Simak Cara Memasak Makanan Sehat Secara Lengkap di Sini

2 min read

Cara Memasak Makanan – Masakan sehat tidak hanya berasal dari bahan masakannya saja, melainkan juga berasal dari pengolahan yang dilakukan. Untuk menghasilkan masakan yang sehat, Anda harus memperhatikan cara memasak makanan yang tepat dan sesuai.

Hal ini dimaksudkan agar nantinya masakan yang dihasilkan tidak hanya lezat tetapi juga sehat. Sebenarnya, apa resep mengelola masakan agar menjadi makanan yang sehat? Lebih lengkapnya akan dibahas di sini.

Cara Memasak Makanan Sehat

Cara Memasak Makanan
Memasak Makanan Sehat | womantalk.com

1.Jaga Kebersihan Bahan Masakan

Hal yang pertama perlu diperhatikan saat akan memasak makanan sehat adalah kebersihan bahan masakan dan juga proses pengolahannya. Pastikan bahwa kebersihan terus terjaga. Jangan lupa untuk mencuci bahan-bahan masakan sebelum mengolahnya.

Utamanya, hal ini untuk membersihkan beragam kotoran yang menempel di dalam bahan masakan. Pada buah atau sayur, misalnya, pencucian yang bersih akan membantu mengurangi atau bahkan menghilangkan pestisida yang menempel.

Lalu, bagaimana pada daging atau ikan? Cara memastikan kebersihan daging atau ikan adalah dengan mencucinya. Hal ini untuk memastikan agar daging atau ikan terlepas dari cacing atau kotoran lainnya.

2.Hindari Memasak Terlalu Lama

Cara memasak makanan sehat selanjutnya adalah dengan memperhatikan durasi memasak. Jangan sampai memasak terlalu lama. Pasalnya, memasak terlalu lama hanya akan membuat kandungan nutrisi yang ada di dalam bahan menjadi rusak.

Hal ini utamanya berlaku untuk sayuran. Bukan hanya merusak nutrisi, namun rasa dari sayuran tersebut akan rusak pula. Nah, tentu akan sangat sayang jika masakan yang dihasilkan justru tidak memiliki nutrisi dan rasa yang menarik, bukan?

3.Perhatikan ‘Kandungan’ Bahan dalam Masakan

Satu lagi hal lain yang harus diperhatikan adalah kandungan bahan masakan tersebut. Sebaiknya, perhatikan komposisi bahan masakan. Misalnya, jangan terlalu banyak memberi garam atau gula.

Selain itu, pastikan pula bahan-bahan yang terkandung dalam makanan adalah bahan yang sehat. Sebaiknya kurangi makanan yang memicu penyakit, seperti lemak dan santan. Ini hanya akan memperbesar potensi terjadinya kolestrol.

Ragam Resep Makanan Sehat dan Bergizi

Cara Memasak Makanan
Sandwich Telur Salah Satu Makanan Sehat | tokomesin.com

Tadi sudah banyak dibicarakan terkait cara-cara memasak makanan sehat. Akan tetapi sebenarnya, apa saja yang termasuk makanan sehat? Selain memperhatikan cara mengolahnya, resep juga termasuk faktor penting lain dalam hal memasak makanan.

Nah, di sini akan sedikit diulas resep-resep makanan sehat dan bergizi yang dapat diaplikasikan di rumah. Tentunya untuk menjaga keluarga agar senantiasa sehat serta memperoleh asupan gizi yang cukup, ya.

1.Sup Ayam

Siapa yang tidak kenal masakan yang satu ini? Ini dapat menjadi alternatif resep yang menarik untuk dicoba. Untuk memasak sup ini, cukup siapkan ayam yang telah dibersihkan lemaknya, gula, garam, bawang merah, bawang putih, serta sayur-sayuran.

Sayur yang dipilih dapat sesuai selera, tetapi umumnya terdapat wortel, kubis, dan buncis di dalam sup. Tak lupa taburkan bawang goreng dan seledri setelah masakan matang.

2. Sandwich Telur

Jika bosan dengan menu sehat yang itu-itu saja, tak ada salahnya bergeser dan mencoba menu yang berbeda. Salah satu menu yang dapat dicoba adalah sandwich telur. Menu yang satu ini menggunakan roti dan telur sebagai bahan utama.

Pilih roti gandum sebagai bahan utamanya. Gizi roti gandum lebih banyak daripada jenis tawar biasa. Cara memasaknya, lapisi roti gandum dengan telur ceplok, keju, tomat, serta selada. Lalu, tambahkan mayones dan juga saus. Nah, cukup simpel, bukan?


Ternyata selama ini, anggapan bahwa makanan yang sehat hanya bergantung dari bahan masakannya adalah tidak tepat. Pasalnya, cara memasak makanan sehat juga harus diperhatikan. Ini penting dalam menghasilkan makanan yang sehat nantinya.