Cara-Cara Mengatasi Masuk Angin pada Bayi dengan Tepat

1 min read

Cara Mengatasi Masuk Angin pada Bayi – Masuk angin menjadi penyakit yang dapat menyerang segala macam usia, termasuk bayi. Penyakit masuk angin pada bayi memang lebih mengkhawatirkan. Untuk mengatasi hal itu, ada beberapa cara mengatasi masuk angin pada bayi yang akan dijelaskan di sini.

Penjelasan seputar cara mengatasi masuk angin untuk bayi ini diharapkan mampu membuat masuk angin segera teratasi. Namun, sebelum membicarakan cara mengatasinya, harus diketahui dahulu ciri anak yang mengalami masuk angin. Berikut ini adalah beberapa cirinya.

Ciri-ciri Bayi Masuk Angin

Cara Mengatasi Masuk Angin pada Bayi
Masuk Angin Pada Bayi | popmama.com

Orang tua harus memahami ciri-ciri yang dimiliki oleh bayi yang mengalami masuk angin. Ini agar nantinya penyakit masuk angin yang menyerang bayi dapat segera teratasi. Lalu, bagaimana ciri-ciri bayi masuk angin?

  • Tangisan menjadi salah satu ciri bayi terserang penyakit. Biasanya bayi akan lebih banyak menangis saat tubuhnya mengalami sakit atau tidak nyaman.
  • Perut kembung menjadi salah satu ciri lain yang dapat menjadi indikator bahwa bayi mengalami masuk angin.
  • Kondisi badan yang panas atau demam ini menjadi ciri selanjutnya yang ditemui dari bayi yang menderita masuk angin.
  • Untuk bayi yang telah memasuki fase MPASI salah satu ciri lain yang dapat ditemukan adalah berkurangnya nafsu makan. Tak hanya malas makan, bayi yang mengalami masuk angin juga menjadi susah untuk menyusu.

Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Bayi

Masuk Angin Pada Bayi
Cara Mengatasi Masuk Angin pada Bayi | mommyasia.id

Setelah mengetahui ciri-cirinya, para orang tua juga harus memahami cara mengatasi masuk angin pada bayi. Ada beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa caranya.

1.Menggosok dan Memijat dengan Pelan

Untuk mengatasi masuk angin pada bayi yang pertama adalah dengan menggosok serta memijat pelan bayi yang mengalami masuk angin. Ini utamanya difokuskan pada bagian perut yang biasanya mengalami kembung.

Saat menggosok bayi, gunakan minyak kayu putih atau telon. Gosok dan pijat secara perlahan. Ini nantinya juga bertujuan untuk membantu bayi agar dapat segera buang angin. Jadi, gas yang menumpuk di perut pun dapat segera dikeluarkan.

2.Menepuk Punggung dengan Lembut

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk membantu bayi yang masuk angin adalah menepuk pelan pada bagian punggung. Gendong bayi pada posisi tegak dan memeluk pihak yang menggendong. Lalu, tepuk dengan pelan di bagian punggung.

Selain itu menepuk punggung juga dapat dilakukan dalam posisi bayi menelungkup atau berbaring. Tepuk-tepuk secara berlahan pada bagian punggung bayi. Lakukan hal tersebut secara perlahan sampai kurang lebih satu menit. Dapat juga dilakukan sampai bayi mulai serdawa.

3.Menggunakan Penghangat Ruangan

Jika ada, tak ada salahnya memanfaatkan penghangat ruangan untuk membantu bayi yang masuk angin menjadi lebih nyaman. Caranya cukup mudah, atur kelembapan udara yang pas pada ruangan. Jaga agar kelembapan tidak terlalu panas maupun dingin.

Tak ada salahnya juga menambahkan berbagai macam aroma khas seperti mint untuk membuat bayi semakin nyaman. Jangan lupa harus dipastikan lebih dahulu apakah bayi memiliki alergi terhadap bau-bauan atau tidak.

Adanya penghangat ruangan ini tak hanya akan membantu bayi menjadi lebih nyaman. Penghangat ruangan juga membantu mengatasi iritasi yang ada pada saluran bronkial dari bayi.


Memang saat bayi terserang masuk angin akan membuat orang tua menjadi khawatir. Beberapa cara mengatasi masuk angin pada bayi dapat membantu untuk mengatasi hal tersebut. Namun, jika masih berlanjut sebaiknya segera periksakan pada dokter.