Tidak Perlu Khawatir, Ini Cara Mengatasi Bayi Kembung

2 min read

Cara Mengatasi Bayi Kembung – Perut kembung sering menyebabkan bayi menjadi lebih mudah rewel. Anda tidak perlu merasa waswas karena kondisi ini bisa diringankan. Cara mengatasi bayi kembung cukup mudah untuk Anda lakukan.

Kembung pada bayi bisa diatasi dengan menidurkan bayi dalam posisi telentang, kemudian mengangkat kedua kaki bayi dan menggerakkan kakinya seperti gerakan mengayuh sepeda. Gerakan ini akan membantu keluarnya gas dari perut bayi.

Anda juga bisa melakukan pemijatan pada perut secara pelan dengan mengikuti arah jarum jam ketika bayi tidur dalam posisi telentang. Cara ini akan menstimulasi perut untuk meringankan efek dari kembung.

Jika bayi masih kembung, Anda bisa mencoba menelungkupkan bayi diatas paha. Lalu Anda bisa mengusap punggung bayi dengan perlahan. Gerakan ini akan bisa memperlancar proses keluarnya gas dari perut bayi.
Selain cara-cara tersebut, ada hal lain terkait perut kembung pada bayi yang bisa Anda simak. Berikut ini pemaparannya.

Ciri-Ciri Perut Kembung Pada Bayi

Bayi Kembung
Cara Mengatasi Bayi Kembung | sopasti.com

Sebelum membahas lebih banyak tentang cara mengatasi bayi kembung, Anda perlu tahu ciri-ciri bayi yang mengalami perut kembung.

Tanda bayi mengalami perut kembung yang paling mudah dilihat adalah gerakan bayi yang sering menarik kakinya ke bagian perut. Ini bisa menjadi tanda bayi merasa tidak nyaman dengan keadaan perutnya.

Selain itu, bayi sering kentut dan saat perut diraba akan terasa keras. Ciri-ciri ini bisa menunjukkan bahwa bayi sedang mengalami kembung. Oleh karena itu, Anda harus melakukan tindakan untuk meringankan rasa kembung pada bayi.

Kondisi kembung pada bayi yang disertai dengan konstipasi, muntah, menangis terus, tidak bisa kentut, dan demam, bisa jadi tanda masalah yang lebih serius. Jika gejala tersebut muncul jangan ragu untuk segera membawa bayi ke dokter.

Cara Mengatasi Masuk Angin pada Bayi 1 Bulan

Cara Mengatasi Bayi Kembung
Cara Mengatasi Bayi Kembung | ummi-online.com

Masuk angin bisa menjadi penyebab perut kembung pada bayi. Cara mengatasi bayi kembung karena masuk angin bisa dengan melakukan pemijatan ringan sambil mengoleskan minyak telon ke perut bayi.

Saat bayi minum ASI, kadang bayi tidak sengaja menelan udara ketika mengisap ASI. Udara yang tertelan tersebut bisa membuat bayi kembung. Cara mengatasinya dengan memeluk bayi dalam posisi tegak, lalu tepuk punggung bayi sampai ia bersendawa.

Cara lain yang bisa dicoba yakni membiarkan bayi bergerak aktif. Anda juga bisa memberi stimulasi supaya bayi bergerak lebih aktif dengan mengajaknya bercanda atau menggerakkan kakinya.

Suhu ruangan yang dingin dapat menjadi salah satu sebab bayi mengalami perut kembung. Jika Anda menggunakan AC, sebaiknya matikan AC tersebut. Suhu ruangan yang hangat bisa membantu dalam meringankan perut kembung pada bayi.

Perut Bayi Kembung dan Berbunyi

Bayi Kembung
Cara Mengobati Bayi Kembung | suherlin.com

Ada kalanya Anda mendapati perut bayi Anda kembung dan disertai bunyi. Kondisi tersebut, mungkin membuat Anda merasa cemas.

Ada beberapa kemungkinan penyebab perut bayi kembung dan berbunyi. Penyebab yang wajar adalah kembung dan bunyi tersebut hanya efek dari pergerakan usus yang mencerna makanan. Kemungkinan lainnya, bayi Anda mungkin merasa lapar.

Apabila penyebab dari kembung dan bunyi tersebut dikarenakan hal yang normal. Anda bisa mencoba melakukan tindakan penanganan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Anda perlu waspada jika bayi perut bayi mengeras dengan tidak wajar dan mengeluarkan bunyi yang tidak beraturan. Kondisi tersebut bisa menjadi tanda adanya masalah pada perut bayi yang harus segera mendapat penanganan dokter.


Berdasarkan info diatas, Anda kini sudah mengerti cara mengatasi bayi kembung serta ciri-ciri dari kembung pada bayi. Pada kondisi kembung yang normal cara tersebut dapat meringankan, tetapi jika kondisinya serius Anda harus membawa bayi ke dokter.