya mampu mengeluarkan gas penyebab kembung, pijatan ini juga efektif mengatasi sembelit dan mengurangi nyeri perut.

Cara Mengatasi Perut Kembung Masuk Angin

Perut kembung dapat diakibatkan oleh masuk angin setelah perjalanan jauh atau karena terkena hujan. Cara mengatasi perut kembung masuk angin cukup mudah. Redakan perut kembung dengan meminum beberapa ramuan dari bahan alami berikut, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat-obatan.

1. Jahe

Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung

Jahe memiliki khasiat menghangatkan tubuh sehingga terasa lebih nyaman. Jahe dapat dikonsumsi dengan cara dibakar kemudian dikeprek. Setelah itu, dapat dicampurkan pada susu, teh, atau diseduh dengan air panas dengan tambahan sedikit gula. Minum air jahe dalam keadaan hangat agar cepat terasa khasiatnya.

2. Ubi merah

Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung

Air rebusan ubi merah dapat menghalau perut kembung. Caranya, rebus ubi merah bersama gula jawa, cengkeh, jahe merah, kayu manis, dan kepulaga. Setelah mendidih, saring dan tunggu hingga hangat sebelum diminum.

3. Daun pepaya

Cara Mengatasi Perut Kembung

Untuk mengatasi perut kembung, rebus daun pepaya dengan air secukupnya. Kemudian ambil air rebusan dan tambahkan madu agar rasa pahitnya tidak begitu terasa. Minumlah dalam keadaan hangat.

Di samping mengonsumsi ramuan alami tersebut, lakukan rawatan dari luar dengan menggosokkan minyak gosok atau minyak kayu putih pada perut. Memperbanyak minum air putih, banyak bergerak, dan menyantap sup hangat juga bisa membantu menyembuhkan perut kembung.


Demikianlah beberapa cara mengatasi perut kembung yang sangat mudah dipraktikkan di rumah. Perut kembung biasa dapat membaik dengan sendirinya jika tidak diakibatkan dari kondisi yang serius.

Namun, jika kembung yang disertai nyeri perut yang tidak segera sembuh, demam tinggi, muntah, dan berat badan menurun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *