Inilah 5 Cara Alami Mengobati Ambeien

2 min read

Cara Alami Mengobati Ambeien – Ambeien merupakan penyakit pembengkakan yang terjadi pada bagian pembuluh darah yang terletak di anus. Salah satu cara mengobati penyakit ini adalah dengan melalui operasi. Namun, untuk yang tidak ingin melakukan operasi ada beberapa cara alami mengobati ambeien.

Ada alternatif pengobatan ambeien apa saja yang dapat dilakukan? Selengkapnya dapat disimak di bawah ini.

Cara Alami Mengobati Ambeien yang Sudah Keluar

Ambeien
Ambeien | doktersehat.com

1.Menggunakan Akar Kangkung

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengobati ambeien secara alami adalah dengan menggunakan akar kangkung. Siapa sangka jika akar kangkung ternyata memiliki peran besar dalam membantu pengobatan ambeien.

Bagaimana cara mengobati ambeien dengan akar kankung? Caranya cukup mudah, yaitu dengan cara merebus batang serta akar kangkung yang sudah dicuci bersih. Nantinya, air rebusan dari akar dan batang tersebut harus diminum setiap hari.

2.Mengonsumsi Makanan dengan Serat Tinggi

Selain menggunakan akar kangkung, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Ini sekaligus dapat menjadi salah satu cara untuk membantu mencegah feses menjadi keras.

Kehadiran feses yang keras justru akan membuat ambeien semakin parah. Untuk itu, konsumsi serat setiap hari. Ada beragam buah-buahan serta sayuran kaya serat yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi dampak dari ambeien tersebut.

Baiknya, konsumsi makanan berserat juga terus dijaga meskipun ambeien berhasil teratasi. Ini guna mencegah ambeien kembali muncul. Selain itu juga untuk menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya, makanan berserat baik untuk menjaga kesehatan.

3.Memanfaatkan Daun Sirsak

Daun sirsak ternyata memiliki manfaat menjadi obat alami ambeien. Cara memanfaatkan daun sirsak untuk mengobati ambeien pun cukup mudah.

Pertama, ambil beberapa lembar daun sirsak (untuk dua gelas air, ada 5 lembar daun sirsak yang dibutuhkan). Lalu, cuci bersih dan tambahkan dua gelas air, kemudian rebus hingga nanti tersisa ukuran untuk kira-kira satu gelas air. Minum rebusan tersebut tiap pagi serta malam hari.

4.Rebusan Daun Ungu

Selanjutnya yang dapat dimanfaatkan untuk membantu mengatasi ambeien adalah rebusan daun ungu atau yang biasa dikenal dengan daun Handeuleum. Daun ini dipercaya mampu menjadi obat yang manjur untuk mengatasi ambeien.

Ini karena daun ungu memiliki kandungan anti peradangan yang cukup efektif. Cara menggunakan daun ini untuk pengobatan adalah dengan merebus daun ungu. Nantinya, air rebusan tersebut dikonsumsi secara rutin untuk mengempeskan ambeien yang ada.

5.Menggunakan Kulit Pohon Ek Putih

Siapa yang pernah menjumpai pohon Ek Putih? Memang sebenarnya jarang ada yang mengenal pohon yang satu ini. Jadi, untuk mencarinya dapat melalui toko herbal. Kandungan pada tanaman ini dipercaya mampu mengatasi wasir internal maupun eksternal.

Umumnya, untuk mendapatkan manfaat dari tanaman ini, kulit pohon harus direbus untuk memperoleh cairan. Nantinya, cairan tersebut dioleskan pada bagian yang mengalami ambeien. Selain itu juga dapat dijadikan teh herbal untuk membantu mengatasi ambeien dari dalam tubuh.

Cara Mengobati Ambeien dengan Bawang Putih

Cara Alami Mengobati Ambeien
Cara Alami Mengobati Ambeien | galena.co.id

Bukan hanya sebagai bumbu dapur, bawang putih ternyata juga dapat mengobati ambeien dengan efektif. Bahan masakan ini mengandung senyawa aktif allicin yang berfungsi sebagai antijamur dan antibakteri.

Berkat senyawa allicin, bawang putih dapat menguatkan pembuluh darah dan melawan bakteri yang menyebabkan ambeien. Bawang putih pula yang membantu penderita dalam meredakan gatal dan radang.

Cara memanfaatkan bawang putih sebagai obat ambeien ada dua. Pertama, gunakan bawang putih sebagai suppositoria (obat rektal), masukkan dalam lubang anus, dan biarkan semalaman. Kedua, gunakan sebagai obat celup.

Caranya dengan mencincang beberapa siung bawang putih lalu masak dengan segelas air. Saring air dan biarkan hingga dingin. Setelah dingin, celup kapas dalam air tersebut dan tempelkan pada daerah dengan ambeien. Ganti kapas secara berkala jika mulai kering.


Ternyata ada banyak cara alami mengobati ambeien yang dapat dilakukan. Mulai dari menggunakan akar kangkung hingga menggunakan kulit pohon Ek Putih. Sebaiknya setelah ambeien sembuh, jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan agar ambeien nantinya tidak datang lagi.