Begini Cara Atasi Perut Kembung Tanpa Obat

2 min read

Atasi Perut Kembung – Hampir semua orang pernah mengalami perut kembung karena berbagai sebab. Meski tergolong gangguan ringan, perut kembung bisa sangat mengganggu sehingga perlu segera diatasi. Tulisan ini akan membahas berbagai cara untuk atasi perut kembung dengan mudah dan efektif.

Gerakan Mengatasi Perut Kembung

Atasi Perut Kembung
Atasi Perut Kembung | klikdokter.com

Tahukah Anda bahwa perut kembung bisa diatasi dengan melakukan gerakan tertentu? Saat perut terasa nyeri atau mual akibat kembung, cobalah lakukan beberapa gerakan ringan berikut ini.

1. Berjalan

Gas di dalam perut bisa disebabkan tubuh kurang bergerak. Untuk mengatasinya, lakukan gerakan berupa berjalan-jalan ringan. Gerakan ini akan membantu mengeluarkan gas dan mengusir nyeri.

2. Mengibaskan Angin (Wind Relieving)

Gaya yoga ini akan mendorong perut sehingga gas keluar. Berbaringlah telentang, tarik satu lutut ke arah dada, tahan, dan ulangi untuk kaki yang satu lagi. Bisa juga lakukan untuk kedua kaki sekaligus.

3. Garland Pose

Berdirilah dengan kedua telapak kaki melebar dan posisi tangan seperti berdoa. Tekuk lutut hingga posisi jongkok sambil hembuskan napas dengan siku berada di lutut dan punggung lurus. Tahan selama beberapa detik agar gas keluar.

Mengatasi Perut Kembung karena Maag

Atasi Perut Kembung
Perut Kembung | lifestyle.okezone.com

Kalau biasanya Anda akan segera minum obat mag untuk mengatasi perut kembung, tidak ada salahnya jika kali ini mencoba mengatasinya dengan obat-obatan alami berikut.

1. Daun Min

Daun min mengandung mentol yang memiliki efek antispasmodik (merelaksasi otot polos) pada saluran pencernaan. Tambahkan daun min ke dalam secangkir teh hangat. Selain mengatasi kembung, aromanya bisa menenangkan saraf.

2. Air Jahe

Rasa hangat dan kandungan pada jahe berkhasiat mengurangi gas dan membuat perut terasa lega. Jahe bisa dikunyah langsung, diparut dan diseduh dengan air hangat, atau ditambahkan ke dalam jus sayuran.

3. Kunyit

Kunyit mampu melepaskan gas yang terjebak di dalam perut sekaligus menenangkan sistem pencernaan. Anda bisa minum jamu sari kunyit atau mencampurkannya di dalam makanan.

Mengatasi Perut Kembung pada Anak

Perut Kembung
Perut Kembung Pada Anak | curhatbidan.com

Bila anak mengalami kembung ringan, jangan terburu-buru memberikan obat atau membawanya ke dokter. Cobalah atasi sendiri dengan tips berikut ini.

1. Oleskan Minyak di Perut

Cara ini merupakan cara yang paling umum dilakukan. Anda bisa menggunakan minyak kayu putih, minyak telon, atau minyak lain yang memberikan efek hangat di perut.

2. Botol Air Hangat

Jika tidak tersedia minyak, Anda bisa menggantinya dengan menggunakan botol yang diisi air hangat. Tempel dan guling-gulingkan botol berisi air hangat di perut untuk membantu mengeluarkan gas.

3. Minum Air Putih

Sebenarnya, air putih tidak secara langsung bisa mengatasi perut kembung. Air putih membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga gas tidak terjebak di dalam perut.

Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Perut Kembung
Perut Kembung Pada Bayi | wajibbaca.com

Jika bayi sering menangis atau rewel tanpa sebab, bisa jadi itu disebabkan perutnya kembung. Kembung pada bayi biasanya disebabkan sistem pencernaan yang belum sempurna sehingga gas mudah berkumpul. Untuk mengatasinya, lakukan cara berikut.

1. Membuat Bayi Serdawa

Setiap setelah diberi ASI, buat bayi serdawa dengan cara meletakkan si kecil di pangkuan dalam posisi tengkurap, lalu usap-usap lembut punggungnya. Bisa juga dengan menggendong bayi dengan posisi perut bayi menempel ke badan Anda, lalu tepuk lembut punggungnya.

2. Memijat Bayi

Pijatan lembut juga efektif mengatasi kembung pada bayi. Baringkan bayi dalam posisi telentang, lalu usapkan baby oil ke perutnya. Pijat bayi dengan gerakan seperti memegang bola, lalu putar searah jarum jam. Buat lingkaran-lingkaran kecil, lalu semakin membesar.


Meski bisa mengatasi kembung dengan cepat, sebaiknya Anda tidak selalu mengandalkan obat-obatan kimia. Cobalah atasi perut kembung dengan cara-cara di atas. Namun, jika keluhan terus beranjut, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.