Susah Tidur? Ini Dia Cara Mengatasi Insomnia yang Mengganggu

1 min read

Cara Mengatasi Insomnia – Bagaimana kualitas tidur Anda setiap hari? Kualitas tidur memiliki peran yang signifikan bagi kehidupan Anda.

Mereka yang mengalami insomnia akan merasa sulit untuk tidur meskipun punya waktu. Bila Anda termasuk salah satu dari mereka, penting untuk mencari tahu cara mengatasi insomnia yang tepat.

Insomnia merupakan kondisi saat Anda kesulitan untuk tidur lelap. Sebelum tidur, dia akan merasa cemas dan merasa terlalu banyak memiliki beban pikiran.

Di sela-sela tidur, Anda pun mudah untuk terbangun. Kondisi ini membuat Anda mudah merasa lelah dan pusing di pagi hari. Berbagai pekerjaan pun tak bisa diselesaikan dengan maksimal.

Jenis-Jenis Insomnia

cara mengatasi insomnia

Dilihat dari durasinya, ada dua jenis insomnia:

1.Insomnia sementara

Insomnia ini terjadi hanya dalam kondisi-kondisi tertentu saja. Misalnya saat Anda akan menghadapi sesuatu yang membuat Anda gugup (seperti ujian, rapat penting, dll), atau karena tertekan atas masalah tertentu.

2. Insomnia kronis

Insomnia ini terjadi dalam jangka waktu lama, bahkan menjadi sebuah kebiasaan rutin. Penyebabnya pun tidak jelas.

Baik sementara maupun kronis, insomnia memang harus diatasi sesegera mungkin. Nah, kenali beberapa cara mengatasi insomnia yang bisa Anda praktekkan di rumah

Cara Mengatasi Insomnia Akut

cara mengatasi insomnia

Beberapa masalah kesehatan, seperti misalnya GERD dan asma, memang sering menyebabkan insomnia. Namun kebanyakan orang mengalami insomnia karena masalah psikologis. Nah, kenali bagaimana cara mengatasi insomnia yang disebabkan oleh kondisi psikologis:

1.Merapikan kamar

cara mengatasi insomnia

Tempat tidur yang berantakan, ditambah dengan suasana kamar yang pengap akan membuat Anda semakin sulit untuk tidur. Nah, bersihkan semua kotoran di kamar, tata barang-barang dengan baik. Bila kamar rapi, maka segala aktivitas di kamar pun dapat dilakukan dengan nyaman, termasuk tidur.

2.Melakukan hal-hal yang Anda sukai

cara mengatasi insomnia

Terlalu banyak memikirkan hal-hal yang menekan pikiran akan membuat Anda sulit untuk tidur. Apalagi, bila Anda memikirkan penyesalan atas hal-hal yang telah Anda lakukan atau risau atas hal-hal yang belum terjadi.

Masa lalu tidak dapat diubah dan masa depan juga belum terjadi. Untuk itu, lepaskan sejenak pikiran berat, gunakan waktu sebelum tidur untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai, misalnya membaca atau bermain game. Pikiran Anda pun akan lebih rileks dan tidur pun akan menjadi lebih mudah.

3. Menggunakan aromatherapy

cara mengatasi insomnia

Aromatherapy dapat membantu Anda dalam menenangkan pikiran sekaligus menciptakan suasana hati yang baik. Ada dua jenis aromatherapy yang dijual di pasaran. Pertama, aromatherapy yang mengeluarkan uap wangi saat dibakar. Kedua, aromatherapy elektris yang akan bekerja saat ditancapkan ke aliran listrik.

Aromatherapy jenis pertama aromanya lebih klasik dan harganya lebih murah. Namun aromatherapy jenis kedua lebih aman dan tidak mudah terbakar, walaupun terkadang lebih mudah berbau apak.

Makanan untuk Mengatasi Insomnia

Anda juga bisa mengonsumsi makanan tertentu untuk mengatasi insomnia dan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Nah, berikut makanan-makanan tersebut:

1.Salmon

cara mengatasi insomnia

Kandungan omega-3 yang terdapat pada salmon tidak hanya baik untuk daya tahan tubuh dan perkembangan otak, tetapi juga untuk membuat otak menjadi lebih rileks. Satu jam sebelum tidur, konsumsilah salmon, baik yang matang maupun yang masih mentah.

2. Pisang

cara mengatasi insomnia

Sebagai buah yang kaya akan potasium, pisang dapat meredakan kram dan membuat otot-otot menjadi lebih rileks. Jadi, bila badan Anda terlalu lelah, konsumsilah pisang di malam hari agar tidur pun menjadi lebih nyaman.

3. Susu

cara mengatasi insomnia

Susu akan membuat perut terasa kenyang dan badan terasa nyaman. Untuk itu, bila Anda merasa kesulitan tidur, cobalah untuk meminum segelas susu hangat sebelum tidur.


Nah, itulah beberapa cara mengatasi insomnia yang dapat Anda praktikkan. Namun apabila insomnia tidak kunjung hilang, periksakan diri ke dokter karena mungkin ada masalah kesehatan serius yang harus ditangani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *