Ini Dia Cara Mengatasi Keputihan yang Sangat Mengganggumu

2 min read

Cara Mengatasi Keputihan – Keputihan merupakan kondisi yang amat meresahkan. Keputihan tak hanya membuat para perempuan tak nyaman pada bagian kelamin, tetapi juga indikasi dari beberapa penyakit yang berbahaya. Bila tanda-tanda keputihan mulai terlihat, penting bagi Anda untuk mencari tahu cara mengatasi keputihan di rumah.

Apa Itu Keputihan?

Cara Mengatasi Keputihan
Mengatasi Keputihan | wajibbaca.com

Sebelumnya, kita harus memahami terlebih dahulu, mengapa seorang perempuan bisa terkena keputihan? Sebetulnya hal tersebut sangat wajar mengingat keputihan merupakan tanda bahwa sistem reproduksi kita membersihkan dirinya sendiri dari berbagai bakteri ataupun jamur.

Meski begitu, warna keputihan yang masih bisa ditolerir adalah putih bening. Selain itu, keputihan juga tak datang setiap hari. Biasanya, keputihan hanya datang saat kita sedang berada dalam perjalanan jauh, atau menjelang menstruasi.

Cara Mengatasi Keputihan Setiap Hari

Cara Mengatasi Keputihan
Mengatasi Keputihan | hellosehat.com

Apabila keputihan datang secara rutin, beraroma tidak sedap, dan juga berwarna kuning bahkan kehijauan, sebaiknya atasi segera. Nah, dalam artikel ini, Anda bisa mencari tahu beberapa hal yang bisa dilakukan untuk cara mengatasi keputihan:

1.Membasuh daerah kewanitaan dengan benar

Keputihan juga merupakan tanda bahwa ada banyak jamur dan juga bakteri pada organ intim Anda. Salah satu hal yang menyebabkan bakteri dan jamur pada organ intim adalah kurangnya kebersihan. Nah, jagalah kebersihan organ intim Anda dengan membasuhnya secara benar. Pastikan semua bagian organ intim telah benar-benar terbasuh dengan air usai buang air kecil.

Selain itu, saat buang air besar, basuhlah kotoran ke bagian belakang anus dan jangan ke depan. Hal ini penting supaya kotoran dari buang air besar tidak masuk ke vagina.

2. Kurangi penggunaan celana ketat

Celana jeans dan celana dalam yang ketat dapat membuat jamur mudah tumbuh subur pada organ intim. Nah, hindari terlalu sering menggunakan celana yang ketat dan juga terlalu panas. Kenakan celana yang nyaman, yang membuat organ intim mudah untuk “bernapas”

3. Hubungan intim yang sehat

Hubungan intim bebas tidak hanya dapat menyebabkan keputihan berbahaya, tetapi juga penyakit lain yang tak kalah berbahaya seperti gonorrhea bahkan AIDS. Lakukan hubungan intim yang sehat dan legal, serta pastikan pasangan Anda dalam keadaan bersih saat berhubungan intim.

Makanan-Makanan yang Menyebabkan Keputihan

Mengatasi Keputihan
Mengatasi Keputihan | fimela.com

Selain kebiasaan, ada beberapa makanan yang membuat keputihan menjadi semakin parah lantaran lembabnya organ intim. Apa sajakah makanan-makanan itu? Ini dia:

1.Timun

Banyak orangtua yang melarang anak gadisnya untuk makan terlalu banyak timun. Larangan ini sebetulnya bukanlah mitos belaka, mengingat timun dapat membuat organ intim menghasilkan lebih banyak cairan. Untuk itu, batasi konsumsi timun setiap harinya.

2. Telur

Makanan yang satu ini memang kaya akan protein dan zat bergizi lainnya. Namun harus diakui bahwa telur juga merupakan zat yang dapat merangsang munculnya keputihan secara berlebihan.

Anda tak perlu berhenti mengonsumsi telur. Namun sebaiknya, batasi konsumsi telur maksimal empat butir per hari. Lagipula, terlalu banyak mengonsumsi telur juga dapat membuat jerawat muncul di wajah.

3. Soft drink

Selain kurang baik bagi tenggorokan dan lambung, ternyata minuman bersoda juga dapat merangsang jamur dan bakteri tumbuh lebih subur lho. Untuk itu, batasi konsumsi soft drink. Lebih baik, Anda mengonsumsi air putih atau jus saat haus.

4. Gula

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa gula juga membuat keputihan semakin deras. Nah, batasi konsumsi gula setiap hari ya. Kalau perlu, gunakan ga alami seperti yang terdapat pada buah-buahan manis.


Kalau Anda sudah menerapkan cara mengatasi keputihan tapi malah makin parah dan disertai rasa nyeri yang sangat, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. Jangan sampai terlambat, sehingga keputihan berkembang menjadi penyakit lain yang berbahaya seperti kanker pada leher rahim atau ovarium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *