Jangan Sepelekan Benjolan di Leher, Penyakit Gondok Bisa Berakibat Serius

2 min read

Penyakit Gondok – Salah satu organ penting dalam tubuh manusia adalah kelenjar tiroid, yaitu organ yang berfungsi memproduksi hormon tiroid yang penting dalam berbagai proses kimiawi tubuh. Jika kelenjar ini mengalami pembengkakan, timbullah apa yang disebut dengan penyakit gondok.

Penyakit Gondok dan Penyembuhannya

Benjolan di leher dan Penyakit Gondok
Benjolan di leher dan Penyakit Gondok | okaydoc.com

Istilah penyakit gondok sudah tidak asing bagi banyak orang. Gejalanya pun mudah dikenali, yaitu munculnya benjolan di bagian leher. Jika sudah parah, bisa juga muncul gejala batuk, suara serak, susah menelan, leher seperti tercekik dan sulit bernapas.

Dalam dunia medis, dikenal dua jenis gondok berdasarkan bentuk benjolannya, yaitu gondok difus dan nodul. Jika disentuh, benjolan gondok difus terasa halus, sedangkan gondok nodul berupa gumpalan yang tidak rata karena berisi cairan atau terdiri dari beberapa benjolan kecil.

Penyebab gondok sulit ditentukan, tetapi ada beberapa faktor pemicu munculnya penyakit ini, yaitu:

  • Gangguan kelenjar tiroid sehingga produksi hormon tiroid jadi berlebihan (hipertiroidisme) atau kekurangan (hipotiroidisme).
  • Kekurangan yodium sehingga kerja kelenjar tiroid menurun.
  • Asap rokok yang mengandung senyawa tiosianat yang memengaruhi kemampuan tubuh menyerap yodium.
  • Adanya nodul di dalam kelenjar tiroid.
  • Efek kanker tiroid.
  • Inflamasi kelenjar tiroid akibat infeksi bakteri, virus, atau pemakaian obat-obatan.
  • Perubahan hormon akibat kehamilan, pubertas, atau menopause.
  • Paparan radiasi.
  • Efek obat litium untuk mengatasi depresi dan gangguan bipolar.

Untuk memastikan penyebab gondok, dilakukan pemeriksaan fisik dan tes darah. Pemeriksaan fisik dilakukan untuk mengukur dan memeriksa tekstur benjolan. Tes darah berfungsi untuk mengetahui kadar hormon T3, T4, dan TSH atau thyroid-stimulating hormone.

Ada juga beberapa tes lain untuk mendapatkan informasi lebih detail. Di antaranya adalah pemindaian tiroid dan USG untuk memastikan ukuran dan jenis benjolan serta biopsi untuk mengetahui jenis sel dalam benjolan.

Penyembuhan penyakit gondok dilakukan berdasarkan pemicunya. Ada tiga cara yang biasa dilakukan, yaitu terapi obat, operasi pengangkatan kelenjar tiroid, dan diet atau pengaturan pola makan penderita.

Apakah Penyakit Gondok Menular?

Benjolan di leher dan Penyakit Gondok
Benjolan di leher dan Penyakit Gondok | hellosehat.com

Banyak orang yang beranggapan bahwa penyakit gondok dapat menular. Hal ini disebabkan kesalahpahaman terhadap gondok dan gondongan yang seringkali dianggap sebagai penyakit yang sama. Padahal, keduanya sama sekali berbeda, meskipun memiliki gejala yang mirip.

Gondok atau struma adalah kelainan pada kelenjar tiroid, sedangkan gondongan atau mumps adalah pembengkakan kelenjar liur akibat infeksi virus. Karena disebabkan virus, gondongan bisa menular, sementara gondok sama sekali tidak menular.

Cara Mengobati Penyakit Gondok

Benjolan di leher dan Penyakit Gondok
Benjolan di leher dan Penyakit Gondok | go-dok.com

Porses pengobatan gondok bisa dilakukan dengan beberapa cara, tergantung ukuran, gejala, dan penyebab utamanya. Benjolan kecil tanpa gejala lain biasanya tidak langsung ditangani, tetapi dipantau lebih dahulu perkembangannya karena biasanya bisa sembuh tanpa penanganan khusus.

Namun, jika benjolan terus membesar disertai gejala lain, ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Pemberian obat thionamide: untuk menangani hipertioridisme dengan cara menghambat proses produksi hormon tiroid.
  • Terapi iodin radioaktif: untuk mengatasi hipertiroidisme dengan cara menghancurkan sel-sel tiroid sehingga ukuran benjolan akan mengecil.
  • Terapi penggantian hormon: pemberian obat levothyroxine.untuk menangani hipotiroidisme yang biasanya harus dikonsumsi seumur hidup.
  • Operasi tiroidektomi: pengangkatan sebagian atau seluruh kelenjar tiroid jika benjolan terus membesar hingga mengganggu pernapasan dan sulit menelan, juga jika ditemukan sel kanker.

Selain terapi berupa pengobatan maupun operasi, Anda yang menderita gondok juga disarankan untuk mengatur pola makan, dengan cara:

  • Diet tinggi yodium untuk gondok yang disebabkan kurangnya yodium.
  • Diet rendah cyanoglucoside, dengan membatasi konsumsi singkong, jagung, rebung, dan kentang manis serta produk olahannya. Cyanoglucoside adalah senyawa alami yang akan menghambat transportasi yodium pada kelenjar tiroid.

Jika kondisinya terlanjur parah, penyakit gondok bisa mengakibatkan komplikasi penyakit lain, seperti penekanan pita suara, sepsis atau infeksi darah, nyeri, pendarahan, kematian jaringan, bahkan limfoma. Karena itu, segeralah periksakan diri jika Anda menemukan benjolan di leher.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *