Beginilah Cara Mengatasi Maag agar Tidak Kambuh Lagi

2 min read

Cara Mengatasi Maag – Maag yang kambuh adalah sebuah siksaan. Perut melilit terbakar dan mual parah karena naiknya asam lambung, seringkali membuat penderitanya tak bisa beraktivitas. Lalu, bagaimana cara mengatasi maag agar tidak kambuh lagi? Simak uraian berikut ini!

Maag bisa muncul karena gaya hidup yang tidak sehat, seperti pola makan tidak teratur, banyak minum kafein dan alkohol, juga stres. Selain itu, penyakit maag juga bisa terjadi sebagai efek samping dari penggunaan obat antibiotik dan antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen.

Cara Mengatasi Maag Kambuh

Cara Mengatasi Maag
Maag Kambuh | mymilk.com

Tetaplah tenang saat maag kambuh. Beberapa pertolongan pertama ini dapat dilakukan untuk meredakan serangan mendadak tersebut:

1. Minum segelas air putih hangat

Air putih dapat membantu menetralkan kembali kondisi lambung. Hangatnya air juga dapat memberikan rasa nyaman. Minumlah sedikit demi sedikit agar lambung tidak kaget.

2. Mengunyah permen karet

Produksi saliva yang meningkat dari aktivitas mengunyah tersebut sangat membantu menekan asam lambung untuk kembali normal. Jenis permen karet yang disarankan para ahli adalah bikarbonat atau yang memiliki kandungan gula rendah.

3. Minum obat maag

Jika rasa sakit masih ada, ambil obat maag. Saat ini di pasaran sudah tersedia cukup banyak varian obat sakit maag yang dapat Anda pilih. Sediakan obat ini di kotak P3K Anda, tapi ingat jika sakit berlanjut segeralah hubungi dokter.

Cara Mengatasi Maag Tanpa Obat

Cara Mengatasi Maag
Maag | malangvoice.com

Sakit maag juga dapat diredakan tanpa harus minum obat. Jangan lupa bahwa terlalu banyak asupan obat-obatan kimia dapat membahayakan ginjal. Penyakit maag dapat diatasi dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan seperti berikut ini:

1. Buah

Ketika maag menyerang, seringkali penderita tidak bisa makan karena rasa tak nyaman pada perut. Anda dapat mengonsumsi buah untuk mengurangi gas dan suasana asam pada lambung.

Adapun buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah jenis yang mengandung banyak kalium. Hal ini karena kalium dapat menyeimbangkan derajat asam (pH) lambung kembali. Contoh jenis buah tersebut adalah kelapa, pisang, pepaya, dan melon.

2. Sayuran

Makanan berikutnya yang dapat dikonsumsi untuk meredakan maag adalah sayuran. Sama seperti pada buah, sayuran yang dipilih adalah jenis yang mengandung banyak kalium. Brokoli, salah satu contohnya.

Selain memiliki kandungan kalium tinggi, sayuran yang dipilih juga dapat berasal dari jenis yang tidak menimbulkan gas dan berserat tinggi. Contohnya adalah wortel, labu siam, dan labu kuning.

3. Makanan lunak

Mengonsumsi makanan lunak sangat baik bagi lambung setelah serangan maag terjadi. Apalagi makanan lunak tersebut masih hangat, maka akan makin membuat lambung merasa nyaman. Bubur ayam misalnya, sangat nikmat dikonsumsi setelah rasa sakit sedikit mereda.

Cara Menyembuhkan Penyakit Maag

Cara Mengatasi Maag
Maag | masakapahariini.com

Pemicu paling besar terhadap munculnya penyakit maag adalah pola makan yang tidak sehat.Karena itulah cara paling mujarab untuk mengatasi maag agar tidak kambuh lagi adalah dengan mengubah pola makan tersebut, seperti berikut ini:

1. Mengubah menu

Hindarilah makanan yang asam dan pedas. Perlahan kurangi konsumsi kafein, rokok dan soda, juga jauhi alkohol. Perbanyak makan buah dan sayur yang mengandung kalium.

2. Memperbaiki pola makan

Ambil makanan dalam porsi kecil, namun sering. Jangan biarkan perut kosong tanpa isi dalam waktu lama. Makanlah dengan perlahan dan tunggu dua hingga tiga jam setelah makan jika ingin berbaring.

3. Berpuasa

Bagi Anda penderita maag jangan khawatir jika hendak berpuasa. Ada dua alasan utama. Pertama, dengan puasa penderita maag mendapat pola makan yang teratur saat sahur dan buka. Kedua, perut terhindar dari cemilan-cemilan tidak sehat yang memicu naiknya asam lambung.


Demikianlah cara mengatasi maag agar sembuh dan tidak sering kambuh. Ingatlah, mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Sudah saatnya beralih pada pola hidup sehat untuk menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit. Nah, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *