5 Buah Penurun Kolesterol yang Ampuh, Wajib Konsumsi!

1 min read

Buah Penurun Kolesterol – Kolesterol tinggi dikaitkan sebagai pemicu strok dan serangan jantung. Oleh sebab itu, kolesterol tinggi sangat ditakuti. Untuk menurunkan kolesterol dapat dilakukan dengan minum obat penurun kolesterol. Tetapi ada cara yang lebih sehat yaitu mengurangi makanan yang tinggi lemak jenuh, berolahraga rutin, dan makan buah penurun kolesterol.

Jus Penurun Kolesterol

Untuk memerangi kadar kolesterol jahat yang tinggi, Anda dapat mengonsumsi jus buah-buahan berikut:

1. Jus alpukat

Buah Sehat Untuk Kolesterol

Jus alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi jantung. Di samping itu, alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa yang dapat menyerap kolesterol dalam tubuh. Alpukat juga diperkaya dengan glutation, antioksidan yang bisa mencegah sakit jantung dan kanker.

2. Jus apel

Buah Untuk Penurun Kolesterol

Buah apel mengandung beta glukan yang mampu mengendalikan kolesterol dalam darah. Tak hanya menurunkan kolesterol, apel juga dapat mencegah strok, serangan jantung, dan penyumbatan pada arteri dengan serat di dalamnya. Apel lebih nikmat jika dikonsumsi dalam bentuk jus ketika cuaca panas di siang hari.

3. Jus tomat

Buah Sehat Untuk Kolesterol

Jus tomat baik untuk menekan kadar kolesterol dalam darah serta membantu penyembuhan penyakit maag kronis. Di dalamnya terkandung likopen dan vitamin C yang baik bagi tubuh Anda.

4. Jus jambu biji

Buah Untuk Penurun Kolesterol

Jambu biji mempunyai kadar kalium dan serta larut yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan menaikkan kolesterol baik atau HDL. Sehingga jambu biji mampu membantu mencegah penyakit jantung. Jus jambu biji juga kaya akan vitamin C dan E, selenium, flavonoid, dan karotenoid.

5. Jus mangga

Buah Untuk Kolesterol

Jus mangga dapat membasmi kolesterol tinggi dengan cepat. Di dalamnya terkandung vitamin E tinggi yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan mencegah tersumbatnya pembuluh darah.

Buah Penurun Kolesterol Paling Ampuh

Di samping jus, Anda pun dapat menikmati buah-buahan segar untuk menurunkan kolesterol berikut ini.

1. Anggur merah

Buah Untuk Kolesterol

Anggur merah merupakan buah yang cukup ampuh membantu menurunkan kadar kolesterol karena kandungan flavonoid di dalamnya. Selain itu, anggur mengandung serat yang baik bagi pencernaan.

2. Delima

Buah Untuk Penurun Kolesterol

Buah delima mengandung zat yang dapat meningkatkan produksi oksidan nitrat yang mampu menangkal terkumpulnya plak dalam pembuluh darah. Sehingga mampu mencegah dampak kolesterol tinggi seperti jantung koroner dan strok.

4. Jeruk

Buah Penurun Kolesterol

Jeruk dikenal sebagai buah yang kaya vitamin C. Kandungan vitamin C dapat mencegah sariawan serta berfungsi sebagai antioksidan yang baik.

5. Pepaya

Buah Untuk Kolesterol

Pepaya, buah yang murah tetapi kaya manfaat. Vitamin C dan E yang menyatu dengan enzim paraxonase mampu menghambat oksidasi kolesterol dalam pembuluh darah. Sehingga mencegah terkumpulnya plak yang bisa mempersempit pembuluh darah.

Makanan Pantangan Kolesterol

Jika kadar kolesterol jahat dalam darah sudah terlalu tinggi, sudah saatnya Anda menerapkan diet rendah kolesterol. Salah satunya dengan menghindari makanan di bawah ini.

1. Gorengan

Buah Sehat Untuk Kolesterol

Memasak dengan cara menggoreng akan meningkatkan kadar kolesterol dalam makanan. Apalagi jika yang digunakan adalah minyak yang sudah dipakai berkali-kali. Hindari gorengan seperti bakwan, mendoan, dan ayam goreng. Gantikan dengan lauk yang direbus atau kukus.

2. Jeroan

Buah Untuk Kolesterol

Jeroan seperti hati, usus, paru, otak, dan ampela memang nikmat disantap dalam bentuk gulai atau digoreng. Tetapi makanan ini dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam darah. Sehingga lebih baik Anda menggantinya dengan daging rendah lemak.

3. Kulit

Buah Penurun Kolesterol

Kulit adalah bagian paling enak dari ayam bagi sebagian orang. Terlebih jika digoreng garing. Namun, di dalamnya tersimpan lemak jenuh tinggi yang dapat memicu peningkatan kolesterol jahat. Jadi sebaiknya tinggalkan kulit ketika Anda mengonsumsi ayam.


Itulah beberapa buah penurun kolesterol yang wajib dikonsumsi dan makanan pantangan untuk menghindarkan Anda dari risiko strok serta serangan jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *