Ragam Cara Mengatasi Perut Begah Ini Dijamin Ampuh

2 min read

Cara Mengatasi Perut Begah – Perut begah atau yang biasa dikenal dengan kembung memang cukup mengganggu karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkannya. Bagi yang mengalami perut begah, tentu ingin segera mengatasi hal ini. Sebenarnya, ada beberapa cara mengatasi perut begah yang ampuh.

Ragam cara ini dijamin akan membantu membuat perut yang begah segera teratasi. Lalu, ada cara apa saja yang sebenarnya dapat ditempuh saat mengalami perut begah? Tentu semuanya ada di ulasan berikut ini.

Cara Mengatasi Perut Begah Terus Menerus

Cara Mengatasi Perut Begah
Cara Mengatasi Perut Begah | klikdokter.com

Seperti yang telah dibahas di atas, kali ini akan dijelaskan terkait cara-cara yang dapat digunakan untuk mengatasi perut begah. Tentunya ini akan sangat membantu untuk segera membuat perut kembali lega.

1.Kentut atau Serdawa

Salah satu cara yang dinilai paling ampuh dan efektif untuk mengatasi perut begah adalah dengan sengaja melakukan kentut atau serdawa. Ini menjadi cara ampuh untuk membuang gas yang menumpuk di dalam perut.

Meski memang, sengaja kentut atau serdawa saat perut begah agak sedikit susah. Namun, tentu bukan berarti tidak bisa dilakukan. Segera usahakan untuk kentut atau serdawa saat dirasa perut mulai ‘sesak’. Metode yang satu ini dijamin ampuh untuk mengatasi perut begah.

2.Lakukan Gerakan Sederhana

Bagi yang perutnya terasa begah sebaiknya tidak langsung tidur atau meletakkan badan. Memang rasa yang tidak nyaman ini membuat Anda malas untuk melakukan gerakan berlebihan. Akan tetapi, siapa sangka jika melakukan beberapa gerakan sederhana justru akan membantu mengatasi begah.

Tidak perlu melakukan gerakan yang susah. Cukup jalan-jalan pelan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Ini akan membantu otot-otot usus menjadi lebih kendur. Tentu saja saat otot menjadi lebih kendur, gas yang terjebak di dalamnya dapat lebih mudah mengalir.

Selain itu, aktivitas lain yang dapat dilakukan adalah dengan mencoba gerakan seperti latihan pernapasan. Caranya adalah dengan menarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya pelan-pelan. Ini juga cukup membantu mengatasi kembung nantinya.

3.Mengonsumsi Teh Herbal

Jika kedua cara di atas belum mempan, ada satu cara lagi yang dapat membantu untuk mengatasi perut begah. Cara mengatasi perut begah yang ketiga adalah dengan mengonsumsi teh herbal. Ada beragam jenis teh yang dapat dipilih untuk mengatasi kembung.

Biasanya, jenis teh yang dipilih adalah yang memiliki campuran jahe atau mint. Kedua campuran tersebut dapat membantu untuk mengatasi kembung. Bahkan teh herbal yang ditambah dengan adas manis juga dapat membantu melancarkan sembelit.

4.Mengganti Baju Lebih Longgar

Perut Begah
Cara Mengatasi Perut Begah | hellosehat.com

Kadang kala begah tidak kunjung teratasi salah satunya adalah akibat baju yang dikenakan ‘terlalu ketat’. Ini juga dapat mengganggu proses pencernaan yang berlangsung. Untuk itu, sebaiknya segera longgarkan baju atau celana saat dirasa begah mulai menyerang.

Jika begah terjadi di dalam rumah, tak ada salahnya untuk mengganti baju dengan yang lebih longgar. Pasalnya, terhambatnya proses pencernaan juga dapat disebabkan oleh pakaian atau celana yang terlalu ketat dan membuat lambung menjadi tertekan.

5.Mengonsumsi Obat

Lalu, bagaimana kalau begah justru tak kunjung hilang setelah mencoba beragam cara di atas? Ada salah satu cara yang dapat dilakukan, yaitu dengan mengonsumsi obat. Salah satu obat yang dapat membantu mengatasi begah adalah antasida.

Biasanya, obat ini digunakan untuk mengatasi penyakit mag. Jika mengalami perut begah hingga terasa nyeri di dada, sebaiknya segera konsumsi obat ini untuk membantu mengatasinya. Namun, ingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya.


Begah yang menyerang memang cukup mengganggu. Tak heran jika kemudian banyak yang ingin segera mengatasi begah yang menyerang. Kelima cara mengatasi perut begah di atas dapat dijadikan alternatif.