Cara Membuat Makanan Bayi 1 Tahun beserta Resepnya

2 min read

Cara Membuat Makanan Bayi – Bayi berusia 1 tahun memiliki pola makan yang sudah berbeda dengan awal masa MPASI. Namun, tentu saja ibu harus tetap memperhatikan makanan yang diberikan. Nah, artikel ini akan membagikan beberapa resep dan cara membuat makanan bayi usia 1 tahun.

Resep-resep dan juga cara pembuatan makanan ini diharapkan mampu menambah pengetahuan ibu tentang masakan sehat untuk sang buah hati. Paduan lengkapnya dapat dilihat melalui ulasan di bawah ini.

Resep Makanan Sehat Bayi 1 Tahun

Makanan Bayi
cara membuat makanan bayi | brilio.net

Pertama yang akan dibicarakan adalah terkait dengan resep makanan sehat untuk bayi 1 tahun. Resep-resep di sini dapat menjadi alternatif saat akan mencari menu ‘baru’ untuk bayi. Jadi, ada resep apa saja? Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1.Bubur Tim Tahu dan Bayam

Bubur tim memang menjadi salah satu masakan favorit yang biasa dibuat oleh para ibu yang memiliki anak dalam fase MPASI. Salah satu bubur yang dapat dibuat adalah bubur tim tahu dan bayam.

Bahan yang dibutuhkan untuk memasak makanan ini adalah beras, air, tahu, bayam segar, wortel, serta unsalted mentega. Nantinya, beras dimasak lebih dahulu hingga menjadi bubur. Kemudian baru campuran wortel, tahu, serta bayam dimasukkan lalu aduk rata.

2.Bubur Udang dan Sayuran

Jika bosan dengan menu yang itu-itu saja, tidak ada salahnya mencoba menu seafood. Resep yang satu ini hadir dengan menu bubur udang dan sayuran. Bahan yang dibutuhkan adalah beras, air, udang cincang, bayam, wortel, labu siam, serta garam dalam jumlah sedikit.

Masukkan semua bahan kecuali bayam, lalu masak hingga menjadi bubur. Kemudian, jika sudah menjadi bubur, tambahkan bayam kemudian aduk hingga semua bahan tercampur rata. Makanan si kecil pun siap disajikan.

3.Sup Jagung Telur

Kalau menu bubur sudah dirasa cukup membosankan, sekarang saatnya berganti ke menu sup jagung. Menu yang satu ini pun cukup mudah pembuatannya. Bahannya adalah jagung manis, bawang putih, bawang bombai, air kaldu ayam, telur ayam kampung, serta bumbu dapur.

Nantinya, bawang bombai dan bawang putih ditumis dengan menggunakan mentega. Kemudian, kaldu ayam dimasukkan dan ditambahkan jagung yang sudah dicincang halus. Lalu, beri sedikit garam dan gula. Terakhir, telur kocok dimasukkan dalam sup kemudian aduk dengan cepat.

Cara Membuat Makanan Bayi 1 Tahun yang Harus Diperhatikan

Cara Membuat Makanan Bayi
cara membuat makanan bayi | theholderposition.com

Ada beragam menu yang ternyata dapat dijadikan alternatif untuk sarapan maupun makan siang si kecil. Namun, selain resep makanan, hal lain yang harus diperhatikan adalah cara membuat makanan bayi berusia 1 tahun.

1.Memperhatikan Tekstur Saat Memasak

Hal yang pertama harus diperhatikan saat membuat makanan untuk bayi adalah tekstur yang dimilikinya. Saat berusia 1 tahun sebenarnya bayi sedang mengalami peralihan dari tekstur lembut ke semi padat.

Untuk itu, ibu harus memerhatikan bagaimana tekstur dari makanan yang dibuatnya. Sebaiknya, ibu sudah mulai menyiapkan makanan yang memiliki tekstur semi padat. Ini guna membantu pertumbuhan gigi bayi nantinya.

2.Memahami Jenis Makanan

Selain tekstur, yang harus diperhatikan selanjutnya saat membuat makanan untuk si kecil adalah jenisnya. Ibu dapat mencoba memberikan satu-persatu lauk setiap harinya untuk melihat apakah ada alergi.

Tak hanya lauk, sayuran serta buah juga harus diperhatikan. Harus dipastikan bahwa si kecil memiliki kebutuhan gizi yang tercukupi melalui buah dan sayuran-sayuran tersebut.

3.Memerhatikan Komposisi Menu Saat Membuat Makanan

Ketika membuat makanan untuk si kecil, cara mengatur komposisi makanan juga menjadi perhatian khusus. Sebaiknya pahami komposisi menu yang dibutuhkan oleh bayi berusia 1 tahun agar kebutuhan gizinya tercukupi.


Beberapa penjelasan seputar resep dan cara membuat makanan bayi berusia 1 tahun di atas semoga dapat memberikan pengetahuan baru bagi para ibu. Utamanya, saat menghadapi bayi 1 tahun yang sedang masa transisi dari makanan lembut ke padat.