Cara Mencegah Kanker dengan Efektif dan Aman

2 min read

Cara Mencegah Kanker – Kanker dapat menyerang tanpa pandang bulu, baik anak-anak maupun orang tua. Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Ada cara mencegah kanker secara umum.

Kanker bisa dihindari dengan tidak mengonsumsi makanan tak sehat secara berlebihan, berolahraga secara rutin, mengurangi berat badan berlebih, dan menjaga kesehatan pencernaan.

Kasus kanker pada anak, maupun kanker payudara dan kanker darah, juga dapat dicegah. Untuk lebih jelasnya Anda bisa simak pembahasannya dalam tulisan berikut ini.

Cara Mencegah Penyakit Kanker pada Anak

Kanker
Kanker Pada Anak | hellosehat.com

Kanker pada anak bisa lebih berbahaya karena kondisi tubuh yang lebih rentan. Jumlah anak yang mengidap kanker kian meningkat. Anda bisa mencegah kanker pada anak dengan melakukan beberapa tindakan untuk antisipasi.

Makanan berupa buah dan sayur mengandung banyak antioksidan dan sangat baik untuk kesehatan anak. Buat anak terbiasa memakan lebih banyak sayur dan buah.

Anda bisa menjadikan buah dan sayuran sebagai bagian dari menu makan sehari-hari. Ganti camilan anak Anda dengan kreasi makanan berbahan sayur atau buah. Dengan demikian, anak lebih tertarik untuk makan buah dan sayur.

Anda juga sebaiknya mengurangi jumlah gula dan garam dalam makanan. Terlalu banyak gula dan garam sangat tidak sehat bagi anak. Gula dan garam yang berlebih dapat berpengaruh pada fungsi sel dalam tubuh.

Jika anak Anda masih bayi, ini kesempatan terbaik untuk memberi ASI secara penuh pada anak. Berikan ASI pada bayi minimal 6 bulan. ASI terbukti sangat baik dalam membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Anda dapat mencegah terjadinya kanker pada anak dengan cara menjauhkan anak dari asap rokok. Apabila anak menghirup asap rokok secara langsung, anak akan lebih rentan mengalami gangguan kesehatan termasuk terkena kanker.

Cara Mencegah Kanker Payudara

Cara Mencegah Kanker
Kanker Payudara | pixabay.com

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang berbahaya khususnya bagi kaum wanita. Untuk mencegah timbulnya kanker, Anda harus selalu menjaga kondisi fisik.

Jaga kondisi fisik dengan memperbanyak makan makanan yang kaya akan antioksidan dan mengurangi konsumsi lemak.

Kanker bisa dicegah dengan meningkatkan daya tahan dan metabolisme tubuh. Anda bisa memperlancar dan meningkatkan kondisi tubuh dengan memperbanyak aktivitas fisik.

Bagi Anda yang merokok dan meminum alkohol, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Orang yang merokok dan meminum alkohol lebih berisiko mengalami kanker payudara.

Cara Mencegah Kanker Darah

Cara Mencegah Kanker
Kanker Darah | golansia.com

Langkah pencegahan kanker darah pada dasarnya hampir sama secara umum seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Risiko terkena kanker darah bisa diperkecil dengan memperbanyak konsumsi makanan sehat. Hindari makanan yang tidak sehat dan penganan olahan yang banyak mengandung bahan kimia.

Makanan yang baik untuk mencegah kanker adalah pisang, jeruk, dan kunyit. Kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan membantu ketahanan tubuh dalam melawan kanker.

Makanan tersebut akan sangat baik untuk mencegah kanker darah pada anak. Mengingat risiko kanker darah seringkali lebih banyak dialami oleh anak-anak.

Selain bahan makanan, Anda lebih baik memperhatikan juga proses memasak makanan. Bahan makanan yang diolah dengan cara tidak sehat dapat pula meningkatkan risiko terkena kanker darah.

Pemeriksaan secara rutin merupakan salah satu cara untuk mencegah kanker darah. Jika kanker darah bisa dideteksi sejak dini, penanganannya akan bisa dilakukan dengan segera. Dengan begitu, tingkat kesembuhannya jadi makin meningkat.


Itulah, beberapa cara mencegah kanker yang bisa dipraktikkan dalam keseharian. Anda bisa mencegah kanker dengan menjaga pola hidup sehat dan menjaga stamina tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *